PENGABDIAN MUSYRIFAH SEBAGAI BENTUK CERMINAN GENERASI BERKEPRIBADIAN ULUL ALBAB DI UIN MALIKI MALANG

  • Alfina Rosyada UIN Malang
Keywords: ulul albab, musyrifah, university student

Abstract

The personality problems faced by the millennial generation today are very concerning, including not focusing on learning, easily disturbed emotions, pornography, promiscuity. As a solution offer is the internalization of the personality values ​​of ulul albab, namely through the practice of dhikr, thought, and good deeds. The representation of the ulul albab's personality makes it possible to overcome the current moral crisis. The uniqueness of the millennial ulul albab generation is that they are skilled in accessing digital technology, as well as having solid religious values. The purpose of the research is to explain the implementation from pesantren activities, especially ma'had by presenting inspirational figures, describing the daily lives of the figure who can be used to be a model, and knowing achievements of the figure who reflect personal of ulul albab. The research was conducted through interviews with resource persons who had more closeness with the figure. The method of this research was carried out qualitatively because this research was carried out by going directly to the range. The results of the research concluded that living in the ma'had especially the pesantren could not guarantee the person could apply and practice what they had obtained in there. All return to yourself how to receive it.

 

Abstrak

Problematika kepribadian yang dihadapi generasi millenial saat ini sangat memprihatinkan, diantaranya adalah tidak fokus pada belajar, emosinya mudah terganggu, pornografi, pergaulan bebas. Sebagai tawaran solusi adalah internalisasi nilai kepribadian ulul albab, yaitu melalui pengamalan dzikir, fikir, amal soleh. Representasi kepribadian ulul albab memungkinkan bisa mengatasi krisis moral yang sedang terjadi saat ini. Keunikan yang dimiliki generasi millenial ulul albab ialah terampil dalam mengakses teknologi digital, sekaligus mempunyai prinsip nilai agama yang kokoh. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengimplementasian dari kegiatan pesantren, khususnya ma'had dengan cara memaparkan sosok tokoh inspirasi, mengetahui organisasi tokoh yang pernah dan sedang ia ikuti saat ini, menjabarkan keseharian tokoh yang dapat dijadikan sebagai teladan, dan mengetahui prestasi tokoh yang mencerminkan pribadi ulul albab. Penelitian dilaksanakan melalui cara wawancara dengan narasumber yang memiliki kedekatan lebih dengan tokoh. Metode penelitian ini dilakukan secara kualitatif karena penelitian ini dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tinggal di ma'had apalagi pondok pun tidak bisa menjamin seseorang itu dapat menerapkan dan mengamalkan apa yang telah mereka peroleh disana. Semua kembali kepada diri sendiri bagaimana cara menerimanya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, R. (2012). Kepribadian Ulul Albab: Citra Diri dan Religiusitas Mahasiswa di Era Globalisas. http://repository.uin-malang.ac.id/414/

Bandung, D. T., & Belani, I. Y. (2017). Pengaruh Kinerja Musyrif Terhadap Motivasi Belajar Peserta Lansia (Survey pada Peserta Lansia di Pesantren Masa Keemasan Daarut Tauhid Bandung, 2016). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(1), 106–120.

Basid, A. (2012). Ulul albab sebagai sosok dan karakter saintis yang paripurna. PROSIDING : Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, Vol 1, No, 281–291.

Basyar, K. (2020). Strategi Musyrif Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan dan Kemandirian Siswa Boarding School. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 11. https://doi.org/10.32493/jpkn.v7i1.y2020.p11-26

Basyar, M. K. (2020). Membentuk Karakter Kepemimpinan dan Kemandirian pada Siswa Boarding School dengan Strategi Musyrif. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(2), 120–136. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i2.1375

Faozan, F. A., Maya, R., & Sarifudin. (2019). Peran Pembimbing Asrama (Musyrif) Dalam Meningkatkan Disiplin Beribadah Santri Di Ma’Had Huda Islami (Mhi) Tamansari Kabupaten Bogor. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 77–88. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ppai/article/view/529

Khaerani, izzah faizahst rusydati. (2014). PEMIMPIN BERKARAKTER ULUL ALBAB Izzah Faizahst Rusydati Khaerani 1. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan Islam Multikultural, 1. http://digilib.uinsgd.ac.id/3960/1/izzah-.pdf

Malang, I. (n.d.). PENERAPAN WEIGHTED PRODUCT UNTUK MENENTUKAN MUSYRIF- MUSYRIFAH MA ’ HAD SUNAN AMPEL AL -ALY UIN MAULANA MALIK Bobot Tingkat Kepentingan Sangat Tinggi Tinggi Cukup Cukup Rendah Sangat Rendah Kemampuan Bahasa Atas Menengah Dasar Variabel Sangat Tinggi Cukup Rendah Nilai Pada tabel ( 5 ) ini menjelaskan bobot dari kriteria kemampuan bahasa sesuai dengan tabel ( 1 ). 44–52.

Munir, M. (2018). John Naisbitt, Et. All. High Tech High Touch (Jakarta: Pustaka Mizan, 2002). Lihat juga Zuhal, Visi Iptek Memasuki Milenium III (Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesi Pers, 2000). 1. Ta’Limuna., 7(1), 45–59.

Syifa, I. (2019). Tadrisuna Tadrisuna. Jurnal Pendidikan Islam Dan Kajian Islam, 2(1), 1–13.

PlumX Metrics

Published
2022-02-22