JAPANESE MULTIPLICATION METHODE (JAMED) SOLUSI PERKALIAN MASA KINI

  • Fiqhan Khoirul ‘Alim UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Adinda Febriana Saputri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Adib Risqy UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Pembelajaran, Perkalian

Abstract

Mathematics has become a frightening specter for students from elementary, middle, to upper levels. Some of them think that mathematics can only be done by a genius. In fact, mathematics is an exact science that can be seen, predicted and answered without resorting to complex reasoning. One of the problems that often occurs is learning in multiplication material which has been done by relying on memorization and calculations using multiplication. The difficulty experienced is because students are required to memorize unit multiplication. In dealing with these problems, the author proposes a multiplication method design using a line drawing technique, namely the Japanese Multiplication Method (JAMED). JAMED is a learning innovation that adopts the Japanese way of teaching. This method teaches children how to calculate multiplication using lines. This is done to make it easier for elementary school students to understand multiplication and apply it without using the memorization method.

ABSTRAK

Matematika telah menjadi momok menakutkan bagi kalangan pelajar mulai dari tingkat dasar, menengah, hingga jenjang atas. Beberapa diantara mereka berpikir bahwa matematika hanya dapat dikerjakan oleh seseorang genius saja. Faktanya, matematika merupakan ilmu pasti yang dapat dilihat, diprediksi dan dijawab tanpa menggunakan penalaran yang begitu rumit. Salah satu problematika yang kerap terjadi adalah pembelajaran pada materi perkalian yang selama ini dilakukan dengan mengandalkan hafalan serta perhitungan menggunakan perkalian bertingkat. Kesulitan yang dialami dikarenakan pelajar diharuskan untuk menghafal perkalian satuan. Dalam menghadapi problematika tersebut, penulis mengemukakan sebuah rancangan metode perkalian dengan menggunakan teknik menggambar garis yakni Japanese Mulptiplication Methode (JAMED). JAMED merupakan inovasi pembelajaran yang mengadopsi cara pengajaran di Jepang. Metode ini mengajarkan anak bagaimana cara menghitung perkalian dengan menggunakan garis. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah siswa sekolah dasar dalam memahami perkalian dan mengaplikasikannya tanpa menggunakan metode menghafal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayah, Nur. (2016). Pengaruh Penggunaan Teknik Cross-Line Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Perkalian Kelas III SDN Cempaka Putih 01 Ciputat Tahun Ajaran 2016-2017, Skripsi (Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah).

Zharfa Nur Fajrina. (2018) Pengaruh Penggunaan Teknik Cross-Line terhadap Kemampuan Representasi Matematis pada Materi Perkalian Kelas III SD Al-Zahra Indonesia (Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,)

Ramlah. Firmansyah, Dani. dan Zubair, Hamzah.(2014). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. (Karawang: Jurnal Pendidikan)

As‟adie, Basuki.(2009) Desain Pembelajaran Berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). (Ponorogo: STAIN Press)

Fugisawa Rikitarou, Sugaku Kyoujyuhou Kougi Hikki, Dainihonn Tosyo, 1900.

Rusmania, Nia. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Bilangan Ali dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas II SDN Kalipucang Bantul, Skripsi (Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta).

Hidayah, Nur. (2016). Pengaruh Penggunaan Teknik Cross-Line Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Perkalian Kelas III SDN Cempaka Putih 01 Ciputat Tahun Ajaran 2016-2017, Skripsi (Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah).

Zharfa Nur Fajrina. (2018) Pengaruh Penggunaan Teknik Cross-Line terhadap Kemampuan Representasi Matematis pada Materi Perkalian Kelas III SD Al-Zahra Indonesia (Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,)

Ramlah. Firmansyah, Dani. dan Zubair, Hamzah.(2014). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. (Karawang: Jurnal Pendidikan)

As‟adie, Basuki.(2009) Desain Pembelajaran Berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). (Ponorogo: STAIN Press)

Fugisawa Rikitarou, Sugaku Kyoujyuhou Kougi Hikki, Dainihonn Tosyo, 1900.

Rusmania, Nia. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Bilangan Ali dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas II SDN Kalipucang Bantul, Skripsi (Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta).

PlumX Metrics

Published
2022-02-24