PENERAPAN METODE WAFA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MI MIFTAHUL HUDA

  • Eris Trisdianti Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fitri Damayanti
  • Muhammad Sofyan
Keywords: Metode Wafa, Metode Otak Kanan, Al-Qur'an

Abstract

This research article was conducted to find out the extent of the effectiveness of the application of the wafa method, namely the method using the right brain in improving the ability to read the Qur'an in Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bandung City For the 2022/2023 Academic Year. This wafa method has been applied in Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bandung City since 2015 which makes it the first as madrasah in Bandung City to apply the Wafa method in learning the Qur'an. The implementation of this research was carried out during the Internship 1 activity program of the Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Sunan Gunung Djati State Islamic University Bandung on July 25, 2022 to August 05, 2022. This research was conducted at Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bandung City with grade 3 student Ar-Rasyid being the subject of the study. The research used a descriptive method with a qualitative approach so that an interview was conducted with the homeroom teacher of class 3 Ar-Rasyid, the head of the expert team as well as the examiner of the wafa level increase in madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda, as well as documentation. Based on research in the field, it was found that the application of the wafa method in Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bandung City can improve the ability to read the Qur'an.

ABSTRAK

Artikel penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan penerapan metode wafa yaitu metode dengan menggunakan otak kanan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kota Bandung Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode wafa ini diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kota Bandung sejak tahun 2015 dimana hal tersebut menjadikannya sebagai madrasah pertama di Kota Bandung yang menerapkan metode Wafa pada pembelajaran Al-Qur’an. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan selama program kegiatan Magang 1 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 25 Juli 2022 sampai 05 Agustus 2022. Penelitian ini di lakukan di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kota Bandung melibatkan siswa kelas 3 Ar-Rasyid Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda sebagai subjek penelitian. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif sehingga dilakukan wawancara kepada wali kelas 3 Ar-Rasyid, ketua tim ahli sekaligus penguji kenaikan tingkat wafa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda, serta dokumentasi. Berdasarkan penelitian di lapangan ditemukan bahwa penerapan metode wafa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kota Bandung dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rohmaturrosyidah, Rahmawati S., & Imrotus S. (2017). Pembelajaran Al-Qur'an Metode Wafa. Vol 2: 150-157.

Santiago Deri, Ahmad Kosasih. (2022). Penggunaan Metode Wafa dalam Pembelajaran Al-Qur'an di Sekolah Dasar Islam Khaira Ummah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol 4 [3]: 670-681.

Narbuco Cholid dkk. (2009). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogtyakarta: Graha Ilmu.

Qisom, Shobikhum. (2019). Buku Wafa Belajar Al-Qur'an metode Otak Kanan. Surabaya: Yayasan Safa'atul Qur'an Indonesia.

Mutiara S, I., & Asdi, W. (2019). Metode Wafa dalam Pembelajaran Al-Qur'an di Sekolah Alam TKIT Ar-Royyan Pegambiran, Padang: Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education. Vol 4 [1]: 69-77.

Singgarani, W. A., Arifin, Z., & Fathurrohman, N. (2021). Implementasi Metode Wafa pada Pembelajaran Tahsin Al-Qur'an Di SMAIT Harapan Umat Karawang. Al I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam. Vol 8 [2]: 46-54

Anggranti, Wiwik. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Baca-Tulis Al-Qur'an. Jurnal Intelegensia. Vol 1 [1]: 106-117, April 2016.

Mahdali, Fitriyah. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur'an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Masdar: Jurnal Studi Al-Qur'an dan Hadis. Vol2 [2]: 143-168.

PlumX Metrics

Published
2023-02-20