PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM MENDORONG SISWA BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPS

  • Nur Hidayati Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nailul Fauziyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Teacher Facilitator, Critical Thinking

Abstract

The purposes of the research were at explaining the importance of the teacher's role as a facilitator in supporting the students to think critically in social studies learning at Miftahul Ulum Islamic Junior High School Kareteng Sangkapura, Gresik and finding out the aspects of students' critical thinking during social studies learning and finding out the teacher's efforts in responding the development of critical thinking aspects of students. The research approach used a qualitative approach with descriptive research type. Researcher used data collection techniques with observation, interviews and documentation activities to answer the research focus. The people involved in this research were the teachers who teach social studies lessons and students of Miftahul Ulum Islamic Junior High School Kareteng Sangkapura, Gresik. Then after processing the data, it used Miles and Huberman data analysis techniques. The results of the research indicated that: (1) the role of the teacher as a facilitator in supporting the students to think critically in social studies learning at Miftahul Ulum Islamic Junior High School Kareteng Sangkapura, Gresik had paid attention to aspects as a good facilitator, although there were aspects that have not been carried out properly. (2) The critical thinking aspect of students has not fully emerged in the learning process. (3) The teacher's efforts in responding to students who have not developed the critical thinking have taken various actions, such as giving easy questions, giving motivation before and after learning and explaining generally and then specifically, and so on.

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pentingnya peran guru sebagai fasilitator dalam mendorong siswa berpikir kritis pada pembelajaran IPS di MTs Miftahul Ulum Kareteng Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik serta mengetahui apa saja aspek berpikir kritis peserta didik yang sering muncul saat pembelajaran IPS dan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam menyikapi aspek berpikir kritis peserta didik yang belum tumbuh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif kemudian jenis pendekatannya penelitian deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk menjawab fokus penelitian. Orang yang terlibat dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar pelajaran IPS dan peserta didik MTs Miftahul Ulum Kareteng Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik. Kemudian setelah diproses data, menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran guru sebagai fasilitator dalam mendorong siswa berpikir kritis pada pembelajaran IPS di MTs Miftahul Ulum Kateng Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik telah memperhatikan aspek-aspek sebagai fasilitator, meskipun ada aspek yang belum dijalankan sebagaimana mestinya. (2) aspek berpikir kritis peserta didik belum sepenuhnya muncul pada proses pembelajaran. (3) upaya guru dalam menyikapi peserta didik yang belum tumbuh daya berpikir kritisnya telah melakukan bermacam tindakan, seperti memberikan pertanyaan yang mudah, memberi motivasi dan menjelaskan secara umum dulu baru khusus, dan lain sebagainya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrita, I. A. (2018). Manajemen Hubungan Sekolah dengan Dunia Usaha Industri dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Vokasional. 1(3), 313”.

Budiono, H. dan Utomo, A. (2020). . Startegi Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Sekolah Dasa. Jurnal Pendidikan Dasasr, Vol 5 No.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik; Panduan Bagi Orangtua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak, Usia SD, SMP, dan SMA.

Esi, dkk. (2017). Peranan Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas XI SMK. Pontianak: Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Untan.

Fadhallah. 2020. Wawancara. Jakarta Timur: APPTI.

Habel. (2015). Peran Guru Kelas Membangun Perilaku Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar 05 di Desa Setarap Kecamatan Malinau Selatan Hilir Kabupaten Malinau.

Inayah, N. (2017). Peran Tutor Sebagai Fasilitator Dalam Pendidikan Keterampilan Anak Pesisir Pasa Komunitas Sahabat Tenggang Semarang.

Nasution, Toni, dan M. A. L. (2018). Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: Samudra Biru.

Rahardjo, M. (2021). Melatih Berpikir Kritis.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif.

Wina Senjaya. (2016). Strategi Pembelajaran: Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Zubaidah. (2010). Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat di Kembangkan Melalui Pembelajaran Sains. Jurnal: FMIPA Universitas Negeri Malang.

PlumX Metrics

Published
2023-02-19