MOTIVASI PENGGUNAAN TAS SAMPAH DI SDN KENDALPAYAK: Analisis Tindakan Sosial Teori Max Weber

  • Fatichatul Afifah UIN MALANG - PGMI
Keywords: Garbage Bag, Max Weber Theory, Social Action

Abstract

The waste problem is still a complicated problem and in the end will have a major impact on public health and the environment. The increase in the amount of waste that is not balanced with good waste management in the environment can cause environmental pollution. Especially in the school environment, waste management requires serious focus and it is hoped that schools can create a system to minimize the impact of littering. The research method used is a qualitative approach and the techniques used in this research to collect data are interviews, observation, and documentation. Efforts to train students to be disciplined in disposing of garbage in its place to minimize waste in their environment, at SDN Kendalpayak Malang apply the use of a trash bag for each student made of cloth that has been facilitated by the school for each student from lower class to upper class, with the aim of being able to train students not to litter and so that it can become a habit in their daily lives. This activity can be related to Max Weber's theory of social action, in which the act of applying the use of garbage bags is included in one of the social actions that have predetermined motives and goals from the school.

 

Abstrak

Masalah sampah sampai saat ini masih menjadi masalah yang rumit dan pada akhirnya akan berpengaruh besar terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungannya. Pertambahan jumlah sampah yang tidak diimbangi dengan pengelolaan sampah yang baik pada lingkungan dapat menjadikan pencemaran lingkungan. Terutama di lingkungan sekolah, penanganan sampah membutuhkan pemfokusan serius dan diharapkan sekolah dapat membuat sistem guna untuk meminimalisir dampak dari pembuangan sampah sembarangan. Metode penelitian yang digunakan memakai pendekatan kualitatif dan teknik yang dipraktikkan dalam penelitian ini untuk mengambil data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Upaya melatih siswa disiplin dalam membuang sampah pada tempatnya meminimalisir sampah yang terdapat di lingkungannya, di SDN Kendalpayak Malang menenerapkan penggunaan tas sampah setiap siswa yang terbuat dari kain yang sudah difasilitasi dari sekolah untuk setiap siwanya dari kelas bawah sampai kelas atas, dengan tujuan agar dapat melatih siswa untuk tidak membuang sampah sembarangan dan agar dapat menjadi kebiasaan dalam kesehariannya. Kegiatan tersebut dapat dikaitkan dengan teori Max Weber tindakan sosial, yang mana tindakan penerapan penggunaan tas sampah tersebut termasuk ke dalam salah satu tindakan sosial yang memiliki motif dan tujuan yang telah ditentukan dari pihak sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

The following references have been extracted and will be linked to the submission metadata.

Chaerul, M., & S. Rahmanis. (2019). Multikriteria Analisis dalam Pemilihan Alat Pengumpul Sampah. Jurnal Ilmu Lingkungan. Vol. 17 No.2 September http://ejournal.undip.ac.id/index.php/ilmulingkungan/index.

Hamama, Syarifah Farissi., & Maulida. (2020). Sosialisasi Penggunaan Tas Belanja Guna Mengurangi Limbah Plastik. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Jurnal Abdimas UNAYA, Vol. 1 No. 1 September.

Hasibuan, PA. Tarigan, Ahmad Perwira Mulia. Nasution, Zaid Perdana. (2014). Studi Pemilikan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah. http://jurnal.usu.ac.id/index.php.jts/article/view/6070/2546.

Khoiriyah, Himmatul. (2021). Analisis Kesadaran Masyarakat Akan Kesehatan Terhadap Upaya Pengelolaan Sampah. UNNES, Indonesian Journal of Conservation 10(1) 13-20.

Mardiansyah, Yopy., & Nasution Junialdi. (2018). Pemanfaatan Sampah Plastik Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Tas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 1 No. 2 Oktober.

Muhlis, Alis., & Norkholis. (2016). Analisis Tindakan Sosial Max Weber. Volume 1 No.2 Oktober.

Oktamarina, Lidia. (2021). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia Vol. 6 No.1 37-44.

Pip, Jones. Bradbury, Liz. Shaun. (2009). Pengantar Teori-Teori Sosial.

Rahmat. (2011). Tujuh Tip Mengasah Kreativitas. http://www/motivasi-islami.com/7-tip-mengasah-kreativitas/.

Ritzer, George. (2014). Teori Sosiologi: Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terkini Postmodern. Edisi Kedelapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rivai, Zainal. (2013). Perilaku dan Motivasi Sebagai Dorongan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Supraja, Muhammad. (2012). Alfred Schutz: Rekonstruksi Teori Tindakan Max Weber. Jurnal Pemikiran Sosiologi Volume 1 No.2 November.

Syukur, Muhammad. (2018). Dasar-Dasar Teori Sosiologi. Rajawali Pers-PT Raja Grafindo Persada.

Usman, Husaini. (2013). Manajemen Teori dan Praktek Tentang Motivasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wibisono, Arif Fajar., & Dewi, Piana. (2014). Sosialisasi Bahaya Membuang Sampah Sembarangan. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, Volume 3 No. 1 Januari.

Yona, M., (2017). Karya Kreatif yang Mempunyai Nilai Ekonomis Dengan Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). 42-55.

Yulianingsih, Ika. Zaitun. Damayanti, Anita. Hayati, Cicih. Hamid, Aulia Rofika. (2020). Upaya Pengurangan Sampah Plastik dan Bentuk Kepedulian Lingkungan. Jurnal Pengabdian Masyarakat. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat.

Zetira, Zara., & Kamtini. (2019). Pengaruh Metode Pembiasaan Terhadap Disiplin Anak Usia Dini. Volume 5 No.2 Desember.

PlumX Metrics

Published
2022-02-22