APLIKASI WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI MTs MUHAMMADIYAH SRUMBUNG, KABUPATEN MAGELANG

  • Erna Lisnawati Universitas Mercubuana Yogyakarta
  • Arie Purwanto
Keywords: WhatsApp, Media Pembelajaran, Pembelajaran Daring

Abstract

Teknologi telah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mempermudah dalam melakukan segala hal yang dilakukan oleh manusia, seiring dengan peningkatan teknologi pada HandPhone canggih yang semakin diminati oleh masyarakat umum, penggunaan berbagai jenis media sosial berbasis web juga semakin berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran yang menggunakan aplikasi WhatsApp di MTs Muhammadiyah Srumbung. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di MTs Muhammadiyah Srumbung yang menggunakan aplikasi WhatsApp untuk melaksanakan pembelajaran, instrumen pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, hasil dari penelitian ini diperoleh penggunaan aplikasi WhatsAp di MTs Muhammadiyah Srumbung masih mengalami kendala karena siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, sebagian besar siswa sudah bisa menggunakan aplikasi ini namun untuk hal lain bukan fokus untuk mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan secara daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Amin, Y., & Murtiyasa, B. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 5(1). https://doi.org/10.30659/kontinu.5.1.49-65

Anugrahana, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Kognitif Dan Kesulitan Belajar Matematika Konsep “Logika” Dengan Model Pembelajaran Daring. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1). https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p37-46

Arikunto, S. (2016). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa MIN Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1). https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636

Charmaz, K., & Thornberg, R. (2021). The pursuit of quality in grounded theory. Qualitative Research in Psychology, 18(3). https://doi.org/10.1080/14780887.2020.1780357

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, XV(II).

Dewi, W. S., Maimunah, M., & Roza, Y. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Materi Geometri Kelas VII SMP Kota Pekanbaru. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.624

Faqih, M. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Dalam Pembelajaran Puisi. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2). https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4556

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Masa Pandemi Covid 19. Tematik, 7(1). https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369

Miles, M., & Huberman, A. (2014). Miles and Huberman. In Qualitative Data Analysis: An expanded sourcebook.

Moleong, L. J. (2019). Moleong. Metode Penelitian Kualitatif.

Rahmah, D. A., & Abadi, A. P. (2019). Kesulitan Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019.

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2). https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sari, D. A., Misbah, H., & Ridwan, I. Q. (2020). Peran guru dalam membuat model pembelajaran daring yang inovatif dan kreatif terhadap motivasi belajar siswa. Seminar Nasional Pengambdian Masyarakat LPPM UMJ.

Shidik, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Terhadap. June.

Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D.

Sulistiani, I., Santoso, & Ulya, H. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4).

Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020). TANTANGAN PEMBELAJARAN DARING DI INDONESIA. In Journal of Islamic Education Management Oktober (Vol. 2020, Issue 2).

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1). https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252

Utomo, K., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid19. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.29923

Wasiah, U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Smp Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3). https://doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp307-317

Published
2022-07-31