APLIKASI METODE PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS (PCA) PADA ANALISIS PENGARUH SIKAP MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI TADRIS MATEMATIKA UIN MALANG

  • Fawaidul Badri Universitas Islam Malang
Keywords: PTAI; PTN; PCA; Eigenvalues; Komponen

Abstract

Masa depan suatu bangsa tergantung pada seberapa baik kualitas pendidikan dan sumber daya manusia bangsa tersebut. Perguruan tinggi sebagai salah satu bagian penting dalam dunia pendidikan yang mengemban tanggung jawab dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi sikap mahasiswa memilih melanjutkan studi pada Program Studi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya kesenjangan yang signifikan antara peminat PTN dan PTAI serta kurangnya minat mahasiswa terhadap Perguruan Tinggi Islam menjadi sangat menarik untuk dijadikan bahan kajian penelitian untuk mengetahui hal-hal yang menjadi ertimbangan mahasiswa dalam memilih Program Studi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang digunakan telah memenuhi uji asumsi validitas, reliabilitas, kecukupan dan kelayakan data sehingga dapat dilanjutkan pada analisis selanjutnya yaitu menggunakan analisis faktor menggunakan PCA. Semua variabel yang terdapat dalam penelitian ini memiliki nilai ekstraksi lebih dari 50%, sehingga dapat disimpulkan semua variabel yang digunakan dapat menjelaskan faktor-faktor tersebut. Pada bagian kolom “% of variance”, karena nilai eigenvalues yang ditentukan adalah 1, maka nilai yang akan diambil memiliki eigenvalues lebih besar dari 1, ada komponen 1, komponen 2, komponen 3, komponen 4, dan komponen 5. Jika menggunakan 5 komponen maka total faktor yang dapat menjelaskan varians adalah sebesar 20,011% + 19,692% + 15,935% + 14,632% + 10,745% = 81,015%.

Kata Kunci: PTAI; PTN; PCA; Eigenvalues; Komponen

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Wangge, “Penerapan Metode Principal Component Analysis (PCA) Terhadap Faktor-faktor yang Mempengaruhi Lamanya Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNDANA,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 974–988, 2021.

B. T.A, Confirmatory factor analysis for applied research. NewYork.: The Guilford Press, 2006.

E. James F, B. Rogre D, and M. Paul W, Perilaku Konsumen. Jakarta: Binaputra Aksara, 1994.

R. A and P. D. E, “Analisis Faktor Penghambat Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar.,” J. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 10, pp. 101–114, 2019.

G. V, Teknik Analisis dalam Penelitian Percobaan. Bandung: Tarsito, 1992.

F. Elfira, “Penerapan Analisis Faktor dalam Menentukan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa dalam Memilih Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar,” Msa, vol. 3, no. 1, pp. 29–36, 2014.

M. C. Utami, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dosen Dalam Melanjutkan S3 Dengan Metode Principal Component Analysis (Studi Kasus: Program Studi Si/Ti Fst Uin),” J. Sist. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 1–7, 2013.

P. D and S. A. R, “Perbandingan Metode Principal Component Analysis (PCA) dengan Metode Hidden MarkovModel (HMM) dalam Pengenalan Identitas,” J. Inform., vol. 2, no. 3, pp. 68–81, 2015.

P. B. E. and S. T, “Analisis Principal Component Analysis (PCA) Untuk Mereduksi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Kulit Kikil Sapi.,” in Prosiding Seminar & Konferensi Nasional IDEC, 2019, p. C01.1-C01.10.

M. Z. Nasution, “PENERAPAN PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS (PCA) DALAM PENENTUAN FAKTOR DOMINAN YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus : SMK Raksana 2 Medan),” J. Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, p. 41, 2019.

M. Jamaris, “SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Analysis untuk Menentukan Minat Calon Mahasiswa Masuk,” Satin, vol. 5, no. 2, 2019.

J. I, “Dampak Penerapan Principal Component Analysis ( Pca ) Dalam Clustering Curah Hujan Di Pulau Jawa ,Bali , Dan Lombok [ Impact of Principal Component Analysis ( Pca ) Implementation on Rainfall Clustering Over Java , Bali and Lombok Islands ].,” J. Sains Dirgant., no. 11, pp. 97–108, 2014.

S. W. A, A. F, H. A, and H. S, “Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa S1 Psikologi Di Kota Semarang,” J. Penelit. Pendidik., vol. 2, no. 34, pp. 155–160, 2017.

M. D. F, Multivariate Statistical Methods. New York: McGraw-Hill International Book Company, 1976.

N. M. Z, “PENERAPAN PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS (PCA) DALAMPENENTUAN FAKTOR DOMINAN YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus : SMK Raksana 2 Medan).,” J. Teknol. Inf., vol. 1, no. 3, p. 41, 2019.

W. DW and J. R.A, Applied Multivariate Statistical Analysis. New Jersey: Englewood Chiffs Prentice Hall, 1992.

L. L, Kupper, D. G, and Kleinbaum, Applied Regression Analysis and Other Multivariable Methods. Massachuset: Duxbury Press, 1978.

PlumX Metrics

Published
2022-12-21