The IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 4 DI MI THOLABUDDIN 01 MASIN

  • siti miskiyah UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Nurul Aprilia Ningsih
  • Yunita Anisatu Zahriyah
Keywords: Learning Media; Audio-Visual; and Interest in Learning.

Abstract

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the application of audio-visual learning media to students' interest in learning in basic subjects at MI Tholabuddin 01 Masin. Seeing the importance of students' interest in learning by implementing Audio Visual learning media, precisely in thematic learning that is currently being implemented at MI Tholabuddin 01 Masin. This study used qualitative research methods. The data collection method used by the researcher was through observation and interviews. The results of this study are that educators have used Audio Visual learning media during the teaching and learning process that has been taking place so far. Educators feel that among all the media that have been used, audio-visual media is a very helpful medium for educators in delivering learning materials, educators feel that students can follow the learning process well.

Keywords: Learning Media; Audio-Visual; and Interest in Learning.

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media pembelajaran audio-visual terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran pada mata pelajaran dasar-dasar di MI Tholabuddin 01 Masin. Melihat pentingnya minat belajar peserta didik dengan pengimplementasian media pembelajaran Audio Visual tepatnya pada pembelajaran tematik yang sekarang sedang diterapkan di MI Tholabuddin 01 Masin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini bahwa pendidik sudah pernah menggunakan media pembelajaran Audio Visual saat proses belajar mengajar yang selama ini telah berlangsung. Pendidik merasa diantara semua media yang sudah digunakan media audio visual merupakan media yang sangat membantu pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran, pendidik merasa peserta didik bisa mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

Kata-Kata Kunci: Media Pembelajaran; Audio-Visual; dan Minat Belajar.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam. Steffi dan Muhammad Taufik Syastra. (2015).CBIS Journal: Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam.

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Ifrianti, Syofnidah, and Yesti Emilia. (2016). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar: Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iii Min 10 Bandar Lampung.

Fahreza, F., & Julianda, R. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran Ips Siswa Kelas V Sdn Langung. Visipena

Hidayah, Nurul, and Rifky Khumairo Ulva. (2017). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran

Nunuk Suryani,At All. (2020). Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Novianto. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Purnomo, Joni. (2014). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran : Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri.

Purwono. Joni, dkk. (2014). Jurnal Teknologi pendidikan dan Pembelajaran: Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri1 Pacitan.

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Tohirin. (2003). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pekanbaru.

PlumX Metrics

Published
2023-05-04