PENGARUH PENGGUNAAN METODE CAMPURAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTSS NURUL FALAH ACEH

  • Nisa Urrahmah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh
Keywords: Metode Campuran, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Metode Intiqaiyyah diperlukan dalam pembelajaran Bahasa Arab. Tujuan dari tulisan ini adalah
untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Campuran dalam pembelajaran di MTsS
Nurul Falah. Tulisan ini menggunakan metode Quasy Eksperiment Design. Adapun
pengumpulan data menggunakan teknik “The non equivalen Pre-Test Post-Test Design”,
menggunakan Pre Tes dan Post Test. Alat penelitian yang digunakan adalah Pilot Study.
Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah, Uji Validitas, Uji Reabilitas dan
Uji Daya Beda Soal. Analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji
Paired Simple Test dan Uji Independent Simple Test yang dilakukan melalui Program SPSS 24.
Adapun hasil uji T-Test pada penelitian ini memperoleh hasil –2,068 dengan memiliki tingkat
Sig. (2-tailed) (0,050< 0,000) yang sama, artinya dengan diterapkannya Metode Intiqaiyyah
mempuyai pengaruh yang besar pada kemampuan siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acep Hermawan. (n.d.). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. PT. Remaja Rosdakarya.
Al-Aziz, S. ’Abd. (n.d.). At-Tarbiyah wa Ath Turuq At-Tadriss (JUZ I). Dar Al Fikr.
Al-Hasyim, A. T. (2006). Taraiq At-Thadris Maharah Al-Lughah Al-Arabiyah wa Ta’limiha. Mu’assah Risalah.
Alrasi, F. (2018). Penggunaan Metode Eklektik terhadap pembelajaran Bahasa Arab di AKPER AISYIYAH Padang. Kajian Dan Pengembangan Umat, 1(1), 93–102.
Effendy, A. F. (2005). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Miskat.
Hady, R. (2020). Implementasi Eclectic Method( Metode Eklektik ) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mts. Nw Korleko. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, Vol. 1 No.(Eclectic Method), 53.
Hady, Y. (2019). Pembelajaran Mahārat al-Kalām Menurut Rusdy Ahmad Thu’aimah dan Mahmud Kamil al-Nâqah. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 63–84. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-04
Kebudayaan, D. P. dan. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. In Bulan Bintang.
Liirsan, D. (1997). Mabadi’ Fii Tadris Lughah. Universitas King Saudy.
Mimbar Fauzi. (2021). Implementasi Thariqah Al-Intiqaiyah ( Metode Eklektik ) pada Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Belitung. Proccedings UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 31(November).
Muhib Abdul Wahab. (2008). Epistemologi dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (UIN SYARIF HIDAYATULLAH (ed.)).
Sunardi. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Melalui Metode Eklektik Permainan Tebak Tepat Pasanganmu ( TTP ) pada Siswa Kelas XI. 1(1), 185–206.
Tarigan, H. G. (1993). Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Angkasa.
Zarkani, M. (2019). Efektivitas Metode Eklektik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al-Amin ; Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 4, 37–52. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alamin/article/download/3666/2637
Zulhanan. (2014). Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Raja Grafindo Persada.

PlumX Metrics

Published
2022-05-31