PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 3 TUMPANG

  • Adinda Aulia Rokhim Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nailul Fauziyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Saiful Amin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ali Nasith Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Family Environment, Peers, Learning Motivation

Abstract

The purpose of this study was to determine whether the family environment and peers influence the social studies learning motivation of students at SMPN 3 Tumpang partially or simultaneously. The research method used in this research is using a quantitative approach. The population of this study were all students of SMPN 3 Tumpang totaling 83 children. Data collection techniques using questionnaires and documentation. Data analysis using multiple linear regression analysis, t test and f test, also the coefficient of determination.  From this study, the t-count results were 3.810 and 3.315, respectively, which was greater than the t-table which was only 1.993. The results of the f test found f-count of 32,927 which is greater than f-table, which is 3.09. This shows that the family environment and peers have a significant influence on the social studies learning motivation of the students of SMPN 3 Tumpang, either partially or simultaneously.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah lingkungan keluarga dan teman sebaya berpengaruh terhadap motivasi belajar IPS siswa SMPN 3 Tumpang secara parsial maupun bersama-sama. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendeketan kuantitatif. Populasi sekaligus sampel dari penelitian ini seluruh siswa SMPN 3 Tumpang yang berjumlah 83 anak. Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t dan uji f, juga koefisien determinasi. Dari penelitian ini didapatkan hasil thitung masing-masing 3,810 dan 3,315 yang mana lebih besar dari ttabel nya yang hanya sebesar 1,993. Hasil uji f ditemukan fhitung sebesar 32,927 yang lebih besar dari ftabel yaitu 3,09. Hal ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dan teman sebaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar IPS siswa SMPN 3 Tumpang baik secara parsial maupun simultan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aljufri, A. K. (2009). Terjemah Ta’lim Mutaallim. Mutiara Ilmu.

Dalyono. M. (2005). Psikologi Pendidikan : Komponen MKDK). Rineka Cipta.

Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya.

Fitriani, Yani. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165-175. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654.

Ihsan, Fuad. (2003). Dasar-Dassar Kependidikan. Rineka Cipta.

Izzaty, R. E. dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Jali, A. S. (2006). Kehidupan dalam Pandangan Al-Quran. Gema Insani.

Kadir, Abdul. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Kencana Prenamedia Group.

Madon, A.,& Ahmad, M. S. (2004). Panduan Mengurus Remaja Modern. PTS Proffessional Publishing.

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Prawira, P. A. (2014). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Ar-Ruzz Media.

Purwanto, Ngalim. (2009). Ilmu Pendidikan Teoritis & Praktis. Alfabeta.

Santi, N. N., & Khan, R. I. (2019). Pengaruh Dukungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(2), 191-198. https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i2.13013.

Santrock. J. W. (2007). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Prenada Media Group.

Sardiman, A. M. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2003.) Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Slavin. R. E. (2011). Psikologi Pendidikan dan Praktik. Indek Permata Puri Media.

Soviyani, Fitri. (2019). Pengaruh Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 31/IV Kota Jambi. Universitas Jambi.

Syah, Muhibbin. (2003). Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada.

PlumX Metrics

Published
2022-06-17