Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Jombang Nomor 14 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial

  • Debita Ayu Savitri Firiqki UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Peraturan Daerah; Gelandangan; Pengemis; Maslahah Mursalah

Abstract

Artikel ini mengkaji dari Peraturan Daerah Kabupaten Jombang Nomor 14 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial dalam penanganan gelandangan dan pengemis. Dalam setiap wilayah pasti ada masalah gelandangan dan pengemis. Hal ini terjadi di wilayah kabupaten Jombang yang bertempat di wisata religi Gus Dur. Tujuan dari artikel ini untuk mengetahui bagaimana implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Jombang Nomor 14 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial terhadap penanganan gelandangan dan pengemis di kawasan wisata religi Gus Dur dan bagaimana pandangan maslahah mursalah terhadap penanganan gelandangan dan pengemis di kawasan wisata religi Gus Dur. Metode penelitian dalam artikel ini menggunakan jenis yuridis empiris dengan pendekatan yuridis sosiologis yang terjun langsung di lapangan dengan melakukan wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil dari artikel ini adalah melakukan tindakan yang ada dalam peraturan daerah yang bersifat penanganan preventif, penanganan represif, dan penanganan rehabilitatif. Serta peraturan daerah tersebut disimpulkan belum terlaksana dengan baik. Pandangan maslahah mursalah terhadap penanganan gelandangan dan pengemis diperbolehkan dan memberikan kemaslahatan, dilihat dari tingkat kepentingan manusia Al-Maslahah Al-Daruriyyah yang harus dipenuhi dalam kehidupan manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an dan Al-Hadits
Al-Qur’an Surat at-Taubah Ayat 105.
Muslim, Muslim, Shoheh. Juz 11. H. no 3329. Beirut: Darr al-Fikr, 1992.
Buku
Ali, Zainudin. Metode Penelitian Hukum. Jakarta: Sinar Grafika, 2014.
Suwarsono, Sri Edi. Sekitar Kemiskinan dan Keadilan. Jakarta: Cendikiawan Tentang Islam Ui Press, 2007.
Waluyo, Bambang. Penelitian Hukum Dalam Praktek. Jakarta: Sinar Grafika,
2002.
Peraturan Perundang-Undangan
Undang-Undang Dasar 1945.
Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 1980.
Peraturan Daerah Kabupaten Jombang Nomor 14 Tahun 2016.
Jurnal
Febriyani, Ermawati. “Implementasi Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Penanggulangan Penyakit Masyarakat di Kabupaten Demak (Studi Kasus di Kwasan Wisata Masjid Agung Demak)”. DIGILIB UNNES Local Content Repository. No. 1 (2015): 76.
https://lib.unnes.ac.id/23288/
Sutar. “Implementasi Perda No 12 Tahun 2008 Tentang Ketertiban Sosial Dalam Penanganan Gelandangan di Kota Pekanbaru”. UIN Suska Riau Repository. No. 1 (2010): 1.
repository.uin-suska.ac.id/396/

PlumX Metrics

Published
2020-04-30
Section
Articles