KHAS BUAH RAMADHAN DALAM AGAMA DAN ILMU SAINS

  • Nurul Faizah UIN malang
Keywords: Buah Kurma, Agama dan Ilmu Pengetahuan Kesehatan

Abstract

Sweet foods related to their cariegenicity. There is sucrose which is the most cariogenic sweetener consumed. Dates contain lots of sucrose, natural glucose and don't forget fructose. “The content of tannins and magnesium in dates are anti-infective and anti-inflammatory. Prevention of anemia in pregnant women can be through various ways including the fulfillment of nutrients in the body obtained from fruits and vegetables, one of them by consumption of date. Date fruit is known as the ideal fruit in fulfilling the body's nutrients, if you are used to regularly eating date fruit every day will avoid various diseases. In this article will discuss about the influence of date fruit on health in accordance with the teachings of Islam in the Qur'an. There has been a discussion about the fruit of the fruit in the Qur'an. Interpreting the Qur'an means trying to explain the purpose and content of the Qur'an. The object of interpretation is the Qur'an which is the main source of Islamic teachings to the ummah” Therefore, not only is the interpretation of the Holy Scriptures possible, but the interpretation of the Qur'an is the duty of those who have the right to do so. And the question in this study is why these dates have an ewaanist system compared to other fruits and how special these dates are from a health science point of view.

ABSTRAK

Makanan manis yang berhubungan dengan kariegenitasnya. Terdapat sukrosaa yang menjadi pemaniss paling kario genik terbanyak yang dikonsumsi. “Buah kurma mengandung banyak sukrosa, glukosa alami dan tidak lupa fruktosa. Kandungan tannin dan magnesium ada pada dalam kurma yang bersifat anti infeksi dan juga anti inflamasi. Buah kurma dikenal sebagai buah yang ideal dalam memenuhi nutrisi tubuh, jika terbiasa rutin makan buah kurma setiap hari akan terhindar dari berbagai macam penyakit.” Selain itu anemia pada ibu hamil adalah menjadi suatu kondisi dimana ibu dengan kadar hemoglobin nya dalam diri nya darah kurang dari 11 % gram. “Pencegahan anemia terjadi pada ibu hamil juga dapat melalui berbagai macam cara antara lain: pemenuhan zat gizi yang ada dalam tubuh di peroleh dari buah buahan dan sayur sayuran yang menjadi salah satu nya dengan konsumsi tanggal. Dalam artikel ini akan membahas mengenai pengaruh buah kurma terhadap kesehatan sesuai dengan ajaran islam di al-qur’an. Telah ada pembahasan mengenai buah kurma di dalam al-quran. Menafsirkan Alquran berarti berusaha menjelaskan maksud dan isi Al-Qur’an. Objek penafsiran adalah Al-Qur’an yang merupakan sumber utama ajaran Islam kepada umat.. Oleh karena itu, tidak hanya penafsiran kitab suci yangperbolehkan, tetapi penafsiran al-qur’an adalah kewajiban mereka yang berhak melakukannya.” Dan pertanyaan dalam penelitian ini adalah mengapa kurma ini memiliki keistimewaan dibandingkan dengan buah-buahan lainnya dan betapa istimewanya kurma ini dari sudut pandang ilmu kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basith Muhammad Sayyid,Ahmad. (2015). Ketika Rasulullah Tidak Pernah Sakit Gaya Hidup Sehat Islami. Creative Imprint of Tiga Serangkai. Tinta Madina

Al-Qari B. Hj. Salleh. Abdullah. (2016). Rahasia & Khasiat Air Zam-Zam, Buah Zaitun, Buah Tamar (Kurma), ( Kuala Lumpur: Al-Hidayah Publisher)

Salim Baduwailan. Ahmad.(2014). Berobat Dengan Buah Tamar, Selangor: Al-Hidayah Publication

Departement Agama RI. (2019). Syaamil Al-Quran, Syamil Cipta Media

Sakti Wibowo. Hamid. (2020). 7 Buah Istimewa dalam Al-Qur’an. ebook

Mukhlidah Hanun siregar. (2020).Cara Sehat dengan Resep-Resep Ajaib, Herbal Islami,Buku Biru

Hammad,Said. (2018). Khasiat Kurma, Aqwamedika

PlumX Metrics

Published
2023-02-20