KONSEP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP: Upaya Penenaman Kesadaran Lingkungan

  • Moh Alfan Nugroho UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Concept, Enviromental Education, Awareness

Abstract

Environmental education is a process of building a human population in the world that is aware and concerned about the environment as a whole and all the problems associated with it, and a society that has the knowledge, skills, attitudes to be able to solve various environmental problems today, and prevent new problems from arisen. Environmental awareness is the awakening of the soul to something, in this case to the environment, which is visible from the behavior and actions of the individual concerned. This research uses qualitative descriptive approach methods. Conducted in grade IV E in Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jombang. Data is obtained through documentation and observation activities. The process of processing data in this study is through three activities that include data reduction, data studies, and data verification or conclusion withdrawal. Indicators that have been achieved includegetting used no caring for the environment, getting used to pride, appreciative attitude, getting used to the sense of gotong royong, getting used to the attitude of responsibility, and developing a disciplined attitude.

Abstrak

Pendidikan lingkungan hidup adalah suatu proses untuk membangun populasi manusia di dunia yang sadar dan peduli terhadap lingkungan keseluruhan dan segala masalah yang berkaitan dengannya, dan masyarakat yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap untuk dapat memecahkan berbagai masalah lingkungan saat ini, dan mencegah timbulnya masalah baru. Kesadaran lingkungan adalah keadaan tergugahnya jiwa terhadap sesuatu, dalam hal ini terhadap lingkungan, yang terlihat dari perilaku dan tindakan individu yang bersangkutan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Dilakukan pada kelas IV E di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jombang. Data diperoleh melalui kegiatan dokumentasi dan observasi. Proses pengolahan data dalam penelitian ini yaitu melalui tiga kegiatan yang mencakup reduksi data, pengajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Indikator yang telah tercapai diantaranya membiasakan kepedulian terhadap lingkungan, membiasakan rasa bangga, sikap apresiatif, membiasakan rasa gotong royong, membiasakan sikap tanggung jawab, dan mengembangkan sikap disiplin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, R. (2013). Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 2(1), 98–108. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.50

Andriani, P., & Bakhtiar, A. M. (2017). Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 24(1), 100. https://doi.org/10.30587/didaktika.v24i1.151

Astriayulita, A. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 PAUD ( Studi deskriptif di PAUD Taman Belia Candi Kota.

Daryanto & Suprihatin, A. (n.d.). Pengantar Pendidikan Lingkungan Hidup | Catholic University of De La Salle Manado. 2013. Retrieved March 4, 2022, from http://repo.unikadelasalle.ac.id/index.php?p=show_detail&id=8043&keywords=

Dasrita, Y., Saam, Z., Amin, B., & Siregar, Y. I. (2015). Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Adiwiyata. Dinamika Lingkungan Indonesia, 2(1), 61. https://doi.org/10.31258/dli.2.1.p.61-64

Desfandi, M. & M. (2017, December 31). Implementasi Kebijakan Sekolah Berwawasan Lingkungan Sebagai Upaya Mengembangkan Literasi Ekologis Peserta Didik. 2017. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=zzV60fwAAAAJ&citation_for_view=zzV60fwAAAAJ:zYLM7Y9cAGgC

Fajarisma, A., Adam, B., Kebijakan, M., & Pendidikan, P. (2014). Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup Pada Program Adiwiyata Mandiri di SDN Dinoyo 2 Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 166–173.

Halidah, S. (n.d.). PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARI ALAM UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA YANG PEDULI TERHADAP LINGKUNGAN Siti. 2018, 205–228.

Hamzah, S. (2013). Pendidikan Lingkungan: Sekelumit Wawasan Pengantar. 2013. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=4Y2c1DUAAAAJ&citation_for_view=4Y2c1DUAAAAJ:0EnyYjriUFMC

Here, S. V., & Priyanto, P. H. (2014). Subjective Well-Being Pada Remaja Ditinjau Dari Kesadaran Lingkungan. Psikodimensia, 13(1), 10. http://journal.unika.ac.id/index.php/psi/article/view/274

Jumarddin La Fua. (2013). ECO-PESANTREN; MODEL PENDIDIKAN BERBASIS PELESTARIAN LINGKUNGAN. Pembagian Harta Waris Dalam Adat Tionghoa Di Kecamatan Ilir Timur I Kota Palembang, 1(14 June 2007), 1–13. https://core.ac.uk/download/pdf/11715904.pdf

KRZESNI, D. (2015). ENVIRONMENTAL EDUCATION. Counterpoints, 503, 9–18. http://www.jstor.org/stable/45136517

Miranto, S. (2017). INTEGRASI KONSEP-KONSEP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. EDUSAINS, 9 (1), 2017, 81-88, 9(1), 10–27.

Obaid, M. Y. (2013). Religiusitas Lembaga Pendidikan yang Berwawasan Lingkungan. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1), 137–149. https://ejournal.iainkendari.ac.id

Sugiarto, A., & Gabriella, D. A. (2020). Kesadaran Dan Perilaku Ramah Lingkungan Mahasiswa Di Kampus. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(2), 260. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i2.21061

UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup [JDIH BPK RI]. (n.d.). Retrieved March 3, 2022, from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38771/uu-no-32-tahun-2009

Widaningsih, W. (2012). PENGARUH POLA KOMUNIKASI PENGURUS OPPM TERHADAP PERUBAHAN SIKAP SANTRI DALAM MENCIPTAKAN PESANTREN BERBUDAYA LINGKUNGAN (ECO PONTREN) (Studi Deskriptif Pada Organisasi Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung) -UPI Repository. http://repository.upi.edu/63082/

Wihardjo;, R. S. D., & Rahmayanti, H. (2016). Pendidikan Lingkungan Hidup. In IPB Press (Vol. 1, Issue 1).

Wulandari, P. A., Amalia, N. A., & Sholiehah, A. L. M. M. (2018). Pendidikan Lingkungan Hidup dan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar sebagai Alternatif Penanaman Kesadaran Lingkungan. Prosiding FKIP Universitas Jember, 36–43. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro

PlumX Metrics

Published
2022-06-15