PENGARUH PEMBELAJARAN TATAP MUKA ERA NEW NORMAL DAN KUALITAS GURU TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN IPS

  • Isnaini Mauludinia Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Saiful Amin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Face-to-face Learning in the New Normal Era, Quality of Teachers, Level of Student Understanding

Abstract

The purpose of this study was to (1) determine the effect of face-to-face learning in the new normal era on the level of student understanding. (2) determine the effect of teacher quality on students' level of understanding. (3) determine the effect of face-to-face learning in the new normal era and teacher quality on the level of students' understanding of social studies subjects at SMP Muhammadiyah 06 Dau. This research method uses a quantitative approach to the type of descriptive statistical research. The population and sample in this study were students of class VII at SMP Muhammadiyah 06 Dau with a total of 75 students. The data collection instrument used a questionnaire/questionnaire. Data analysis used partial t hypothesis test and F test with classical assumption test in the form of normality test, linearity test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test. The results showed that partially there was a significant positive effect between face-to-face learning in the new normal era on the level of students' understanding of social studies subjects (0.005) < (0.05). Then, there is a significant positive effect between teacher quality on students' understanding level with a significance level of (0.027) < (0.05). Meanwhile, simultaneously, face-to-face learning in the new normal era and the quality of teachers affect the level of student understanding with a significance level (0.002) < (0.05). With this research, it is hoped that all parties can take advantage of face-to-face learning in the new normal era properly and develop this research as further research.

 ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh pembelajaran tatap muka era new normal terhadap tingkat pemahman siswa. (2) mengetahui pengaruh kualitas guru terhadap tingkat pemahaman siswa. (3) mengetahui pengaruh pembelajaran tatap muka era new normal dan kualitas guru terhadap tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 06 Dau. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian statistik deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 06 Dau sejumlah 75 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Analisis data menggunakan uji hipotesis t parsial dan uji F dengan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ada pengaruh positif signifikan antara pembelajaran tatap muka era new normal terhadap tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS (0.005) < (0,05). Kemudian, terdapat pengaruh positif signifikan antara kualitas guru terhadap tingkat pemahaman siswa dengan tingkat signifikansi (0.027) < (0,05). Sedangkan secara simultan, pembelajaran tatap muka era new normal dan kualitas guru berpengaruh terhadap tingkat pemahaman siswa dengan taraf signifikansi (0.002) < (0,05). Adanya penelitian ini diharapkan bagi seluruh pihak dapat memanfaatkan pembelajaran tatap muka era new normal dengan baik dan mengembangkan penelitian ini sebagai penelitian lanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, S., & Khotimah, S. (2019). Penerapan Metode Diskusi Syndicate Group Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V SDN Beru 02 Wlingi. J-PIPS, 3(2), 58–66.

Anam, S. (2021). Group Investigation; Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran. Academia Publication.

Arisanti, D., Okianna, & Rustiyarso. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas X SMA PGRI 1 Pontianak. Program Pendidikan Sosiologi FKIP Universitas Tanjung Pura, 2(9), 4–5.

BBC Indonesia. (2020). Covid-19 Indonesia mencapai setengah juta kasus positif, 25% di antaranya ada di Jakarta. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-51850113

Bibi, S., & Jati, H. (2015). Efektivitas model blended learning terhadap motivasi dan tingkat pemahaman mahasiswa mata kuliah algoritma dan pemrograman. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1).

Cecep Kustandi, & Daddy Darmawan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Kencana.

Fatimah. (2017). Pembelajaran di Era New Normal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Firmansyah, F. (2019). Budaya Kerja IKM Batik Inovatif & Kreatif. Duta Media Publishing.

Fitriansyah, F. (2022). Dinamika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Kalangan Mahasiswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 123–130.

Fitriyani, F. N. (2018). Objek Assesmen Proses dan Hasil Belajar: Ranah Kognitif, Psikomotor dan Afektif. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. 22 (2). 329–340).

Hidayat, E. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Sekolah (Pengaruh Dari Faktor Kinerja Mengajar Guru Dan Pemanfaatan Sumber Belajar). Jurnal Administrasi Pendidikan, 21(1), 81–88.

Kariem, M. Q. (2020). Konsepsi Kebijakan Pemerintah Di Era New Normal. TheJournalish: Social and Government, 1, 76–80.

Kemendikbud. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Kemendikbud. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/buku-saku-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19

Kompas.com. (2021). 4 Skenario Asal Mula Virus Corona di Wuhan Menurut WHO.

Laili, N. (2021). Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1437–1445.

Mas, S. R. (2008). Profesionalitas Guru. Jurnal Inovasi. Jurnal Inovasi, 5(2), 1–10.

Mustakim, & Saepul, U. (2020). Efektivitas Pembelajaran Di Era New Normal Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Uniqbu Journal Of Exact Sciences (UJES), 1(1), 41–45.

Ode, L., Aswat, H., Sari, E. R., Meliza, NurOde, L., Aswat, H., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di Masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400–4406.

Ridwan, A. E. (2016). Pendidikan IPS dalam membentuk SDM beradab. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 27–35.

Rifa’i, A. Y., Safitri, D., Hidayati, A. D., Narimoati, H., Purwandini, B. N., Aditya, Y., Alfarizi, M., Ardiyanto, B., Fauziah, N. I., & Ornawati, V. (2020). 28 Cara Senang Belajar Matematika Kumpulan Karya Ilmiah Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tidar. Pustaka Rumah Cinta.

Syahroni, M., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan Animasi Sederhana Bagi Gueu Madrasah Ibtidaiyah Se-Kabupaten Magelang Guna Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Masa Pandemi. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 274–281.

Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran Untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80–90.

Utomo, A. A., Imron, A., & Syaiful, M. (2017). Pengaruh Penjelasan Guru Terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah. PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah), 5(8), 1–12.

Wijoyo, H., Sunarsi, D., Utama, A. S., Haryati, D., Rakhmatulooh, A. R., Mahdayeni, Anggrani, N., Nuraini, R., Srinawati, W., Sukatin, Mildawani, I., & Siagian, A. O. (2021). Transformasi Digital dari Berbagai Aspek. Insan Cendekia Mandiri.

Yusuf, M., & Daris, L. (2018). Analisis Data Penelitian : Teori & Aplikasi dalam Bidang Perikanan. PT Penerbit IPB Press.

PlumX Metrics

Published
2022-06-09