Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/gjppm <p><strong>Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika</strong>&nbsp;adalah sarana komunikasi dan publikasi ilmiah yang berasal dari hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, baik literatur (library research) maupun lapangan (field research), dengan berbagai pendekatan. Jurnal ini&nbsp;terbit dua kali dalam setahun di bulan Januari-Juni dan Juli-Desember. Bahasa yang digunakan adalah Indonesia dan Inggris.&nbsp;<strong>Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika</strong>&nbsp;dikelola oleh Program Studi Tadris Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.</p> <p><strong>Journal Template:</strong> <a href="https://docs.google.com/uc?export=download&amp;id=1jMoOqRbNUHf-jJYK57NuS_H_u9ScFw84" target="_blank" rel="noopener">Download Here</a></p> <p><strong>E-ISSN: <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20220306231710239" target="_blank" rel="noopener">2828-8386</a></strong></p> en-US galois@uin-malang.ac.id (Sulistya Umie Ruhmana Sari) galois@uin-malang.ac.id (Umi Ma'rifatul Wahidah) Tue, 02 Jan 2024 09:47:54 +0700 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis dengan Pembelajaran RME dan Pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada Siswa Kelas XI MAN Sumenep http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/gjppm/article/view/6901 <p>Mathematical representation ability refers to students' skills in conveying mathematical concepts through images, symbols, tables, or other forms of representation. To improve this ability, effective learning strategies are needed. The purpose of this study was to see the comparison of students' mathematical representation ability between RME learning and STAD type cooperative learning in MAN Sumenep. This research applies quantitative methods with experimental approaches and Pretest-Posttest Control Group Design. The initial evaluation and final evaluation data were analyzed using the One Way Anova test. From the results of the analysis conducted shows that the value of Sig. is 0.000, which means the value is lower than 0.05. These results illustrate a significant difference in the ability of mathematical representation. So it can be concluded that there is a comparison of mathematical representation ability with RME learning and STAD type cooperative learning in grade XI students of MAN Sumenep.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Kemampuan representasi matematis mengacu pada keterampilan siswa dalam menyampaikan konsep matematika melalui gambar, simbol, tabel, atau bentuk representasi lainnya. Unutuk meningkatkan kemampuan ini, diperlukan strategi pembelajaran yang efektif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat perbandingan kemampuan representasi matematis siswa antara pembelajaran RME dan pembelajaran kooperatif tipe STAD di MAN Sumenep. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan <em>Pretest-Posttest Control Group Design</em>. Data hasil tes awal dan tes akhir dianalisis menggunakan uji Anova Satu Jalur. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai adalah , yang berarti nilainya lebih rendah dari . Hasil tersebut menggambarkan adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan representasi matematis. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ada perbandinga kemampuan rekresentasi matematis dengan pembelajaran RME dan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI MAN Sumenep.</p> Thibbi Imroah Muhsinah, Arini Mayan Fa'ani ##submission.copyrightStatement## http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/gjppm/article/view/6901 Tue, 02 Jan 2024 09:45:19 +0700