Strategi Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Malang Menekan Angka Golput Dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur Tahun 2013 dan 2018

  • Neli Nurmala UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: pemilihan kepala daerah; komisi pemilihan umum; golput

Abstract

The research of this thesis is to describe the socialization strategy of Malang Regency Election Commission in suppressing abstentions in the 2018 governor election. the election, determining the target group to be approached and determining the method or information media to be carried out, collaborating with social media such as working with print, information, radio and other companies to convey information about electoral. Cooperating with government agencies to conduct continuous electoral education, coordinating with Dispendukcapil for matching data in updating data, and so forth. The purpose of this study is to describe the strategy issued by the KPU in suppressing abstentions in the research methods used by Juridical Empirical, data collected through interview, observation, literature study, and using qualitative data analysis. Researchers suggest that more outreach is extended further down to the village level to the hamlet. The location of the TPS should not be far from the community's residence so that the community can easily access their voting rights according to their conscience and so forth.

Penelitian skripsi ini untuk mendeskripsikan strategi sosialisasi komisi pemilihan umum KAbupaten Malang dalam menekan angka golput dalam pemilihan gubernur 2018. Strategi penekanan angka golput dalam Pemilihan Gubernur di antaranya adalah melakukan kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan yang dapat diajak berperan serta dalam melakukan kegiatan sosialisasi dan penyampaian informasi pemilu, menentukan kelompok sasaran yang akan di dekati serta menentukan metode atau media informasi yang akan dilakukan, melakukan kerja sama dengan media sosial seperti bekerja sama dengan perusahaan media cetak, informasi, radio dan lain sebagainya untuk menyampaiakan informasi tentang kepemiluan. Melakukan kerja sama dengan instansi pemerintahan untuk melakukan pendidikan kepemiluan yang berkesinambungan, berkoordinasi dengan Dispendukcapil untuk pencocokan data dalam pemutakhiran data, dan lain sebagainya. Tujuan dalam penelitian ini untuk memaparkan strategi yang dikeluarkan oleh KPU dalam menekan angka golput metode penelitian yang digunakan Yuridis Empiris, data terkumpul dengan teknik wawancara, observasi, studi pustaka, serta menggunakan analisis data kualitatif. Peneliti menyarankan untuk melakukan sosialisasi lebih lebih di perluas lagi hingga turun ke tingkat desa sampai dusun. Lokasi TPS seharusnya tidak jauh dari tempat tinggal masyarakat sehingga memudahkan akses masyarakat untuk memeberikan hak suaranya sesuai dengan hati nuraninya dan lain sebagainya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku
Anggito Albi & Afif,Abdul dkk, 2015 Koleksi tanya jawab agama islam yang di himpun dari berbagai diskusi di media sosial dengan rujukan Al-Qur`an, As-Sunnah, Ijma, dan Qiyas,Yogyakarta, Penerbit Titik Jogja Banget,
Waluyo Bambang, 2002, Penelitian Hukum Dalam Praktek , Jakarta, Sinar
Grafika
Mubarok Jaih, 2005 Fiqih Siyasah, Bandung : Pustaka Bani Quraisy

Moloeng,Lexy J, 2002. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung :Remaja Rosdakarya
Marzuki , 1983, Metodelogi Riset Yogyakarta : PT. Hanamidita
Offset
Marzuki Peter Mahmud, 2005, Penelitian Hukum Jakarta : Prenada Media Grup,
2005).
Suharismi Arikunto, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek ,
Jakarta : Rineka Cipta
Dasar Hukum
Undang-Undang Dasar Tahun 1945
Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 182, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6109).
Al-Qur’an Surat An-Nisa’.
Jurnal. Hadis Dalam Pusaran PEmilu (mengkaji pemahaman hadis MUI dalam Fatwa Haram Golput Pemilu), Volume 12 No.1 Januari 2018 .

PlumX Metrics

Published
2019-08-31
Section
Articles