Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis dengan Pembelajaran RME dan Pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada Siswa Kelas XI MAN Sumenep

  • Thibbi Imroah Muhsinah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Arini Mayan Fa'ani Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Kemampuan Representasi Matematis; Pembelajaran RME; Pembelajaran Kooperatif tipe STAD

Abstract

Mathematical representation ability refers to students' skills in conveying mathematical concepts through images, symbols, tables, or other forms of representation. To improve this ability, effective learning strategies are needed. The purpose of this study was to see the comparison of students' mathematical representation ability between RME learning and STAD type cooperative learning in MAN Sumenep. This research applies quantitative methods with experimental approaches and Pretest-Posttest Control Group Design. The initial evaluation and final evaluation data were analyzed using the One Way Anova test. From the results of the analysis conducted shows that the value of Sig. is 0.000, which means the value is lower than 0.05. These results illustrate a significant difference in the ability of mathematical representation. So it can be concluded that there is a comparison of mathematical representation ability with RME learning and STAD type cooperative learning in grade XI students of MAN Sumenep.

ABSTRAK

Kemampuan representasi matematis mengacu pada keterampilan siswa dalam menyampaikan konsep matematika melalui gambar, simbol, tabel, atau bentuk representasi lainnya. Unutuk meningkatkan kemampuan ini, diperlukan strategi pembelajaran yang efektif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat perbandingan kemampuan representasi matematis siswa antara pembelajaran RME dan pembelajaran kooperatif tipe STAD di MAN Sumenep. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan Pretest-Posttest Control Group Design. Data hasil tes awal dan tes akhir dianalisis menggunakan uji Anova Satu Jalur. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai adalah , yang berarti nilainya lebih rendah dari . Hasil tersebut menggambarkan adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan representasi matematis. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ada perbandinga kemampuan rekresentasi matematis dengan pembelajaran RME dan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI MAN Sumenep.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditiya, A. (2014). Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPIT Ruhama Depok. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Agustina, T. B., & Sumartini, T. S. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model STAD dan TPS. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 315–326.

Aini, K. (2008). Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Stad (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Pemahaman Uang Dan Perbankan Pada Siswa Kelas X-I MAN I Situbondo. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Aisyah, A. S. N., & Madio, S. S. (2021). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Pendekatan Konstekstual dan Matematika Realistik. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 363–372. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1268

Amna, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Tipe STAD Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Pada Siswa SMP. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Dwirahayu, G., Sandri, M., & Kusniawati, D. (2020). Inquiry Based Rme Terhadap Kemampuan Representasi Matematik Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 45. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.45-58

Fariz, I. N., & Gusrayani, D. (2017). Pengaruh Pendekatan Rme Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 751–760.

Fauzan, A., & Yerizon. (2013). Pengaruh Pendekatan RME dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemamampuan Matematis Siswa. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 7–14.

Halim, E. A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Konsep Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Barombong Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hardianti, S. R., Nia, K., & Effendi, S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Kelas XI. 4(5), 1093–1104. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1093-1104

Hartono, Firdaus, M., & Sipriyanti. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Dalam Materi Fungsi Dengan Pendekatan Open Ended Pada Siswa Kelas VIII MTS Sirajul Ulum Pontianak. Eksponen, 9(1), 9–20.

Herdiman, I., Jayanti, K., Pertiwi, K. A., & Naila N., R. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Elemen, 4(2), 216. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.539

Holisin, I. (2007). Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Didaktis, 3(3), 1–68. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/viewFile/255/199

Mufidati, L. I. A. I. (2019). Efektivitas Cooperative Learning Tipe Stad Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Di Kelas V MI Ma ’ Arif Nu 01 Karangklesem , Pekuncen , Banyumas. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Permendikbud. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Internatinal Science, 5, 1–238.

Purnama, R. N., Kusmaryono, I., & Basir, M. A. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Al Fattah Semarang. 3(1), 23–36.

Putri, R. S. P., & Munandar, D. R. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Pemecahan Soal Matematika pada Materi Bilangan Bulat dan Pecahan. Sesiomadika, Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1a), 267–284.

Rahmadian, N., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan representasi matematis dalam model pembelajaran somatic, auditory, visualization, intellectually (SAVI). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28940

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.49

Setianto, I. E., & Risnanosanti. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Pembelajaran RME dan CTL pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(3), 175–181. https://doi.org/10.35719/mass.v1i3.50

Setyawati, R. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Klari Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2021/2022 Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Pada Materi Segi Empat. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Silviani, E., Mardiani, D., & Sofyan, D. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 483–492. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1011

Siregar, H. S., & Harahap, M. S. (2019). Efektivitas Kemampuan Representasi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di SMA Negeri 1 Angkola Timur. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(1), 7–18. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/610

Slavin, R. E. (2005). COOPERATIVE LEARNING Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media.

Subchan, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions ( Stad ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII. Universitas Pasir Pengaraian.

Sutisna, A. P., & Subarjah, H. (2016). Meningkatkan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Tematik Dengan RME [Improving Mathematical Understanding Through Thematic Approaches With RME]. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 31–40.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754

Wulansari, D. (2019). Pengaruh Penerapan Pendekatan Rme (Realistic Mathematics Education) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self Concept (Konsep Diri) Siswa SMP Negeri 32 Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Yulia, A., Juwandani, E., & Mauliddya, D. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Learning. Snipmd, 3, 223–227.

PlumX Metrics

Published
2024-01-02