Efektivitas Peran Yustisial Mahkamah Syar’iyah Kutacane dalam Penegakan Syari’at Islam di Kabupaten Aceh Tenggara

  • Teguh Setyobudi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ridha Zikri Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Mahkamah Syar’iyah Kutacane; Peran Yustisial; Penegakan Syari’at Islam.

Abstract

Mahkamah Syar’iyah Kutacane dalam efektivitas implementasi peran bidang yustisial dinilai masih belum mencapai peran maksimal dalam penegakan syari’at Islam di Kabupaten Aceh Tenggara. Pada proses mengadili dan memutus perkara, terdapat beberapa hal yang menjadi penghambat kinerja yang maksimal dari Mahkamah Syar’iyah Kutacane. Artikel ini bertujuan untuk meneliti efektivitas implementasi peran  bidang yustisial Mahkamah Syar’iyah Kutacane pada bidang yustisial dalam penegakan syari’at Islam. Penelitian ini berjenis yuridis empiris dan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Adapun lokasinya berada di Mahkamah Syar’iyah Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara.  Untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Peran Mahkamah Syar’iyah Kutacane pada bidang yustisial dalam penegakan syari’at Islam di Kabupaten Aceh Tenggara masih sangat minim. Hal ini berdasarkan laporan statistik perkara Mahkamah Syar’iyah Kutacane mulai tahun 2020 hingga tahun 2022 yang menunjukan sedikitnya jumlah perkara jinayat yang diterima dan berhasil terselesaikan oleh Mahkamah Syar’iyah  Kutacane. Sedangkan ketika ditinjau dari efektivitasnya, peran Mahkamah Syar’iyah Kutacane masih menemukan kendala pada faktor penegak hukum, masyarakat, dan budaya dalam penegakan syari’at Islam di Kabupaten Aceh Tenggara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka
Buku
Amiruddin dan Zainal Asiki. Pengantar Metode Penelitian Hukum. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2004.
Kusumaatmadja, Mochtar. Konsep-Konsep Hukum dalam Pembangunan. Bandung: P.T. Alumni. 2013.
Mattulada, dkk. Agama dan Perubahan Sosial. Jakarta: CV. Rajawali. 1983.
Muhaimin. Metode Penelitian Hukum. Mataram: Mataram University Press. 2020.
Soekanto, Soerjono. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Penegakan Hukum. Jakarta: P.T. RajaGrafindo Persada. 1983.
Soekanto, Soerjono. Purnadi Purbacaraka. Sendi-Sendi Ilmu dan Tata Hukum. Bandung: P.T. Citra Aditya Bakti. 1993.
Suprayogo, Imam. Merajut Benang Peradaban Percik-Percik Pemikiran Menuju Indonesia Berperadaban. Malang:UIN Maliki Press. 2018Thoha, Miftah. Ilmu Administrasi Publik Kontemporer. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zainun, Buchari. Administrasi dan Manajemen Pemerintah Negara Indonesia menurut Undang-Undang Dasar 1945, Jakarta: PT Toko Gunung Agung. 1996.

Zuhriah, Erfaniah. Peradilan Agama di Indonesia. Malang: Setara Press. 2014.
Jurnal
Anggraini, Wike. Nella Safira, Penegakan Syari’at Islam di Banda Aceh-Kinerja Wilayatul Hisbah, Jurnal Tata Pamong, 2019.
Brutu, Ali Geno. “Mahkamah Syar’iyah Dan Wilayatul Hisbah Sebagai Garda Terdepan Dalam Penegakan Qanun Jinayat di Aceh.” Al-Maslahah. No. 1. 2019.
Fakhriah, Efa Laila dan Yusrizal. “Kewenangan Mahkamah SYar’iyah di Aceh dihubungkan dengan system peradilan Indonesia.” Jurnal Ilmu Hukum. No. 2. 2013.
Hidayat, Rahmat. “Peran Hukum Adat Dalam Pelaksanaan Syari’at Islam di Aceh.” Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah Al-AlAziziyah Sabang, Jurnal Keagamaan. No. 2, 2020.
Pane, Erina. Eksistensi Mahkamah Syar’iyah sebagai Perwujudan Kekuasaan Kehakiman. Volume XIII Nomor 1, Al-‘Adalah, 2016.
Yusrizal, Kewenangan Mahkamah Syar’iyah di Aceh sebagai Pengadilan Khusus dalam penyelesaian sengketa, Volume 13 Nomor 1, Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 2011.
Website
Laporan Statistik Perkara Mahkamah Syar’iyah Kutacane. MS Kutacane - Statistik Perkara (ms-kutacane.go.id). diakses pada 20 Maret 2022.
Tugas dan Fungsi Mahkamah Syar’iyah Meulaboh. Tugas dan Fungsi – Mahkamah Syar'iyah Meulaboh (ms-meulaboh.go.id). diakses pada 20 Maret 2022

PlumX Metrics

Published
2022-08-31