FUNSTATION (FUN STATISTICS EDUCATION) SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN STATISTIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • ChusnuL Fadlilah Universitas Negeri Surabaya
  • Dika Dwi Meilina Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Nur Hasanah Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Wachidul Kohar Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Understanding, Statistics, ; Learning Media FUNSTATION (Fun Statistics Education)

Abstract

In the era of the industrial revolution 4.0 and society 5.0, the world's development became very fast and unlimited. Therefore, to face these challenges, it is necessary to have quality human resources who are competent, ready to compete and compete. Quality human resources can be developed through both formal and non-formal education. The better quality of education will encourage the realization of a comprehensive understanding of students so as to form a young generation that is intelligent, critical, creative, innovative and accomplished. The development of quality human resources is needed at all levels of education, one of which is the junior high school level. However, junior high school students still have difficulty in learning statistics. To overcome these difficulties, an innovative product was developed in the form of statistical learning media FUNSTATION (Fun Statistics Education). Development research was conducted to develop FUNSTATION (Fun Statistics Education) statistical learning media based on the ADDIE model (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). The results showed that the assessment met the criteria of validity, practicality and effectiveness. Validity is fulfilled based on an assessment by a media expert lecturer. Meanwhile, practicality and effectiveness were obtained based on the results of questionnaires on junior high school students. The results of the questionnaire and trial test showed that the use of FUNSTATION (Fun Statistics Education) from 10 students stated that it was practical and effective. So it can be concluded that the learning media FUNSTATION (Fun Statistics Education) has met the three assessments that can improve statistical understanding.

ABSTRAK

Pada era revolusi industry 4.0 dan society 5.0 perkembangan dunia menjadi sangat cepat dan tak terbatas. Oleh karena itu untuk menghadapi tantangan tersebut diperlukan kualitas sumber daya manusia yang memiliki kompetensi, siap bersaing dan berkompetisi. Sumber daya manusia yang berkualitas dapat dikembangkan melalui pendidikan baik formal maupun nonformal. Kualitas pendidikan yang semakin baik akan mendorong terwujudnya pemahaman siswa secara komprehensif sehingga terbentuk generasi muda yang cerdas, kritis, kreatif, inovatif dan berprestasi. Pengembangan kualitas sumber daya manusia yang berkualitas diperlukan dalam semua jenjang pendidikan salah satunya jenjang sekolah menengah pertama. Namun, siswa sekolah menengah pertama masih mengalami kesulitan pada materi pembelajaran statistika. Untuk mengatasi kesulitan tersebut dikembangkan produk inovatif berupa media pembelajaran statistika FUNSTATION (Fun Statistics Education). Penelitian pengembangan dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran statistika FUNSTATION (Fun Statistics Education) berdasarkan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Kevalidan dipenuhi berdasarkan penilaian oleh dosen ahli media. Sementara kepraktisan dan keefektifan diperoleh berdasarkan hasil kuesioner pada siswa SMP. Hasil kuesioner dan tes uji coba menunjukkan bahwa penggunaan FUNSTATION (Fun Statistics Education) dari 10 siswa menyatakan praktis dan efektif. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran FUNSTATION (Fun Statistics Education) telah memenuhi ketiga penilaian yang dapat meningkatkan pemahaman statistika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anitah, Sri. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka

Asha K. Jitendra, Danielle N. Dupuis, Anne F. Zaslofsky, 2014. Curriculum-Based Measurement and Standards-Based Mathematics: Monitoring the Arithmetic Word Problem-Solving Performance of Third-Grade Students at Risk for Mathematics Difficulties. Journal Learning Disability Quarterly, 37(4), pp. 241-251.

Arief S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press

Arsyad, Azhar. 2010b. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Astinih. 2020. Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(2): 241-254.

Ayu, Intan S, Pramudya Ikrar dan Setiawa Rubono. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Terhadap Materi Pokok Statistika Ditinjau Dari Kebiasaan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 . Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi Vol.I (4), hlm 1-14

Budiasih, Yanti. 2012. Statistik Untuk Ekonomi dan Bisnis. Tangerang: Jelajah Nusa.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: GAVA MEDIA.Dr. J Raco, M. (2010). Metode Penelitian Kualitatif (Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya). Jakarta: PT Grasindo.

Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. JURNAL E-DuMath, 3(2), 155–163. https://doi.org/10.26638/je.460.2064

Gunawan, Imam. 2013. Statistika Untuk Kependidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. Axiom, VII(1), 18–30.

Heru. (2018). Pengembangan Multimedia Game Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN) .

Hoyles, C., & Lagrange, J. B. , 2010. Mathematics Education and Technology Rethinking the Terrain. New York, NY/Berlin, Germany: Springer.

Mahdayani, R. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Aritmetika, Aljabar, Statistika, dan Geometri. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1).

Ismail, Z. dan Chan, Shiau Wei. 2015. Malaysian Students' Misconceptions about Measures of Central Tendency: An Error Analysis. AIP Conference Proceedings: American Institute of Physics, 1643(93).

Mandailina, V., & Mahsup. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika , 144-147.

Maryati, I. (2017). Analisis Kesulitan Dalam Materi Statistika Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Statistis. Prisma, 6(2), 173–179. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.209

Munir, 2017. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.

Muthy, A. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis media pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di rumah sebagai dampak 2019-nCoV. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN) , 94-103.

Ningrum .S dan Suloco .A. 2013. Statistik Deskriptif. Modul Ajar Statistik Bisnis. [Online]. Tersedia: https://docplayer.info/32200043-statistik-deskriptif- penyajian-data-ukuran-pemusatan-data-ukuran-penyebaran-data.html. Diakses pada 23 Agustus 2019

Nisa, S., & Susanti, E. (2019). Kemampuan Penalaran Statistis Siswa pada Materi Penyajian Data Histogram melalui Pembelajaran PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 21–40.

Nursit, I., 2018. Pengembangan multimedia interaktif berbasis power point (macro-enabled) pada mata kuliah geometri euclid dalam pembelajaran matematika. Jurnal Media Pendidikan Matematika “J-MPM” , 4(1), pp. 38-46.

Rohendi, D., 2012. Developing E-Learning Based on Animation Content for Improving Mathematical Connection Abilities in High School Students. IJCSI International Journal of Computer Science, Issue 9.

Saidi, S. S. dan Siew, N. M. 2019. Assessing Students' Understanding of the Measures of Central Tendency and Attitude towards Statistics in Rural Secondary Schools. international Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 73-86.

Santosa .P.B dan Hamdani .M. 2007. Statistik Deskriptif dalam Bidang Ekonomi dan Niaga. Semarang: Erlangga.

Saputro, T. A., Kriswandani, & Ratu, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mengunakan Aplikasi Construct 2 Pada Materi Aljabar Kelas VII. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika , 01-08.

Sholiha, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis K Esulitan S Iswa Dalam P Roses P Emecahan M Asalah. Jurnal “Mosharafa,” 6(2), 287–298.

Sudjana. 2015. Metoda Statistika. Bandung : tarsito

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuatitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman, M. U., 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yenni. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Statistika Untuk Mengembangakan Kemampuan Pemahaman

Matematis Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Pada Mata Kuliah Statistika. Journal Of Mathematics Education, Science And Technology, 2(1), 90– 102

Yusmin, E. (2016). Kesulitan Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika (Rangkuman dengan Pendekatan Metaethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2119–2136.

PlumX Metrics

Published
2022-02-03