فعالية طريقة المزاوجة (Make a Match) في تعليم مهارة الكلام لطالبات الصف عشر في المدرسة البهجة الإسلامية الثانوية القرآنيّة شربون

  • Fijriyanti Qurrotu Aini UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Make A Match Method, Speaking Skills.

Abstract

 Artikel ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan dari hasil Pembelajaran Bahasa Arab khusunya Keterampilan Berbicara bagi siswa yang menggunakan Metode Make A Match atau tidak di SMA IQu Al-Bahjah Cirebon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Metode Eksperimen dengan jenis Pre- Eksperimental Design One Group Pre-test dan Post-Test. Sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes (pre-test dan post-test), dokumentasi dan Observasi. Hasil dari riset  yang didapat adalah : bahwa Metode Make A Match efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa arab khususnya dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dengan menggunakan metode Make a Match ini siswa merasa lebih semangat dan aktif dalam pembelajaran khusunya dan ketetampilan berbicara. Rata-rata skor hasil ujian maharah kalam siswa  pada kelompok kontrol hanya 88,95 dan pada kelompok eksperimen sebesar 82,33 dengan signifikansi sebesar 0,000 yang berarti bahwa terdapat perbedaan efektifitas metode pembelajaran konvensional dengan efektivitas metode pembelajaran Make A Make A Match dalam meningkatkan kemampuan maharah kalam.

 

This article aims to find out whether there are differences from the results of learning Arabic, especially speaking skills for students who use the make a match method or not at SMA IQu Al-Bahjah Cirebon. The research method used in this study is to use the Experimental Method with the type of Pre-Experimental Design One Group Pre-test and Post-Test. While the methods used in data collection are tests (pre-test and post-test), documentation and observation. The results of the research obtained are: that the Make A Match Method is effectively used in Arabic learning, especially in improving students' speaking skills. By using this Make a Match method, students feel more enthusiastic and active in their special learning and speech performance. The average score of students' maharah exam results in the control group was only 88.95 and in the experimental group it was 82.33 with a significance of 0.000. which means that there is a difference in the effectiveness of conventional learning methods with the effectiveness of the Make A Make A Match learning method in improving the ability of the kalam maharah.

Keywords: Make A Match Method, Speaking Skills.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Wahab Rosyidi dan mamlu’atul nikmah, Konsep Dasar Pembelajarn Bahasa Arab, (Malang: UIN Maliki Press, 2011), hlm. 34
محمد عبد القادر أحمد، طريقت تعليم اللغت العربيت،( مكتبت النهضت المصريت، الرياض، 1191 (ص. 7
Munir, Pengajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing. (Yogyakarta:Global Pustaka Utama, 2005), hlm.14
Efendy,Ahmad Fuad. 2017. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab.Malang : Misykat
Ibrahim, 2002:30
Ridwan Abdullah Sani, Inovasi Pembelajaran, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013), h. 196
Miftahul Huda, Cooperative Learning, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011), h. 135
Siti Maesaroh, Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Islam, Jurnal Kepindidikan STAIN Purwokerto Vol. 1, No.1. 2013. h. 4
Miarso (1993, dalam Siregar, 2010, h. 12)
Belajar dan pembelajaran,Dimyati & Mudjiono Jakarta : Rineka Cipta. 2013, h. 115
Suhartono, Op Cit, h. 60
Burhan Nurgiyantoro (2001:276)
Adib Basri & Munawir A. Fatah, Kamus al-Bisri; Indonesia-Arab, Arab-Indonesia,(Surabaya: Pustaka Progressif, 1999), hlm. 642.
Ahmad Fuad Effendy, Metodologi Pengajaran Bahas Arab, Malang: Misykat Hlm.139
Syaiful Musthafa Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, Malang: UIN Maliki Press. Hlm., 13
Acep Hermawan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab,(Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2009), 135.
عبد. وهاب روزيدي ومملوات النعمة ، فهم المفاهيم الأساسية لتعلم اللغة العربية ، (مالانج: جامعة مولانا ملك إبراهيم مالانج ، 2011) ، 88.
عبد. وهاب روزيدي ومملوات النعمة ، فهم المفاهيم الأساسية لتعلم اللغة العربية ، (مالانج: جامعة مولانا ملك إبراهيم مالانج ، 2011) ، 89
Ibrahim, 2002:30
Ridwan Abdullah Sani, Inovasi Pembelajaran, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013), h. 196
Miftahul Huda, Cooperative Learning, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011), h. 135
Sugiyono,Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alvabeta,2011
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan RnD. (Bandung: Alfabeta, 2015) : hlm 297
Rusman, “Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru”, (Jakarta: Rajawali Press, 2011) h. 223-2224
Susi Winarti “Pembelajaran mufrodat dengan menggunakan metode make a match di MI Miftahul Huda-2 Palangka Raya”. Jurnal Hadratul Madaniyah Vol. 3,No.1, 2020
M. Agus,dkk. Permainan Bahasa (Media Pembelajaran Bahasa Indonesia).Hlm.9
رانية عدنان محمد أبوشاور (2016 ) أثر استيراتيجية الألعاب اللغوية في تنمية مهارات التخيل الإبدئي لدى أطفال الروضة . عمان: دار أمجد للنشر والتوزيع. ص: 34.

PlumX Metrics

Published
2022-12-13