PENANAMAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI KEGIATAN MENANAM TANAMAN

  • Mohammad Hafizh Pahlevi Abhari
Keywords: Karakter, Peduli Lingkungan, Sekolah

Abstract

ABSTRAK
Sekolah merupakan salah satu tempat untuk menanamkan karakter peduli lingkungan khususnya pada
siswa. Melalui proses belajar mengajar yang mengandung
pendidikan lingkungan dapat meningkatkan kesadaran siswa, mengarahkan, membimbing dan membentuk etika dalam
menjaga lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan karakter peduli lingkungan pada
siswa kelas 3 Khatijah SD Muhammadiyah 9 Malang melalui kegiatan penanaman. Penelitian
pelaksanaan pelaksanaan PKL di SD
Muhammadiyah 9 Malang mulai tanggal 6 Agustus 2021 sampai dengan 6 Oktober 2021. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah
kegiatan penanaman yang dapat menanamkan karakter peduli lingkungan pada siswa kelas 3 Khatijah SD
Muhammadiyah 9 Malang.

ABSTRAK
Sekolah merupakan salah satu tempat untuk menanamkan karakter peduli lingkungan
terutama pada siswa. proses belajar yang mengajar yang terlibat dalam pendidikan
lingkungan hidup dapat meningkatkan kesadaran siswa, mengarahkan, dan mengarahkan
etika dalam menjaga lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan
karakter peduli lingkungan pada siswa kelas 3 Khatijah SD Muhammadiyah 9 Malang
melalui kegiatan menanam tanaman. Penelitian dilaksanakan pada saat pelaksanaan PKL
di SD Muhammadiyah 9 Malang yang dimulai pada tanggal 6 Agustus 2021 sampai 6
Oktober 2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan
dokumentsi. Hasil dari penelitian ini yaitu kegiatan menanam tanaman yang
dapat menanamkan karakter peduli lingkungan terhadap siswa kelas 3 Khatijah SD
Muhammadiyah 9 Malang.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

REFERENSI
Asmani, J. M. (2013). Buku Panduan Internalisassi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta:
DIVA Press.
Iswari, R. D., & Utomo, S. W. (2017). Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk
Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa (Kasus: SMA Negeri 9
Tangerang Selatan dan MA Negeri 1 Serpong). Jurnal Ilmu Lingkungan. Vol. 15, No. 1,
35-41.
Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan
Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Lestari, Y. (2018). Penanaman Nilai Peduli Lingkungan Dalam Pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. Vol. 4, No. 2, 332.
Marietta, A. D. (2021). Meningkatkan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan berkebun
pada anak kelompok b ra perwanida 4 jakabaring palembang. PERNIK : Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini, 2(1), 52. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4088
Nurani, N. F., Ridlo, S., & Susilowati, S. M. (2014). Pengembangan Modul Pendidikan
Lingkungan Hidup (PLH) Berbasis Karakter Untuk Menumbuhkan Wawasan Dan
Karakter Peduli Lingkungan. Unnes Journal of Biology Education. Vol. 3, No. 1, 53-60.
Sabardila, A., Budiargo, A. D., Wiratmoko, G., Himawan, J. A., Triutami, A., Intansari, A., . . .
Suistri. (2019). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan
Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, Vol.
1, No. 2, 35-41.
Setiyani, N. (2013). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program "Green
Environment" di SMP Alam Ar Ridho Kota Semarang. Semarang: Diss. Universitas
Negeri Semarang.
Sumarmi. (2008). Sekolah Hijau sebagai Alternatif Pendidikan Lingkungan Hidup dengan
Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 15, 19–25.
Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.

PlumX Metrics

Published
2022-10-25