EKSPLORASI POLA BARISAN ARITMETIKA DALAM TARIAN HADRAH

  • Atiqotur Royyani UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Marhayati Marhayati UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Imam Rofiki
Keywords: Pola Barisan, Aritmetika, Tarian, Hadrah, Sequence pattern, Arithmetic, Dance

Abstract

English:

This research aims to describe the concept of the arithmetic sequence pattern in the Hadrah dance performed by the Bangeran village community. This research is a qualitative research with an ethnographic approach with the research subjects are Hadrah art performers in Bangeran village and the object of research is Hadrah dance. The technique used to collect data in this study consisted of three ways, namely observation, interviews, and documentation. While, the data analysis technique used is the data analysis technique of Miles and Huberman which includes data reduction, data exposure, and drawing conclusions. Results of the study was showed that there was a mathematical concept contained in the Hadrah movement, namely the concept of an arithmetic sequence pattern. This concept is used to find how many dance terms a movement occurs in the nth repetition. The formula for finding the terms of a movement that occurs on the nth repetition is to determine movement one = 7n-6, movement two = 7n-5, movement three = 7n-4, movement four = 7n-3, movement five = 7n- 2, movement six = 7n-1, and movement seven = 7n.

Indonesian:

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pola barisan aritmetika pada tarian Hadrah yang dilakukan oleh masyarakat desa Bangeran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi dengan subjek penelitian merupakan pemain kesenian Hadrah di desa Bangeran dan objek penelitiannya adalah tarian Hadrah. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini terdiri atas tiga cara, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya konsep matematika yang terdapat dalam gerakan Hadrah, yaitu konsep pola barisan aritmetika. Konsep ini digunakan untuk mencari suku tarian ke berapa suatu gerakan terjadi pada pengulangan ke-n . Diperoleh rumus untuk mencari suku suatu gerakan yang terjadi pada pengulangan ke-n  adalah untuk menentukan gerakan satu = 7n - 6 , gerakan dua = 7n - 5, gerakan tiga = 7n - 4, gerakan empat = 7n - 3, gerakan lima = 7n - 2, gerakan enam = 7n - 1, dan gerakan tujuh = 7n.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinawan, C. (2016). Matematika SMP/MTs jilid 2A kelas VIII semester I. Penerbit Erlangga.

Aziz, F. (2006). Seni hadrah di kalangan warga Nahdliyin Jawa Timur 1959 - 1985. Universitas Airlangga.

Budiarto, M. T., & Setianingsih, R. (2019). Ethnomatematika budaya Jawa Timur. Zifatama Jawara.

Destrianti, S., Ramadhani, S., & Ariyanto, T. (2019). Etnomatematika dalam seni tari Kejei sebagai kebudayaan Rejang Lebong. Jurnal Equation, 2(2), 116–132.

Dewi, L. I. P., Hartawan, I. G. N. Y., & Sukajaya, I. N. (2019). Etnomatematika dalam tari Bali ditinjau dari klasifikasi tari Bali. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(1), 39–48.

Naja, F. Y., Mei, A., & Sa’o, S. (2021). Eksplorasi konsep etnomatematika pada gerak tari tradisional suku Lio. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1836–1847.

Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2020). Ethnomathematics (matematika dalam perspektif budaya). Uwais Inspirasi Indonesia.

Sa’adah, N., Haqiqi, A. K., & Malasari, P. N. (2021). Etnomatematika gerakan tari Kretek Kudus pada pembelajaran matematika. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 3(1), 58–71.

Salsabilah, Q. N., & Indrawati, D. (2021). Eksplorasi tari Remo untuk literasi matematika sekolah dasar. JPGSD, 9(8), 3134–3144.

Siregar, A. J. (2016). Student engagement dan parent involvement sebagai prediktor prestasi belajar matematika siswa SMA Yogyakarta. Indigenous, 1(1), 61–73.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA CV.

Zayyadi, M., & Halim, D. (2020). Etnomatematika budaya Madura (budaya Madura dan matematika). Duta Media Publishing.

Published
2022-07-31