ANALISIS PERTEMANAN SISWI KELAS I SD BERDASARKAN PERSPEKTIF GEORGE CASPAR HOMANS

  • Fikri Hakim Amrulloh UIN Maulana Malik Ibrahim malang
Keywords: Exchange Theory, Friendship, Interaction

Abstract

Humans need to build relationships with other humans because they will definitely need the help of others to meet their needs. Interactions that occur between two or more individuals will result in a relationship. One of the relationships that can be formed is in the form of friendship. Friendship relationships have several aspects that are able to establish interaction between individuals, one of which is reciprocity. This is in accordance with the theory coined by George Caspar Homans, namely the Exchange Theory. One of the striking characteristics of exchange theory is cost and reward. Humans when interacting always consider the cost (cost or sacrifice) with the reward (gift or benefit) obtained from the interaction. In friendship there are also costs and rewards that make a friendship relationship last. This research belongs to the type of qualitative descriptive research with data collection methods using interviews. The results of this study reveal that the friendship analysis of the first grade students of Teguhan State Elementary School 2 is relevant to that expressed by Homans in the theory of exchange. These friendships tend to persist with an interaction because both individuals benefit in the form of gifts.

Abstrak

Manusia perlu membangun relasi dengan manusia lainnya karena pasti akan membutuhkan bantuan orang lain untuk mencukupi kebutuhannya. Interaksi yang terjadi antara dua individu atau lebih akan menghasilkan relasi. Salah satu relasi yang bisa dibentuk yakni berupa pertemanan. Hubungan pertemanan memiliki beberapa aspek yang mampu menjalin adanya interaksi antar individu salah satunya yakni adanya timbal balik. Hal ini sesuai dengan teori yang dicetuskan oleh George Caspar Homans yaitu Teori Pertukaran. Salah satu karakteristik teori pertukaran yang mencolok yakni cost and reward. Manusia ketika melakukan interaksi selalu mempertimbangkan cost (biaya atau pengorbanan) dengan reward (hadiah atau manfaat) yang didapat dari interaksi. Pada hubungan pertemanan juga terdapat cost and reward yang membuat sebuah hubungan pertemanan dapat bertahan. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa analisis pertemanan siswi kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Teguhan 2 relevan dengan yang diungkapkan oleh Homans pada teori pertukaran. Hubungan pertemanan tersebut cenderung bertahan dengan sebuah interaksi karena kedua individu memperoleh keuntungan berupa hadiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, S. T., & Minza, W. M. (2018). Strategi Mempertahankan Hubungan Pertemanan Lawan Jenis pada Dewasa Muda. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 2(3), 192. https://doi.org/10.22146/gamajop.36946

Febrieta, D. (2016). Relasi Persahabatan. Kajian Ilmiah UBJ.

Kriyantono, R. (2014). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Kencana.

Kusuma, R. S. (2017). Komunikasi Antar Pribadi Sebagai Solusi Konflik Pada Hubungan Remaja Dan Orang Tua Di Smk Batik 2 Surakarta. Warta LPM, 20(1), 49–54. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.3642

Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antar-Personal. Prenadamedia Group.

Machmud, M. E. (2015). Transaksi Dalam Teori Exchange Behaviorism George Caspar Homans (Perspektif Ekonomi Syariah). Iqtishadia: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam STAIN Kudus, 8(2), 257–280.

Mighfar, S. (2015). SOCIAL EXCHANGE THEORY : Telaah Konsep George C. Homans Tentang Teori Pertukaran Sosial. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 9(2), 259–282. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v9i2.98

Miller, R. S. (2015). Intimate relationship: Vol. VII. McGraw-Hill.

Nucci, P., & Narvaez, D. (2014). Handbook Pendidikan Moral dan Karakter, terj. Imam Baehaqie dan Derta Sri Widowatie. Nusa Media.

Poloma, M. M. (2000). Sosiologi Kotemporer. PT.RajaGrafindo Persada.

Ritzer, G. (1988). Contemporary Sociological Theory. Alfred A. Knopf.

Ritzer, G., & Goodman, D. J. (2012). Teori Sosiologi dari Teori Sosiologi Klasik sampai perkembangan mutakhir Teori Sosial Postmodern. Kreasi Wacana.

Robinson, K. (2016). Young Identities and Modern, Social Transformations in Indonesia. Kitlv.

Sears, D. O., Peplau, L. A., & Taylor, S. E. (1991). Social Psychology. Prentice Hall, Inc.

Tegar, L. (2019). Pembentukan Pertemanan Siswi Di Sekolah Gratis (Studi Analisis Isi Pembentukan Hubungan Pertemanan Siswi Di SMK IT Smart Informatika Surakarta). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 6–7.

Wirawan, I. B. (2012). Teori-Teori Sosial dalam Tiga Paradigma. Kencana.

PlumX Metrics

Published
2022-06-16