DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs MIDANUTTA’LIM JOMBANG

  • Fikri Firmansyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nailul Fauziyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Motivation, Impact, Online Gaming

Abstract

Online games are a type of game that is very popular with various groups now. Competitive events and communities that introduce their games make it attractive to play online games. In addition, the use of online games also has an impact. Some Midanutta'lim MTs students also have students who play online games. Students who play online games for a long time will have a high interest in online games so that this will have a negative and positive impact on their learning activities such as the negative impact of lazy learning, drowsiness in class, besides the positive impact on students increasing interest in English and sociability.This research was conducted at MTs Midanutta'lim Jombang. The objectives of this study are (1) To describe what encourages class VIII students at MTs Midanutta'lim to play online games. (2) To describe the impact of online games on the learning motivation of 8th grade students at MTs Midanutta'lim Jombang. Data collection uses a qualitative approach with documentation, observation and interview techniques. The sample in this study amounted to 20 consisting of grade VIII of MTs Midanutta'lim students. The results of this study are to reveal students who play online games have anything that attracts students so that they are encouraged to play online games and also the impact felt by students on the learning motivation of class students, among others. The motivation of MTs Midanutta'lim students to play online games is divided into two factors, including internal factors (1) challenge (2) curiosity (3) control (4) fantasy. While external factors (5) environment (6) appreciation (7) want to be a proplayer. The impact of online games on student learning motivation includes (1) self (2) family (3) environment.

ABSTRAK

Game online merukapan jenis game yang sangat digemari oleh berbagai kalangan sekarang. Ajang kompetitif dan komunitas yang memperkenalkan game mereka menjadikan daya tarik untuk bermain game online. Selain itu penggunaan game online juga memiliki dampak. Beberapa siswa MTs Midanutta’lim juga terdapat siswa yang bermain game online. Siswa yang bermain game online yang cukup lama akan memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap game online sehingga ini akan berdampak negatif dan positif pada kegiatan belajar mereka seperti dampak negatif malas belajar, mengantuk dikelas, selain itu dampak positif siswa menumbuhkan minat bahasa inggris dan mudah bergaul. Penelitian ini dilakukan di MTs Midanutta’lim Jombang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan motivasi apa yang mendorong siswa kelas VIII di MTs Midanutta’lim bermain game online. (2) Untuk mendeskripsikan dampak game online terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Midanutta’lim Jombang. Pengumpulan data menggunakan pendekatan kualitatif dengan tehnik dokumentasi, observasi dan wawancara. Sample dalam penelitian ini berjumlah 20 terdiri dari siswa kelas VIII MTs Midanutta’lim. Hasil penelitian ini adalah mengungkapkan siswa yang bermain game online memiliki motivasi apa saja yang ketertarikan siswa sehingga mereka terdorong untuk bermain game online dan juga dampak yang dirasakan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas antara lain. Motivasi siswa MTs Midanutta’lim bermain game online terbagi menjadi dua faktor antara lain faktor internal (1) tantangan (2) keingintahuan (3) kontrol (4) fantasi. Sedangkan faktor eksternal (5) lingkungan (6) penghargaan (7) ingin menjadi pemain proplayer. Dampak game online terhadap motivasi belajar siswa antara lain (1) diri sendiri (2) keluarga (3) lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amna Emda, “Kedudukan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran” Jurnal Lantamida. Vol 5 No 2 (2017)

Andi Achru “Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran” Jurnal Idaarah, Vol III No 2, 2019

Andri Alif Kustiawan, “Jangan Suka Game Online (magetan: CV. Ae Media Grafik, 2019)

Andrian Febrianto, Jasson Prestillano, “Analisis Kesenangan Bermain Antara Pemain Pro dan Awam Dalam Dota 2 Dengan Menggunakan XGame Flow”. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, 2018.

Aninda melia, dhea indriani, harry rizki, Vincent Immanuel, bagas pradipto “Game Online dan Pengaruhnya Terhadap komunikasi dalam keluarga (Studi Kasus Tambakbayan Yogyakarta). Jurnal 2019. Universitas Atmajaya Jogjakarta

Ayu Setianingsih,2018 “game online dan efek problematika terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama islam di smk negeri 7 bandar lampung”. Universitas islam negeri raden intan lampung.

Azizah larasati “16 tips cara untuk menjadi proplayer di game FF, ML, PUPG dan PB” https://www.kabargames.com/artikel/cara-menjadi-pro-player/. Diakses pada tanggal 12 februari 2023

Catur, Fabianus “Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IX SMP Santa Maria Bekasi” Jurnal 2017

Cristiani Perwaningsih, Amir Syarifudin “Pengaruh Perhatian Orang Tua, Budaya Sekolah, dan Teman Sebaya Terhadap Karakter Religius Anak.” Jurnal Vol 6 (2022) hal 8

Donni Juni Priansa, “Menejemen Peserta didik dan Model Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta, 2015), hal 133

Dwi Cristina Rahayuningrum, Zabidah putit, and Ira Erwina, “Hubungan motivasi bermain game online dan dukungan sosial teman sebaya dengan adiksi game online pada remaja di SMPN Kota Padang” jurnal kesehatan medika saintika 10, no 7 (2019). Hl 124

Dwi Tri Santosa, Tawardjono, “Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar” Jurnal Pendidikan, Nomor 2, (2016), hal 3.

Dythia Novianthy, Dicky Prastya “Turnament M3 MLBB paling banyak ketimbang the internasional 10 dota 2” https://www.suara.com/tekno/2021/12/21/111318/turnamen-m3-mobile-legends-paling-banyak-ditonton-ketimbang-the-international-10-dota-2

Efa Nur Cholis, Djoko Wijono “Pengaruh Motivasi Ekternal dan Motivasi Internal Terhadap Kinerja Karyawan Pada TK Budi Mulia dua Pandeansari” Jurnal Maksipereneur, Vol III, No 2.

Eka Rusnani Fauziyah “pengaruh game online terhadap perubahan perilaku anak SMP Negeri Samboja” jurnal vol 1 vol 1 nomor 3 2013.

Erizal Novrialdy. “Game online pada remaja : dampak dan pencegahannya” Jurnal Prodi S2 Bibingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Jurnalbuleti psikologi, hal 150

Hadiasaputra “strategi Pemanfaatan Game Online Dalam Medidik Anak Usia Dini” jurnal of Childhoohd, Vol, 5. Nomor 1, Juni 2022 hal 4

Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad, Belajar dengan Pendekatan PAIKEM, (Jakarta: Bumi Aksara, 2016), h. 195

Harvien Amellia, Ikeu Nurhidayah, Rahayu Fitri “Faktor-Faktor Yang Melatarbelakangi Perilaku Adiksi Bermain Game Online Pada Anak Usia Sekolah” Universitas Pajajaran Jurnal Vol 1 2013, “ hl 3

Jhon w. creswell, “Research Design” Pustaka pelajar, edisi keempat,(2016). Hal 261.

Kimberly S. Young, Kecanduan Internet,(Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2017), h. 123.”

Mardiana Yulianti, Imam Syatoto, Suroto,Ending Suprati, Reza. “Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa MTs Matlaul Anwar. Jurnal Pengabdian dharma laksana vol 3, no 1 juli 2020 h, 02

Muhammad Danuri “Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital” jurnal inforkam, nomor II. Tahun 2020 hal 117.

Nyaik Anisa, Asrori, Luhur Wicaksono “Pengaruh Kebiasaan Bermain Game On Line Terhadap Kreativitas Belajar Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Pontianak” Jurnal 2019 Progam Studi Bimbingan Konseling Untan Pontianak

Putri Rachmawati, Pengaruh Motivasi Bermain Game Online MMORPG Dan Dukungan Sosial Terhadap Adiksi Game Online Pada Remaja Di Tangerang. Jurnal of psychology Vol 6 (2018)

Rahmad Nico Suryanto “Dampak Positif Negatif Permainan Game online Dikalangan Pelajar” Jurnal Vol 2, 2015 hal 9

Romadhon Egi Dwi Cahyo, Dampak Game Online Pada Kalangan Remaja Di Kelurahan Sidotopo Wetan Kecamatan Kenjeran Surabaya, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2019. Hal 5

Sintia Anggraini, Sukartono “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar” Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jurnal Basicedu, Vol. 6 No.3 (2022).

Sutirna “Inovasi Pembelajaran Media Untuk Menghentikan Siswa Menjadi Jenuh dan Bosan”jurnal, 2018 hal 2

Syardiansah, “Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mashasiswa Mata Kuliah Pengantar Menejemen (Studi Kasus Mahasiswa tingkat 1 EKM A Semester II) Jurnal Menejemen dan keuangan, vol 5, No. 1, (Mei 2016). Hal 442

Yusufroni Zendrato, hemdika otniel N Harefa “Dampak game online terhadap prestasi belajar siswa” jurnal, Prodi endidikan pancasila dan kewarganegaraan. Universitas Nias. (2022), h-5

PlumX Metrics

Published
2023-12-28