APLIKASI DESMOS DALAM PENYELESAIAN MASALAH TRIGONOMETRI

  • Rosyadatul Muawanah Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Billfath, Indonesia
  • Zakkyatun Nisak Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Billfath, Indonesia
  • Irfa Nurfaidatul Maghfiroh Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Billfath, Indonesia
  • Ahmad Isroil Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Billfath, Indonesia
Keywords: Desmos, Persamaan Tigonometri, Trigonometri, Matematika;, Penyelesaian Masalah

Abstract

The digital era demands all forms of activity, especially in learning which must be done quickly, effectively, and efficiently, with the use of the latest technology. In the current era of technological reform 4.0, various information can be obtained in a short time through smart devices with certain applications, one of which is an application to solve web-based simple trigonometric equation problems. Solving trigonometric equation problems requires a careful and complex calculation effort to get the right result. Therefore, in this article the author describes an application for solving trigonometric equation problems effectively, quickly, and accurately using the Desmos application which can be accessed online. The application can be an alternative media for learning by Mathematics teachers in conveying material related to graphics or images and which require high abstraction. 

ABSTRAK

Era digital menuntut segala bentuk aktivitas terutama dalam pembelajaran yang dimana harus dikerjakan dengan cepat, efektif, dan efisien, dengan pemanfaatan teknologi yang mutakhir. Pada era reformasi teknologi 4.0 saat ini, berbagai informasi dapat diperoleh dalam waktu yang singkat melalui perangkat pintar dengan aplikasi tertentu, salah satunya adalah aplikasi untuk menyelesaikan masalah persamaan trigonometri sederhana yang berbasis web. Penyelesaian masalah persamaan trigonometri memerlukan suatu usaha perhitungan yang teliti dan kompleks untuk mendapatkan hasil yang sesuai. Oleh karena itu, pada artikel ini penulis menguraikan sebuah aplikasi untuk penyelesaian masalah persamaaan trigonometri secara efektif, cepat, dan akurat dengan menggunakan aplikasi desmos yang dapat diakses secara online. Aplikasi tersebut dapat menjadi media alternatif pembelajaran oleh guru Matematika dalam menyampaikan materi yang berkaitan dengan grafik atau gambar dan yang membutuhkan abstraksi yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ebert, D. (2015). Graphing Projects with Desmos. The Mathematics Teacher, 108(5), 388-391.

Isroil, A., Budayasa, I. K., & Masriyah. (2017). Profil Berpikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(2), 93-105. doi:https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.2.93-105

Isroil, A., Sukiyanto, & Pujiono. (2020). Proses Berpikir Siswa Madrasah Aliyah dalam Membuat Peta Konsep Turunan Ditinjau dari Gaya Belajar Visual, Auditori dan Kinestetik. Cendekia, 143-154.

Jacko, Julie, A., & Sears, A. (2003). Handbook of Research on Ubiquitous Computing . CRC Press.

Papanastasiou, E. C., & Angeli, C. (2008). Evaluating the Use of ICT in Education: Psychometric Properties of the Survey of Factors Affecting Teachers Teaching with Technology (SFA-T3). Educational Technology & Society, 11(1), 69-86.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

PlumX Metrics

Published
2022-02-24