PENGARUH PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

  • Aqilla Fadya Ahmad Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Saiful Amin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Limited Face-to-Face Learning, Motivation, Social Science Learning Outcomes

Abstract

The aims of this study were (1) to determine the effect of limited face-to-face learning on student learning outcomes; (2) to determine the effect of learning motivation on student learning outcomes; and (3) to determine the effect of limited face-to-face learning and learning motivation on student learning outcomes. The sample in this study was grade VII students at MTsN 6 Blitar, Indonesia with a total of 66 students. The data collection instrument used a questionnaire. The classical assumption test used is the normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test and homogeneity test, while the hypothesis test used is t test, coefficient of determination (adjust R2), F test, and multiple linear regression equations. The results showed that (1) limited face-to-face learning had a significant effect on learning outcomes with a value of 0.000; (2) learning motivation has a significant effect on learning outcomes with a value of 0.000; and (3) face-to-face learning is limited and learning motivation has an effect simultaneously or simultaneously with a value of 0.000. Based on the research, it can be concluded that face-to-face learning and learning motivation have an influence on student learning outcomes in social studies lessons in class VII MTsN6 Blitar. With this research, it is hoped that all parties can take advantage of limited face-to-face learning and further increase learning motivation to develop future research.

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar siswa; (2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa; dan (3) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTsN 6 Blitar, Indonesia dengan total 66 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji homogenitas sedangkan untuk uji hipotesis yang digunakan adalah uji t, koefisien determinasi (adjust R2), uji F, dan persamaan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran tatap muka terbatas berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai 0.000; (2) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai 0.000; dan (3) pembelajaran tatap muka terbatas dan motivasi belajar mempunyai pengaruh secara bersama-sama atau simultan dengan nilai 0.000. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tatap muka dan motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas VII MTsN6 Blitar. Dengan adanya penelitian ini diharapkan semua pihak dapat memanfaatkan pembelajaran tatap muka terbatas dan semakin meningkatkan motivasi belajar untuk mengembangkan penelitian di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Z. (2019). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN 18 Rejang Lebong. IAIN Curup.

Andeni, M., Hermita, N., & Zufriady. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Gugus Inti I Kecamatan Kunto Darussalam Kanupaten Rokan Hulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).

Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 12(2).

Asridayati, & Sari, R. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Kebudayaan, 8(2).

Embo, E. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Nani Ratnaningsih. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika Daring di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(2).

Iswahyuni. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Universitas Negeri Makassar.

Kusumawardhani, F. E. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring Bagi mahasiswa Pendidikan Keagamaan Katolik Universitas Sanata Dharma Yogyakarta di Masa pandemi Covid-19. Universitas Sanata Dharma.

Lytras, M. D., Ruan, D., Tennyson, R. D., P. O. De Pablos, Penalvo, F. J. G., & Ruzu, L. (2013). Information Systems, E-Learning, and Knowledge Management Research. Springer.

Masyitho, D., & Arfinanti, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Pada Era New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2).

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Undiksha Press, 4(1).

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2).

Onde, M. K. L. O., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di Masa New Normal Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6).

Powa, N. W., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Analisis Persetujuan Orangtua Terhadap Rencana Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2).

Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2).

Sa’diyah, H. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Terstruktur Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kleas 7 Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kepanjen. UIN Malang.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Rosda Karya.

Sinerjaya, & Fitri, A. (2021). Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring dengan WhatsApp. Jurnal MathEducation Nusantara, 4(2).

Sugiasih, P. (2015). Pengaruh Peran Guru Sebagai Motivator Terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Se-Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 5(1).

Usman. (2013). Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara.

PlumX Metrics

Published
2022-05-18