PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MASA PANDEMI COVID-19 VARIAN OMICRON

  • Retno Anjarsari UIN Malang
Keywords: Character Education, Omicron Case, Student, Teacher

Abstract

Character education during pandemics is a challenge for teachers as teachers. The case of the soaring omicron makes a teacher limited in providing character education to students. The spread of omicron cases in Indonesia soared due to the non-compliance of indonesian people to existing health protocols. Character education there are various kinds that can be taught to students. This study uses qualitative research by looking at the application of character education during the omicron period in Indonesia. The study focused on grade 2 at MIN 7 Blitar. By making observations in the class and interviewing the classroom teacher or classroom guardian in the 2nd grade. With this research can be taken the application of character education when this omicron case can run smoothly or there are obstacles that must be resolved.

Abstrak

Pendidikan karakter pada masa pandemi merupakan tantangan tersendiri bagi guru selaku pengajar. Kasus omicron yang tengah melonjak membuat terbatasnya seorang guru dalam memberikan pendidikan karakter pada peserta didik. Penyebaran kasus omicron di Indonesia melonjak karena ketidak patuhan masyarakat Indonesia terhadap protokol kesehatan yang sudah ada. Pendidikan karakter ada berbagai macam yang bisa diajarkan kepada peserta didik. Studi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan melihat penerapan pendidikan karakter pada masa omicron di Indonesia. Penelitian ini berfokus pada kelas 2 di MIN 7 Blitar. Dengan melakukan observasi pada kelas tersebut dan wawancara kepada guru kelas atau wali kelas pada kelas 2 tersebut. Dengan penelitian ini dapat diambil penerapan pendidikan karakter ketika kasus omicron ini dapat berjalan dengan lancar atau terdapat kendala yang harus diselesaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 107–115. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.407

Arifudin, I. S. (2015). Peranan Guru Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Di Kelas V Sdn 1 Siluman. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 175–186.

Haryati, S. (2013). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013. Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013, 19(2), 259–268.

Iswinarno, C. (2022). Waspada Penyebaran Omicron, Kementerian Agama Izinkan Madrasah Lakukan Pembelajaran Jarak Jauh dengan Sistem Online Lagi. Suara.Com, 1. https://www.suara.com/news/2022/02/01/135626/waspada-penyebaran-omicron-kementerian-agama-izinkan-madrasah-lakukan-pembelajaran-jarak-jauh-dengan-sistem-online-lagi

Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 90–101.

https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615

Palunga, R., & Marzuki. (n.d.). Peran guru dalam pengembangan karakter peserta didik di sekolah menengah pertama negeri 2 depok sleman.

Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik m. Ramli. Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 61–85. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825

Widianto, E. (2015). Peran orang tua dalam meningkatkan pendidikan karakter anak usia dini dalam keluarga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(1), 31–39.

Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290–303. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1477

PlumX Metrics

Published
2022-06-16