MODIFIKASI PERILAKU DENGAN POSITIVE REINSFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN SANTRI TPQ DARUSSALAM

  • Ahmad Alya Alhani Mahasiswa PGMI 2018
Keywords: Kesulitan Membaca, Modifikasi Perilaku, Positive Reinforcement

Abstract

Behavior modivication is a changing a person’s behavior technique based on learning theories. This study aims to improve the reading skills of Darussalam Al-Qur'an TPQ students using behavior modification with positive reinforcement. The hypothesis to be tested is behavior modification with positive reinsfosment to improve reading skills. This research was conducted by using a survey method. The subjects of this study were students who had difficulty reciting the holly quran with the initials MFD, Darussalam Al-Qur'an TPQ students. The research instruments used were observation and Al-Qur'an reading tests. The results of the study concluded as follows: there is a positive effect on modification of clothing with positive reinforcement with the ability to read the holly quran.

ABSTRAK

Modifikasi perilaku adalah teknik dalam merubah perilaku seseorang yang berdasarkan pada teori-teori belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca santri Darussalam Al-Qur’an TPQ menggunakan modifikasi perilaku dengan positif reinforcement. Hipotesis yang akan diuji adalah modifikasi perilaku dengan positif reinsfosment untuk meningkatkan kemampuan membaca. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey, dengan subjuk berinisial MFD santri Darussalam Al-Qur’an TPQ dengan karakteristik santi yang kesulitan dalam membaca Al-Qur’an. Instumen pada penelitian yang digunakan adalah Observasi dan tes membaca Al-Qur’an. Hasil dari penelitian menyimpulkan sebagai berikut: terdapat pengaruh positif terhadap modifikasi perilau dengan poditif reinforcemen dengan kemampuan membaca al-quran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, H. A., & Supriyono, W. (2016). Psikologi belajar.

Hadis, A. (1997). Modifikasi perilaku remaja dengan pendekatan dan pengendalian diri. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 65–73.

Hartika, L. D., Kirana, C. T., Widiarsana, P., & Diari, L. I. (2017). Pengaruh Pemberian Materi Bacaan Bergambar Terhadap Pemahaman Membaca Siswa Kelas 3 SD. Mandala, 1(1), 1-13.

Irwan. (2017). Etika dan Perilaku Kesehatan.

Maharani, S., Guru, P., Anak, P., Dini, U., & Padang, U. N. (2020). Pembelajaran Baca Tulis Al- Qur ’ an Anak Usia Dini. 4, 1288–1298.

Mahdali Fitriyah. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan.

Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hadis, 143–168.

Manurung, Y. S. (2017). Terapi Modifikasi Perilaku Dengan Positive Reinforcement. Majalah Ilmiah Politeknik Mandiri Bina Prestasi, 6(2), 248–252.

Rahmah, H. (2018). Reinforcement Positive Untuk Meningkatkan Rawat Diri Anak Dengan. Jurnal Ilmiah Al-Madrasah, 2(2), 67–83.

Sunanih. (2017). Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini Bagian Dari Perkembangan Bahasa. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–12.

Widiasari, Y., & Pujiati, D. (2016). Modifikasi Perilaku Pada Anak Usia Dini. Psycho Idea, 1, 1-11.

PlumX Metrics

Published
2023-02-20