Penerapan Pasal 16 Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Retribusi Jasa Umum Dan Fikih Siyasah Maliyah di Rumah Pemondokan

  • Abdul Aziz Mashuri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: pemondokan; retribusi; siyasah maliyah

Abstract

Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 3 Tahun 2015 tentang Retribusi Jasa Umum salah satunya membahas mengenai retribusi pelayanan persampahan, Terkait dengan hal itu, RT/RW 02/13 Kelurahan Merjosari Kota Malang adalah salah satu pihak yang mengadakan progam pelayanan persampahan/kebersihan, namun dalam penentuan besaran tarif retribusinya tidak mengacu dengan Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 3 Tahun 2015 tentang Retribusi Jasa Umum. Fokus pada penelitian ini adalah mengkaji Penerapan Retribusi Pengelolaan Sampah Perspektif Pasal 16 Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 3 Tahun 2015 tentang Retribusi Jasa Umum dan Penerapan Retribusi Pengelolaan  Sampah Perspektif Fikih Siyasah Maliyah Imam Mawardi di Rumah Pemondokan Kelurahan Merjosari. Penelitian ini termasuk jenis penelitian yuridis empiris dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Pengelolahan data dilakukan dengan cara pengeditan, klasifikasi, Verifikasi, kemudian dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan.Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Kebijakan pihak RT yang berorientasi untuk kemaslahatan umat, dan tidak mengikuti ketentuan Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 3 Tahun 2015 tentang Retribusi Jasa Umum dalam penetuan besaran tarif retribusi sampah, tidak efektif. 2)  kebijakan tarif retribusi pengelolaan sampah yang digagas oleh pihak RT, sangat jauh dari aspek maslahat Imam Mawardi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku-buku
Al-Mawardi, Imam. Al-Ahkaamus-sulthaniyah wa-wilaayatud-diiniyah, terj. Abdul Hayyie al-Kattani dan Kamaluddin Nurdin, Hukum Tata Negara dan Kepemimpinan dalam Takaran, Cet. 1, (Jakarta: Gema Insani Press, 2000).
Nirwana, Andri. Fikih Siyasah Maliyah (Keuangan Publik Islam) SearFikih: Banda Aceh, 2017.
Siahaan, Marihot Pahala Pajak Daerah dan Retribusi Daerah ( Jakarta: Rajawali Pers, 2010).
Soekanto,Soerjono. Pengantar Penelitian Hukum, (Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1986).
waluyu, Bambang. Penelitian Hukum dan Praktek, (Jakarta:sinar Grafika, 2002).

Norma Hukum
Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 6 Tahun 2006 Tentang Penyelenggaraan Usaha Pemondokan
Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Retribusi Jasa Umum
Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 10 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Sampah
Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

PlumX Metrics

Published
2021-02-18
Section
Articles