Diskresi Dalam Implementasi Sistem Keuangan Desa Persepektif Teori Tafwidhi dan Tanfidzi Imam al-Mawardi

  • El Qorina Hajar UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: pemerihtah desa; keuangan; hukum tata negara

Abstract

Implementasi Peraturan Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa dengan menggunakan Sistem Keuangan Desa di Desa Sendangduwur belum efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pengelolaan keuangan di Desa Sendangduwur dengan konsep Tafwidhi dan Tanfidzi Imam Al-Mawardi. Jenis penelitian ini yaitu yuridis empiris dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu pendekatan socio legal approach. Lokasi penelitian di Desa Sendangduwur. Dalam mengumpulkan data dilakukan wawancara kepada Pemerintah Desa dan masyarakat. Pengelolaan data dilakukan dengan cara pengeditan, pengelompokan, pembuktian, kemudian dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku
Al-Mawardi, Imam. Al-Ahkam As-Sulthaniyyah Hukum-Hukum Penyelenggaraan Negara dalam Syariat Islam. Jakarta: Darul Falah. 2007.
Djazuli. Kaidah-Kaidah Fikih Kaidah-Kaidah Hukum Islam dalam Menyelesaikan Masalah-Masalah yang Praktis. Jakarta : Kencana Prenada Media Group. 2011.
Johan Nasution, Bahder. Metode Penelitian Ilmu Hukum. Bandung: CV. Mandar Maju, 2008.
Ridwan. Diskresi & Tanggungjawab Pemerintah. Yogyakarta: FH UII Press. 2014.
Widjaja. Otonomi Desa Merupakan Otonomi Yang Asli, Bulat dan Utuh. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2004.

Hasil Penelitian
Novirania, Novirania. Implementasi Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) Di Desa Bogorejo Kecamatan GedongTataan Kabupaten Pesaweran. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung Bandar Lampung, 2018.

Undang-Undang
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa.
Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

PlumX Metrics

Published
2019-04-18
Section
Articles