EKSPLORASI KONSEP PELUANG PADA PERMAINAN TIGA DARA DI DESA GUNUNGSARI KECAMATAN BUMIAJI KOTA BATU

  • Nur Aulia Jadidah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Etnomatematika; Peluang; Permainan Tiga Dara

Abstract

The purpose of this study, namely: 1) to know briefly about the game of three virgins. 2) to find out the exploration of the concept of opportunity that exists in the game of three virgins. This research is qualitative research using a descriptive approach (qualitative research). The data collection techniques in this study used interviews, field records, documentation data, and other documentation. The result of this study is that the game "three dara" is a game played by 2 players on a flat background measuring 50 cm x 50 cm. Where in this game "three dara" there is a concept of opportunity when playing every step.

Keywords: Ethnomatematics, Chance, Game of Three Dara

 ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) untuk mengetahui secara singkat mengenai permainan tiga dara. 2) untuk mengetahui eksplorasi konsep peluang yang ada pada permainan tiga dara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif (qualitative research). Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, catatan lapangan, data hasil dokumentasi, dan dokumentasi lainnya. Hasil dari penelitian ini adalah permainan “tiga dara” merupakan permainan yang dimainkan oleh 2 pemain di atas latar datar yang berukuran 50 cm x 50 cm. Dimana pada permainan “tiga dara” ini terdapat konsep peluang saat bermain disetiap langkahnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewantara, K. H. (1994). Kebudayaan. Yogyakarta: Penerbit Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.
Nasional, D. P. (2000). Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI). Jakarta: Balai Pustaka.
Soemardi, S. S. (1964). Setangkai Bunga Sosiologi. Jakarta: Yayasan Badan Penerbit Fakultas Ekonomi.
Yunus, A. (ed). (1980/1981). Permainan Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebuadyaan Daerah. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Dharmamulya, S. (2008). Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta: Kepel Press

PlumX Metrics

Published
2023-05-27