PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

  • Dwi Rofifah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ali Nasith Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Parenting Pattern, Student Learning Discipline, Social Science Learning Outcomes

Abstract

Learning outcomes are results achieved by students after carrying out learning activities. Student learning outcomes are influenced by factors from within students (internal) and outside students (externals). The parenting style of parents is an external factor, while student learning discipline is an internal factor. The aims of this study were to: (1) explain whether or not there was an effect of parenting on student learning outcomes in social studies subjects for class VIII at SMP Negeri 1 Arosbaya, (2) to explain the effect of student learning discipline on student learning outcomes in social studies subjects in class. VIII at SMP Negeri 1 Arosbaya and (3) explaining the influence of parenting patterns and student learning discipline on student learning outcomes in social studies subjects for class VIII at SMP Negeri 1 Arosbaya. Both positively significant and negatively significant. The research method, using a quantitative research approach. Data collection techniques using questionnaires and documentation. The population is 239 class VIII students at SMP Negeri 1 Arosbaya with a sample of 149 students using the Yamane formula. The data analysis technique used multiple linear regression, coefficient of determination and hypothesis testing (t test and F test). The results of the study partially showed that the parenting style variable had a significant negative effect on student learning outcomes with a significance level of 0.009 < 0.05. The student learning discipline variable shows that there is a significant positive effect on student learning outcomes with a significance level of 0.038 < 0.05. Meanwhile, simultaneously parenting patterns and student learning discipline affect student learning outcomes have a significant positive with a significance level of 0.020 < 0.05. The coefficient of determination (R Square) is 0.052 (5.2%) and the remaining 94.8% is influenced by other factors not included in this study.

 Abstrak

Hasil belajar merupakan suatu hasil yang dicapai siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor dari dalam siswa (internal) dan luar siswa (eksternal). Pola asuh orang tua merupakan salah satu faktor eksternal sedangkan kedisiplinan belajar siswa merupakan salah satu faktor internal. Tujuan penelitian ini untuk: (1) menjelaskan ada atau tidak pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Arosbaya, (2) menjelaskan pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Arosbaya dan (3) menjelaskan pengaruh pola asuh orang tua dan kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Arosbaya. Baik secara positif signifikan maupun negatif signifikan. Metode penelitian, menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi berjumlah 239 siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Arosbaya dengan pengambilan sampel sebesar 149 siswa menggunakan rumus yamane. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian, secara parsial menunjukkan bahwa variabel pola asuh orang tua ada pengaruh negatif signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat signifikansi sebesar 0,009 < 0,05. Variabel kedisiplinan belajar siswa menunjukkan bahwa ada pengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat signifikansi sebesar 0,038 < 0,05. Sedangkan secara simultan pola asuh orang tua dan kedisiplinan belajar siswa berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan taraf signifikansi sebesar 0,020 <  0,05.  Adapun nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,052 (5,2%) dan sisanya sebesar 94,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (1990). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Direktorat PAUD Kemendikbud. (2020). Pengasuhan Positif . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Farida, Fauzia. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 KembangBahu-Lamongan. Skripsi.

Gunarsa, Singgih D. (1976). Psikologi Untuk Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.

Hidayah, Rifa. (2009). Pola Pengasuhan Anak. Malang: UIN Malang Press.

Hidayatul M, F., A. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Singosari. JPIPS : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Vol. 5, No. 1.

Hurlock, Elizabet B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2, Edisi ke 6. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kinasih, Gusti Arum. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Demokratis dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi.

Mazidah, Zulfa. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII MTS Al-Muwazanah Gondang Kediri. Skripsi.

Mukolang, Nunung Rahmawati. (2020). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Siswa Dan Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran IPS Terpadu Di MTs Al-Hayatul Islamiyah Malang. Skripsi.

Nizar, Imam Ahmad Ibnu. (2009). Membentuk & Meningkatkan Disiplin Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Diva Press (Anggota IKAPI).

Pakiding, Sainal. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri Kecamatan Samarinda Utara. Jurnal Pendas Mahakam, Vol 1, No. 1.

Raquena, K. W., dan Miller, L. (2005). Good Kid, Bad Behavior: Strategi Jitu Membangun Disiplin Anak. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Rusni dan Agustan. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Vol 1, No.1.

Santrock, John W. (2011). Masa Perkembangan Anak, Edisi 11. Jakarta: Salemba Humanika.

Sochib, Moh. (1988). Pola Asuh Orang Tua: Untuk Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiarto, Toto. (2020). E-Learning Berbasis Schoology Tingkatkan Hasil Belajar Fisika. Jakarta: CV. Mine.

Sutiah. (2019). Budaya Belajar dan Inovasi Pembelajaran PAI. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Tridhoanto, Al, and Agency, B. (2014). Megembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

PlumX Metrics

Published
2023-01-29