تحليل تعليم اللغة العربية في المدون المصغر لإنستغرام "عربية تلكس" على ضوء المدخل الاتصالي

  • Alfan Sujefri PBA UIN Malang
Keywords: Keywords: Learning Materials; Instagram Microblog; Communicative Approach, Kata-Kata Kunci: Materi Pembelajaran; Microblog Instagram; Pendekatan Komunikatif.

Abstract

Learning material is an important thing in learning Arabic. In this era, learning materials are modified into a more modern form. One of them is the use of Instagram as an Arabic learning microblog. The Instagram microblog is equipped with audiovisuals that support the presentation of Arabic learning materials, especially maharah kalam. The relevant Maharah kalam learning uses a communicative approach. However, in the Instagram microblog, there are still various problems when presenting material and forms of evaluation related to the communicative approach. This was found on the Instagram microblog arabiyahtalks which presents Arabic learning materials but there are still some obstacles. From there, the objectives of this study are as follows: 1) To describe the presentation of Arabic learning materials for microblog instagram arabiyahtalks from the perspective of a communicative approach, and 2) To describe the evaluation of learning materials for Arabic microblog instagram arabiyahtalks from the perspective of a communicative approach. In this study, the researcher used a qualitative method and the type was descriptive. Because the data needed is in the form of detailed information related to the scope of the research and the researcher describes the data to the maximum. The research data collection used instruments in the form of documentation, interviews, and observations. The results of the research are as follows: 1) The material in the Instagram microblog is presented in the form of images, short videos containing explanations of Arabic learning materials designed using certain design applications. Constraints in presenting the material in the form of a lack of number of slides when presenting complex material, 2) Evaluation of material in the Instagram arabiyahtalks microblog is presented in the form of questions in the instastory and comment column. Constraints in evaluating the material in the form of no value recap because the number of followers is very large.

Keywords: Learning Materials; Instagram Microblog; Communicative Approach

ABSTRAK

Materi pembelajaran merupakan hal yang penting keberadaanya di dalam pembelajaran bahasa Arab. Di era ini, materi pembelajaran termodifikasi ke dalam bentuk yang lebih modern Salah satunya adalah penggunaan Instagram sebagai microblog pembelajaran bahasa Arab. Microblog instagram dilengkapi audiovisual yang mendukung penyajian materi pembelajaran bahasa Arab, khususnya maharah kalam. Pembelajaran Maharah kalam relevan menggunakan pendekatan komunikatif. Namun, dalam microblog Instagram masih ditemukan berbagai permasalahan saat menyajikan materi dan bentuk evaluasi berkaitan dengan pendekatan komunikatif. Hal ini ditemukan di dalam microblog instagram arabiyahtalks yang menyajikan materi pembelajaran bahasa Arab namun masih ada beberapa kendala. Dari situ, tujuan penelitian ini sebagaimana berikut: 1) Untuk mendeskripsikan penyajian materi pembelajaran bahasa Arab microblog instagrama arabiyahtalks perspektif pendekatan komunikatif, dan 2) Untuk mendeskripsikan evaluai materi pembelajaran bahasa Arab microblog instagram arabiyahtalks perspektif pendekatan komunikatif. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dan jenisnya deskriptif. Karena data yang dibutuhkan dalam bentuk informasi secara rinci terkait cakupan penelitian dan peneliti mendeskripsikan data tersebut dengan maksimal. Adapun pengumpulan data penelitian menggunakan instrument berupa dokumentasi, wawancara, dan observasi. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: 1) Materi di dalam microblog Instagram disajikan dalam bentuk gambar, video pendek yang memuat penjelasan materi pembelajaran bahasa arab yang didesain menggunakan aplikasi desain tertentu. Kendala yang dalam penyajian materi berupa kurangnya jumlah slide saat menyajikan materi yang rumit, 2) Evaluasi materi di dalam microblog Instagram arabiyahtalks disajikan dalam bentuk pertanyaan di instastory dan kolom komentar. Kendala evaluasi materi berupa tidak adanya perekapan nilai karena jumlah followers yang sangat banyak.

Kata-Kata Kunci: Materi Pembelajaran; Microblog Instagram; Pendekatan Komunikatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

المراجع العربية
أحمد،ع.خ. 1987. في التحليل اللغوي منهج وصفي تحليلي. الأردون: مكتبة المنار.
التواب، ع.ر. 1997. المدخل إلى علم اللغة ومناهج البحث اللغوي. القاهرة: مكتبة الخانجي.
الدكتور محمد صالح الثنطي. (2017). المهارات اللغوية مدخل إلى خصائص اللغة العربية وفنونها. المملكة العربية السعودية: دار الأندلس للنشر والتوزيع.
عبد الرحمن بن لإبراهيم الفوزان. (1324 ه). دروس الدورات التدريبية لمعلمي اللغة العربية لغبر الناطقين بها. المملكة العربية السعودية : العربية للجميع.

المراجع الأجنبية
Abd Wahab Rosyidi & Mamlu’atul Ni’mah. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, Cetakan I. UIN Maliki Press, 2011.
Abdul Hamid, Uril Bahruddin, Bisri Mustofa. PEMBELAJARAN BAHASA ARAB, Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media. UIN-Malang Press, 2008.
Afrizal, Dimas Yusuf. “Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi.” PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia 1, no. 1 (2020): 62–66.
ANWAR SIDIQ. “PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH ( Study Akun @fuadbakh ).” Skripsi 110, no. 9 (2017): 1689–1699. http://repository.radenintan.ac.id/2201/3/BAB_II.pdf.
Arumsari, Rizki Yantami, and Jiwa Utama. “Kajian Pendekatan Visual Iklan Pada Instagram.” Jurnal Bahasa Rupa 2, no. 1 (2018): 52–58.
Canale, Michael dan Merrill Swain, Theoretical Bases of Communicative Approaches to Second Language Teaching and Testing, Oxford: Oxford University Press,
Conor. 1974. Monitoring Pekerjaan. Yogyakarta: Nur Cahaya.
Cook, V., & Newson, M. (1996). Chomsky’s universal grammar: An introduction (2nded.). Oxford, OX: Blackwell Publishers.
Efrida, Sella, and Anisa Diniati. “Pemanfaatan Fitur Media Sosial Instagram Dalam Membangun Personal Branding Miss International 2017.” Jurnal Kajian Komunikasi 8, no. 1 (2020): 57.
Ferlitasari, Reni, Suhandi, and Ellya Rosana. “PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA (Studi Pada Rohis Di SMA Perintis 1 Bandar Lampung).” Sosiologi Agama 01, no. 02 (2020): 1–18.
Furoidah, Asni. “Media Pembelajaran Dan Peran Pentingnya Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab.” Al-Fusha : Arabic Language Education Journal 2, no. 2 (2020): 63–77.
Haryanto, Dini Putri. “Inovasi Pembelajaran.” Perspektif Ilmu Pendidikan 16, no. VIII (2007): 102–119.
Henry Guntur Tarigan, Pengajaran Kompetensi Bahasa, (Bandung: Angkasa, 1990)
Ii, B A B. “Maharah Al-Kalam/Speaking Skill )” (n.d.): 9–30.
Klausmeier, Herbet J. Dan William Goodwin. 1966. Learning and Human Abilities. Educational Psychology. New York and London: Harper & Row Publishers.
Manisa, Tesa, Eka Aryati, and Reni Marlina. “Respon Siswa Terhadap Lks Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Submateri Sistem Pernapasan Manusia Kelas Xi.” Edukasi: Jurnal Pendidikan 16, no. 1 (2018): 1.
Mansyur, Umar. “Kiat Dan Teknik Penulisan Skripsi Bagi Mahasiswa” (2018).\
Mardikanto, Totok. 1991. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Masykur. 2019. Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Bandar Lampung: Anugerah Utama Raharja.
Matthew B. Miles, A. Michael Huberman. 1992. Analisis data kualitatif : buku sumber tentang metode metode baru / Matthew B. Miles, A. Michael Huberman ; penerjemah, Tjetjep Rohendi ; pendamping, Mulyarto. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia (UI -Press).
Mustofa, Muhammad Arif. “Analisis Penggunaan WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Industri 4.0.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 4, no. 2 (2020): 333.
Noam Chomsky, 1962, Syntactic Structures, Mouton: Universitas Michigan
Oemar Hamalik, Media Pendidikan (Bandung : Citra Aditya, 1989)
Rahman, Iik Arif, and Redi Panuju. “Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fair N Pink Melalui Media Sosial Instagram.” WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 16, no. 2 (2017): 214.
Richards, Jack. C and Theodore. S Roger. 1986. Approaches and Methods in Language Teaching: a Description and Analysis. Cambridge: Cambridge University Press. Hal. 74.
Subini, Nini, dkk. 2012. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
Sugiyono P.D., (2018) Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumardi, Muljanto (ed), Berbagai Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1996.
SESRIYANI, LODYA, and NUR NAJIBAH SUKMAWATI. “Analisis Penggunaan Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi.” EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis 4, no. 1 (2019).
Setyawan, Cahya Edi, Luthfi Abdul Basit, and Muhamad Fathoni. “Telaah Bahan Ajar Bahasa Arab ‘Ayo Fasih Berbahasa Arab’ Madrasah Aliyah Kelas XII Karya Hasan Saefullah (Tinjauan Materi Berdasarkan Teori Mackey).” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV (2018): 1–10. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/273.
Silahuddin, Silahuddin, and Azhari Azhari. “Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis E-Learning.” CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro 3, no. 1 (2019): 40.
Sri, Anitah W. “Modul 1 Strategi Pembelajaran” (n.d.).
Susanti, Rini Dwi. “Studi Analisis Materi Ajar “Buku Teks Pelajaran“ Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Kelas Tinggi Madrasah Ibtidiyah.” Arabia 5, no. 2 (2013): 199–223.
Umar Faruq, Mokhammad Miftakhul Huda. “Bahasa Arab Berbasis Peningkatan Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills)(Kajian Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Unggulan Darul ’Ulum Step 2 Kemenag RI).” Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan 8, no. Maret (2020): 1–20. http://jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/135/0.
Veygid, Ahmad, Sandy M. Aziz, and Wildan Said S.R. “Analisis Fitur Dalam Aplikasi Instagram Sebagai Media Pembelajaran Online Mata Pelajaran Biologi Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas.” ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi 1, no. 1 (2020): 39–48.
Winkel, W.S. 1987. Psikologi Pengajaran. PT Gramedia. Jakarta.
Wiratna Sujarweni, 2015. Metodologi penelitian bisnis ekonomi. Pustaka Baru: Yogyakarta.
“23 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap).” Accessed November 23, 2021. https://www.seputarpengetahuan.co.id/2021/09/13-pengertian-observasi-menurut-para-ahli.html.
“ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA BUKU AL-LUGHAH AL-‘ARABIYAH AL-MU’ÂSHIRAH DENGAN PENDEKATAN ASAS PENGEMBANGAN MATERI.” Al-Mahara 2 No. 1, no. Vol 2 No 1 (2016) (2016).
“Arti Microblog Instagram Dan Cara Jitu Desain Feed Instagram.” Accessed November 17, 2021. https://www.mobitren.com/blog/microblog-instagram.
“DAKWAH DI MEDIA SOSIAL (Studi Fenomenologi Dakwah Di Instagram)” (n.d.).
“Kiat Sukses Bangun Brand Awareness Memakai Instagram Reels Untuk Kebutuhan Bisnis - Suara Malang.” Accessed November 20, 2021. https://malang.suara.com/read/2021/11/20/102637/kiat-sukses-bangun-brand-awareness-memakai-instagram-reels-untuk-kebutuhan-bisnis.
“Materi Pembelajaran.” Accessed December 28, 2021. https://bahasaarab2.blogspot.com/.
“Metode Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa.” Accessed February 7, 2022. https://www.yusufaidid.com/2010/03/bab-i-pendahuluan-i.html.
“PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA – TITIK MEDIA.” Accessed February 7, 2022. https://trys99.wordpress.com/2015/01/02/pendekatan-komunikatif-dalam-pembelajaran-bahasa-indonesia/.
“Penulisan Karya Ilmiah - Dra. Zulmiyetri, M.Pd., Safaruddin, M.Pd., Dr. Nurhastuti, M.Pd. - Google Buku.” Accessed February 7, 2022. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=v_32DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=sistematika+penulisan&ots=vQFsI7ZARN&sig=YfJQUk1BCUXPzZQAg52DvS9g6kM&redir_esc=y#v=onepage&q=sistematika penulisan&f=false.
“Sistematika Penulisan Laporan Penelitian | Sosiologi Ada.” Accessed February 7, 2022. https://sosiologiada.blogspot.com/2016/04/sistematika-penulisan-laporan-penelitian.html.
“Sukses Jadi Konten Creator Bahasa Arab, Alumni PBA Ini Bagikan Pengalamannya ~ Prodi Pendidikan Bahasa Arab.” Accessed December 29, 2021. http://pba.ftik.iain-
Published
2022-06-28