Implementasi Pasal 2 Perda Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Kota Malang Perspektif Maqashid Al-Syariah

  • Dimas Ilham Nabil Ibnu Su’ud UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Rokok; Maqashid Al-Syariah; hukum

Abstract

Kesadaran masyarakat untuk tidak merokok di tempat yang sudah ditentukan yaitu Kawasan Tanpa Rokok, merupakan permasalahan yang dihadapi saat ini. Pemeritah Kota Malang membuat kebijakan Pasal 2 Perda Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Ini merupakan salah satu strategi Pemerintah dalam menanggulangi bahaya yang ditimbulkan oleh asap rokok. Penelitian ini membahas tentang 1.Penerapan Pasal 2 Perda Nomor 2 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Kota Malang. 2.Analisis penerapan Pasal 2 Perda Nomor 2 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Kota Malang Perspektif Maqashid Al-Syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris dengan pendekatan yuridis sosiologis. Lokasi penelitian di beberapa kawasan tanpa rokok di Kota Malang. Sumber data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan pustaka. Hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1.Penerapan Pasal 2 Perda Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Kota Malang masih dalam tahap sosialisasi. 2. Penerapan Pasal 2 Perda Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kawasan Tanpa di Kota Malang Perspektif Maqashid Al–Syariah tingkatan Ad-Daruriyat mengingat Islam mengajarkan kita akan pentingnya menjaga kesehatan dan menjauhi segala mudharatnya. Maqashid pada tingkatan kelengkapan yang memperindah Maqashid pada tingkatan sebelumnya yakni Hifzh-Nafs (Perlindungan Jiwa). Berdasarkan tingkatan kepentingannya, kecenderungan oleh perokok aktif pihak Dinas Kesehatan Kota Malang melakukan upaya pencegahan dan sosialisasi mengurangi konsumsi rokok guna menjaga kesehatan jasmani maupun rohani masyarakat Kota Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku-buku

Auda, Jasser, 2015 Membumikan Hukum Islam Melalui Maqasid Syariah, Bandung:PT Mizan Pustaka (Penerjemah Rosidin dan ‘Ali’Abd el-Mun’in)
Nasution, Muhammad Syukri Albani, 2013, Filsafat Hukum Islam, Jakarta: Penerbit PT RajaGrafindo Persada
Saifullah, 2013, Refleksi Sosiologi Hukum, Bandung:Refika Aditama Sirajuddin dan Kawan – Kawan, 2016 Hukum Administrasi Pemerintahan Daerah, Malang:Setara Press
Soekanto ,Soerjono , 1986, Pengantar Penelitian Hukum , Jakarta:UI-Press
Suryabrata, Sumadi 1987, Metode Penelitian, Jakarta: Rajawali
Wahid, Yunus, 2018, Pengantar Hukum Lingkungan, Jakarta timur: Prenadamedia Group

Peraturan Perundang-Undangan
Pasal 2 Perda Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Kawasan Tanpa Rokok di Kota Malang
Wawancara

Bambang, Wawancara (Satuan Polisi Pamong Praja Kota Malang, 12 September 2019)
Gatot, Wawancara (Dinas Kesehatan Kota Malang, 27 September 2019)
Yuli, Wawancara (Alun-Alun Kota Malang, 25 September 2019)

PlumX Metrics

Published
2019-04-30
Section
Articles