IMPLEMENTASI PERAN GURU DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES KELAS IV SD PLUS AL KAUTSAR MALANG

  • Masyitha Dwi Akbarani Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Peran guru, Pembelajaran tematik, strategi multiple intelligences

Abstract

ABSTRACT

Learning strategies as a way for teachers to achieve learning objectives. Basically, every child born into this world is an intelligent child with various potentials and uniqueness (multiple intelligences). This research uses a qualitative type of research.  Datacollection techniques by means of observasi, interviews and documentation, while checking the validity of data using source triangulation techniques, data triangulation and time triangulation. In practice, each child has more than one type of intelligence. There are children who are good at science studies, but have a hobby of singing. It's just that at certain times the type of intelligence is more inclined or dominant to one type of intelligence among the nine types of multiple intelligence types.  Factors that influence the implementation of the teacher's role are internal factors such as physical, interest, talent, experience, self-confidence and health. External factors are parents' attention to their children, learning with learning styles that suit students, and teachers' ability to combine appropriate strategies and learning methods.

 

ABSTRAK

Strategi pembelajaran sebagai cara guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pada dasarnya, setiap anak yang terlahir ke dunia ini merupakan anak-anak cerdas dengan berbagai potensi dan keunikan (multiple intelligences). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentaasi, sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi data dan triangulasi waktu. Dalam penerapannya, setiap anak memiliki lebih dari satu tipe kecerdasan. Ada anak yang pandai dalam pelajaran sains, tetapi memiliki hobi bernyanyi. Hanya saja pada waktu tertentu tipe kecerdasan tersebut lebih condong atau dominan pada satu tipe kecerdasan diantara Sembilan jenis tipe kecerdasan multiple. Faktor yang memengaruhi implementasi peran guru adalah faktor dari dalam seperti fisik, minat, bakat, pengalaman, kepercayaan diri dan Kesehatan. Faktor dari luar yaitu perhatian orang tua terhadap anaknya, pembelajaran dengan gaya belajar yang sesuai dengan siswa, dan kemampuan guru dalam memadukan stategi dan metode belajar yang sesuai

Downloads

Download data is not yet available.

References

Friedman, Marylin. 2008. Family Nursing Theory and Practice. Jakarta: EGC

Karwati, Euis. 2019. Manajemen Kelas. Bandung: ALFABETA

Madyawati, lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Prenamedia Grup

Perkemendigbud (nomor 57 tahun 2004)

Prastowo, Andi. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik. Jakarta: kencana

Sumiati dan Asra. 2013. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Undang-Undang Republic Indonesia Nomor 14 tahun 2005. Tentang Kinerja Guru. 2005. Jakarta: DPR RI

PlumX Metrics

Published
2023-10-14