Efektivitas Penggunaan Intelligent Transport System Dalam Menanggulangi Kemacetan Oleh Dinas Perhubungan Kota Malang Perspektif Maslahah Mursalah

  • Aisyah Dhurrotun Nafisah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Efektivitas; Intelligent Transport System; Kemacetan.

Abstract

Kemacetan lalu lintas yang terjadi di perkotaan terutama yang terjadi di Kota Malang merupakan peristiwa yang umum dialami, yang menimbulkan dampak negatif. Manajemen rekayasa lalu lintas mengambil peran penting dalam memberikan kualitas arus lalu lintas yang lebih baik. Namun, pada kenyataanya kemacetan masih terjadi dibeberapa titik persimpangan yang sudah terpasang Intelligent Transport System (ITS). Berdasarkan hal tersebut penulis merumuskan permasalahan yakni bagaimana efektivitas serta hambatan penggunaan Intelligent Transport System (ITS) dalam menanggulangi kemacetan oleh Dinas Perhubungan Kota Malang dan bagaimana tinjauan maslahah mursalah terhadap penggunaan Intelligent Transport System (ITS) dalam mengatasi kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan Intelligent Transport System (ITS) dalam mengatasi kemacetan di kota Malang. Adapun penelitian ini termasuk penelitian Yuridis Empiris dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data primer yang diperoleh melalui Undang-Undang terkait Lalu Lintas dan Angkutan jalan. Bahan hukum sekunder meliputi buku-buku, jurnal, dan pendapat ahli. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan Intelligent Transport System (ITS) sebagai bentuk manajemen rekayasa lalu lintas belum sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku serta hambatan penggunaan Intelligent Transport System (ITS) ialah jaringan koneksi pada waktu cuaca hujan. Penggunaan Intelligent Transport System (ITS) ditinjau dari maslahah sesuai dengan prinsip kemaslahatan atau kebaikan dalam menetapkan hukum atau dapat diartikan perbuatan yang mengarah terhadap kebaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku:
Efendi, Satria. 2005. Ushul Fiqh. Jakarta: Kencana.
Kholil, Munawar. 1995. Kembali Kepada al-Qur’an dan as-Sunnah. Semarang: Bulan Bintang.
Jurnal:
Alamsyah, Pengaturan Lalu Lintas Berbasis Mikrokontroler Atmega8535, Mektek Tahun XIV No. 3 September 2012.
Aras, Erwin G, dkk. “Manajemen Lalu Lintas Pada Simpang Borobudur Kota Malang”. Jurnal Rekayasa Sipil, (2014).
Sondakh, Marunsenge Gallant dkk. 2015. Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Pada Ruas Jalan Panjaitan (Kelenteng Ban Hing Kiong) Dengan Menggunakan Metode MKJI 1997. Jurnal Sipil Statik Vol.3 No.8 Agustus.
Mandaku, Hanok dan Marcus Tucan. 2010. Studi Penerapan Intelligent Transportation System (ITS) Di Kabupaten Seram Bagian Barat. Jurnal Arika Vol. 04, No. 1 Februari.
Undang-Undang:
Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 96 Tahun 2015 Tentang Pedoman Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas.
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2011 tentang Manajemen dan Rekayasa, Analisis Dampak, Serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas
Peraturan Walikota Malang Nomor 34 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Perhubungan.
Skripsi:
Immanuel Teguh Prayogo, Strategi Dinas Perhubungan Kota Surakarta Dalam Optimalisasi Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas Berbasis Intelligent Transport System (APILL-ITS), (Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2011).

PlumX Metrics

Published
2020-04-30
Section
Articles