PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MENYUBLIM SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 9 MALANG

  • Savira Agustin Rasendriya Putri Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Demonstration, Result, Sublime, Student

Abstract

This research article aims to determine the application of the demonstration method to sublime material using the demonstration method. The researcher uses the demonstration method because it is considered capable, appropriate and relevant to the material presented, namely regarding changes in the shape of immoral objects. Based on the results of previous studies, information was also found that using the demonstration method can increase students' understanding levels and student learning outcomes, especially in science subjects at the elementary school level. Besides using the demonstration method, the lecture method, question and answer, and assignment are used to support the implementation of this research. The subjects of this study were students of class III Khatijah A SD Muhammadiyah 9 Malang, totalling 12 students. The results of the research in the field showed that by using the demonstration method, students were able to understand the concept of sublime material optimally with an average score of 981. So it can be concluded that the use of the demonstration method in class III Khatijah A SD Muhammadiyah 9 Malang has been implemented well and can increase students' understanding.

 

Abstrak

Artikel penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode demosntrasi pada materi menyublim dengan menggunakan metode demosntrasi. Peneliti menggunakan metode demonstrasi karena diangga mampu, sesuai dan relevan dengan materi yang disajikan yakni mengenai perubahan wujud benda menyblim. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya juga ditemukan informasi bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan tingkat pemahaman siswa dan juga hasil belajar siswa khsusunya pada mata pelajaran IPA di jenjang sekolah dasar. Selain menggunakan metode demonstrasi, untuk mendukung pelaksanaan penelitian ini juga menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Subjek dari  penelitian ini adalah siswa kelas III Khatijah A SD Muhammadiyah 9 Malang yang berjumlah 12 siswa. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode demosntrasi siswa mampu memahami konsep materi menyublim secara optimal dengan rata-rata nilai yakni 98. Sehingga dapat disinpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dikelas III Khatijah A SD Muhammadiyah 9 Malang sudah dapat terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, Nurul. Yuhandini, D. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Dan Metode Demonst. Jurnal Care, 6 (2)(2), 162–174. https://jurnal.unitri.ac.id

Arifuddin, A., & Arrosyid, S. R. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi dengan Alat Peraga Jembatan Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 165. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1834

Firmansyah, F. D. (2018). Penerapan Metode Demonstrasi Berbasis Media Cerita Lucu Bergambar dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(4), 585–590.

Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Action Research, 1(2), 122. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045

Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sdn Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119

Mutmainnah, H., Uswatun, D. A., & Wardana, A. E. (2020). Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Meningkatkan Pemahaman Konsep Perubahan Wujud Benda pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Eksperimen di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 87–97. http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd%0AMeningkatkan

Nuraini, M., Susilaningsih, S., & Wedi, A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Perubahan Wujud Benda Bagi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 33–40. https://doi.org/10.17977/um038v4i12021p033

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & ... (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Mimbar PGSD …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3087

Rutonga, R. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 195–207. http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/110

Yuwanita, I., Dewi, H. I., & Wicaksono, D. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Instruksional, 1(2), 152. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.152-158.

PlumX Metrics

Published
2022-02-22