VARIASI STRATEGI PEMBELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTsN 1 PASURUAN
Abstract
The focus of the research in this research was to apply the variations in social science learning strategies for class VIII C at MTsN 1 Pasuruan, how students' responses are during the implementation of variations in social science learning strategies for class VIII C at MTsN 1 Pasuruan, and how students' learning motivation is after implementing variations in social science learning strategies for class VIII C at MTsN 1 Pasuruan. This study used a qualitative descriptive approach, and the data collection techniques were observation, interview, and documentation. The results of the study showed that the implementation of variations in sosial science learning strategies for class VIII C at MTsN 1 Pasuruan could be seen in five learning meetings using different learning strategies. The first meeting used the expository learning strategy of the lecture and question-and-answer method; the second meeting used the cooperative learning media crossword puzzle (TTS) strategy; the third meeting used the discovery learning strategy; the fourth meeting used the Inquiry Learning strategy method of question-and-answer and presentation; and the fifth meeting used the cooperative learning strategy demonstration method. During the implementation of variations in learning strategies, students showed good responses, including being active, enthusiastic, passionate, and delighted. Students' learning motivation also develops well by fulfilling motivational indicators, namely: the desire to succeed, hopes and aspirations for the future, appreciation for learning, encouragement and need for learning, interesting activities, and conducive learning environment
ABSTRAK
Fokus penelitian ini adalah bagaimana penerapan variasi strategi pembelajaran IPS kelas VIII C di MTsN 1 Pasuruan, Bagaimana respon siswa selama penerapan variasi strategi pembelajaran IPS kelas VIII C di MTsN 1 Pasuruan, dan Bagaimana motivasi belajar siswa setelah diterapkannya variasi strategi pembelajaran IPS kelas VIII C di MTsN 1 Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan variasi strategi pembelajaran IPS kelas VIII C di MTsN 1 Pasuruan dapat dilihat dari lima pertemuan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran yang berbeda-beda. Pertemuan pertama menggunakan strategi ekspositori learning metode ceramah dan Tanya jawab, pertemuan kedua menggunakan strategi kooperatif learning media Teka-teki silang (TTS), pertemuan ketiga menggunakan strategi discovery learning, pertemuan keempat menggunakan strategi Inquiry Learning metode Tanya jawab dan presentasi, serta pertemuan kelima menggunakan strategi kooperatif learning metode demonstrasi. Selama penerapan variasi strategi pembelajaran siswa menunjukkan respon yang baik diantaranya aktif, antusias, semangat, dan senang. Motivasi belajar siswa juga berkembang dengan baik dengan memenuhi indikator motivasi yaitu: adanya hasrat dan keinginan berhasil, harapan dan cita-cita masa depan, penghargaan dalam belajar, dorongan dan kebutuhan belajar, kegiatan yang menarik, serta lingkungan belajar yang kondusif.
Downloads
References
Araniri, N. (2018). Kompetensi Profesional Guru Agama Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1, March), 75–83. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v4i1.50
Arti kata variasi - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (n.d.). Retrieved October 23, 2022, from https://kbbi.web.id/variasi
Eli, W. O. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Ekspositori Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII MTs Negeri 4 Buton Selatan. Jurnal Akademik Pendidikan Ekonomi, 6(1). http://refcale.uleam.edu.ec/index.php/enrevista/article/view/1225
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Gustiansyah, K., Sholihah, N. M., & Sobri, W. (2021). Pentingnya Penyusunan RPP untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Mengajar di Kelas. Idarotuna : Journal of Administrative Science, 1(2), 81–94. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i2.10
Istiani, L. D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Together Menggunakan Teka Teki SIlang (TTS) Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Sains.
Mahfiroh. (2022). Menguasai Strategi Pembelajaran. Mutiara Aksara.
Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep Dasar IPS. Samudra Biru.
Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran (A. Daulay (Ed.); Cet.1). Perdana Publishing.
Pratiwi, D. A., Kosilah, Asnawi, Jahja, A. S., Wau, M. P., Suardika, I. K., Movitaria, M. A., Syarifuddin, Utami, I. W. P., Owon, R. A., Sarjono, Agusta, A. R., Najuah, & Sormin, S. A. (2021). Konsep Dasar IPS. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Prihartanta, H. (2015). Teori-teori Motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83).
Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery
Learning Berbasis Scientific Approach. REFLEKSI EDUKATIKA, 6(2). https://doi.org/10.24176/re.v6i2.613
Rahman, S. (2021). Merdeka Belajar Dalam Menyambut Masyarakat Era 5.0. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.
Ramadani, Y. R., Subakti, H., Masri, S., Brata, D. P. N., Salamun, Walukow, D. S., Haeruman, L. D., Sianipar, L. K., Sanjaya, L. A., Fidyallah, N. F., Tantu, Y. R. P., Meganingtyas, D. E. W., Kato, I., & Cecep, H. (2022). Pengantar Strategi Pembelajaran (cet. 1). Yayasan Kita Menulis.
Ratnawati, E. (2016). Pentingnya Pembelajaran IPS Terpadu. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 2(1). https://doi.org/10.24235/EDUEKSOS.V2I1.635
Rifriyanti, E. (2019). Variasi Metode Pembelaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Miftahul Ulum Weding Bonang Demak. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 1. https://doi.org/10.30659/jspi.v2i2.5146
Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran (cet. 7). Alfabeta.
Sanjaya, W. (2017). Paradigma Baru Mengajar. Kencana Prenada Media.
Saputri, B. A., Rais, R., & Setianingsih, E. S. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Melalui Variasi Model dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri Karangmoncol 05 Pemalang. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah., Vol. 2(2), hal. 168-173.
Sardiman, A. . (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.
Sejati, D. J. W., Isnaeni, W., & Saptono, S. (2021). Analysis of High Level Thinking Skills, Character and Skills of Science Process of High School Students in Project Based Learning. Journal of Innovative Science Education, 10(2), 183–192. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise
Setiawati, S. M. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar ? HELPER : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 35(1), 31–46. https://doi.org/10.36456/helper.vol35.no1.a1458
Suardi, M. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Deepublish.
Sugianti, S., Leksono, I. P., & Rohman, U. (2023). Pengaruh Metode Demonstrasi, Diskusi dan Motivasi pada Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 8178–8190. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4168
Suharni. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar SIswa. G-Gouns Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1).
Suryani, D. R., & Lestari, N. (2019). Penggunaan Variasi Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Merauke. Musamus Journal of Mathematics Education, 1(2), 74–79. https://doi.org/10.35724/mjme.v1i2.1376
Sutikno, M. S. (2021). Strategi Pembelajaran (cet. 1). Penerbit Adab.
Syahroni, I. (2021). Dampak Penghargaan Dalam Pembelajaran IPS Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1).
Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan (cet. 14). PT. Bumi Aksara.