PENERAPAN METODE DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI

  • Nabila Auliya Maulidah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muh. Yunus Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Discussion method, critical thinking, sociology

Abstract

This research is motivated by the application of the discussion method in Sociology learning to students' critical thinking skills at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. The objectives of this research include (1) To find out whether the discussion method affects the critical thinking skills of IPS students at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (2) To find out the use of the discussion method is an alternative to fostering critical thinking skills in the sociology learning process of IPS students at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. The results showed that students in Sociology learning conducted at the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang used the discussion method, where this method became one of the most effective methods to use. There are several reasons that strengthen the effectiveness of using this method, including 1) the class becomes more lively and fun because students will compete to express their thoughts, 2) students become more active during the learning process, 3) the material being taught will be easier to remember because students are directly involved with the conversations that are being held.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan metode diskusi dalam pembelajaran Sosiologi terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Adapun tujuan adanya penelitian ini antara lain (1) Untuk mengetahui apakah metode diskusi terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa IPS di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (2) Untuk mengetahui penggunaan metode diskusi menjadi alternatif guna menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran ilmu sosiologi mahasiswa IPS di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa pada pembelajaran Sosiologi yang dilakukan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menggunakan metode diskusi, dimana metode ini menjadi salah satu metode yang efektif untuk digunakan. Adapun beberapa alasan yang memperkuat efektivitas penggunaan metode ini, diantaranya 1) kelas menjadi lebih hidup dan menyenangkan karena mahasiswa akan berlomba-lomba mengungkapkan pemikirannya, 2) mahasiswa menjadi lebih aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung, 3) materi yang diajarkan akan lebih mudah diingat karena mahasiswa terlibat langsung dengan pembicaraan yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggreni. (2019). Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Dapat Ditingkatkan Melalui Optimalisasi Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion. Jurnal Imiah Pendidikan Pembelajaran. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP.

Fisher. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia Press.

Hamdayama, J. (2015). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nawawi, H. & Martini, M. (1992). Penelitian Terapan. Yogyakarta: Rajawali.

Nurhayati, E. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riedl, R., Davis, F. D., & Hevner, A. R. 2014. Towards a neurois research methodology: Intensifying the discussion on Methods, Tools, And Measurement. Journal of the Association for Information Systems.

Tambak, S. (2015). Metode Diskusi dalan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (https://www.academia.edu/49286242/Strategi_Belajar_Mengajar_PAI /

PlumX Metrics

Published
2023-06-30