PRESPEKTIF MAX WEBER : Analisis Motivasi Orang Tua Memilih Sekolah SDN Gampeng II Prespektif Max Weber

  • Eka Candra Ali Fauzi
Keywords: Pendidikan, Motivasi Memilih, Sekolah Dasar

Abstract

ABSTRACT
This study discusses the discussion about education in elementary schools, the community in
Gampeng village, Ngluyu sub-district seems to prefer the educational institution of SDN
Gampeng II as basic education compared to other basic education institutions. Various reasons
appear in line with the actions they take. This study discusses the analysis of the motivation of
parents to choose education in elementary schools at SDN Gampeng II. The purpose of this study
was to understand the motivations of parents in choosing education for their children, namely at
SDN Gampeng II, to find out the reasons for choosing education at SDN and also to know the
motives for choosing education at public elementary schools. The theory used is the theory of
social action from Max Weber, while the research method used is a qualitative method with a
Grounded Theory approach. The results showed that most parents chose to study at SDN
Gampeng II because their families were all alumni of SDN Gampeng II as well as their
surrounding environment also tended to send their children to SDN Gampeng II.

ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai pembahasan seputar pendidikan di sekolah dasar,
masyarakat di desa Gampeng kecamatan Ngluyu terlihat lebih memilih lembaga pendidikan
SDN Gampeng II sebagai pendidikan dasar dibandingkan dengan lembaga pendidikan dasar
yang lainnya. Berbagai alasan muncul sejalan dengan tindakan yang mereka lakukan. Penelitian
ini membahas mengenai analisis motivasi orang tua memilih pendidikan di sekolah dasar di SDN
Gampeng II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami motivasi orang tua dalam
memilih Pendidikan untuk anaknya yaitu di SDN Gampeng II, mengetahui alasan memilih
pendidikan di SDN dan juga mengeahui motif memilih pendidikan di sekolah dasar negeri. Teori
yang digunakan adalah teori tindakan sosial dari Max Weber, sedangkan metode penelitian yang
digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan Grounded Theory. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua memilih pendidikan di SDN Gampeng II ialah
kerena keluarga mereka semua alumni SDN Gampeng II begitupun lingkungan sekitar mereka
juga cenderung menyekolahkan anaknya di SDN Gampeng II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

REFERENSI

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada

Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan

Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Decky Dermawan, D. A. (2015). Pengaruh Pelatihan Sumber Daya Manusia Terhadap

Produktivitas Kinerja Karyawan Di Hotel Amaris Jakarta. Seminar Nasional Cendekiawan

, 653–664. https://doi.org/10.4337/9781783470167.00009

Desi Puspita Sari, Martunis, S. N. (2019). Motivasi Orang Tua Dalam Memilih Sekolah Dasar

Islam Terpadu Bagi Anak (Penelitian pada Orang Tua Murid di SDIT Nurul Ishlah

Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan

Konseling, 04, 75–80.

Dewi, R. N. L. (2015). Motivasi Orang Tuamemilih Sekolah Berbasis Agama Di Mi Tahassus

Prapagkidul Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo (Vol. 3, Issue 7).

Dyah Worowiras tri Ekowati, Yuni Puji Astuti, Ima Wahyu Putri Utami, InnanyMukhlis hina,

& Beti Is tanti Suwandayani. (2019). ELSE (Elementary School Education Journal)

LITERASI NUMERASI DI SD MUHAMMADIYAH. ELSE (Elementary School Educatio

Journal), 3(4), 93–103.

Hamzah B. Uno. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Junwinanto (ed.); 2016th ed., p. 3).

PT Bumi Angkasa.

Isra, F., Prayitno, P., & Karneli, Y. (2020). Hubungan motivasi siswa memilih sekolah terhadap

perencanaan arah karier. Jurnal KOPASTA, 7(2), 85–93.

Junior, M. S. (2015). Rasionalitas Orang Tua Memilih SD Program Full Day School di Kota

Kediri. Paradigma, 3(3), 1–7.

Kartini Kartono. (2003). Kamus Psikologi. Pionir Jaya.

Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe assure dalam

meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(6), 1139–1148.

file:///D:/BACKUP DATA C/Downloads/214-Article Text-587-1-10-20201024.pdf

Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasi secara Terpadu di Lingkungan

Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Ar- Ruzz Media.

Laka, B. M., Burdam, J., & Kafiar, E. (2020). Role of Parents in Improving Geography Learning

Motivation in Immanuel Agung Samofa High School. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 69–74.

https://doi.org/10.47492/jip.v1i2.51

Lareasa, B. A. (2020). Motivasi orang tua memilih sekolah di sd islam darul falah kecamatan tambak

kabupaten banyumas. UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA.

LESTARI, S. (2016). Rasionalitas Memilih Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) (Studi Kasus Di

Desa Dingil Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban). Paradigma, 4(3).

Listriyanti Palangda. (2016). Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Lingkungan Keluarga

Terhadap Minat Belajar Ekonomi Peserta Didik Di Smkn 4 Makassar. Pendidikan IPS, 4(1),

–14.

Miftahul Ilmiyana. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma

Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dimensi Myer Briggs Type Indicator ( MBTI ). Pendidikan

Matematika, 2–3.

Mudyahardjo. (2014). Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan

Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Raja Grafindo Persada.

Mulya, H., & Indrawati, E. (2016). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Stres

Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

Semarang. Empati, 5(2), 296–302.

Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6–6.

https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x

Novita, D., Amirullah, & Ruslan. (2016). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan

Perkembangan Anak Usia Dini di Desa Air Pinang Kecamatan Simeulue Timur. Jurnal

Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kawarganegaraan Unsyiah, 1(1), 22–30.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu

Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN

Purwokerto. 1(1), 24–44.

Pramesti, M. W. (2017). Motivasi : Pengertian, Proses dan Arti Penting dalam Organisasi.

Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Sultan Fatah Demak, 19–38.

Putra, Y. A. P. (2017). Partisipasti Masyarakat Pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2014 di

Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jom FISIP, 4(2), 6.

https://media.neliti.com/media/publications/130369-ID-partisipasi-masyarakat-padapemilihan-um.pdf

R.A. Supriyono. (2018). Akuntansi Keperilakuan (pram’s (ed.); 2018th ed., p. 32).

Sadirman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 14.

Santrock, J. (2010). Psikologi Pendidikan (alih bahasa). Kencana.

Sardirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. RajaGrafindo Persada.

Setyowati. (2010). Grounded Theory Sebagai Pilihan Metode Riset Kualitatif Keperawatan.

International Encyclopedia of Education, 13(2), 119–123. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-

-7.01581-5

Sholihah, N., Hartatik, S., Akhwani, A., & Sunanto, S. (2021). Pengaruh Motivasi Orang Tua

Terhadap Prestasi Belajar Matematika Saat Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 5(4), 2482–2488.

Simatupang, L. (2014). Motivasi Orangtua Beragama Muslim Menyekolahkan Anak Di

Sekolah Dasar (Sd) Kalam Kudus Pekanbaru. Jom FISIP, 1–15(oktober).

Sulastri, A., & Masriqon, M. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4109–

Suwarno, W. (2009). Dasar Dasar Ilmu Pendidikan. Ar- Ruzz Media.

https://scholar.google.co.id/scholar?oi=bibs&hl=en&cites=883119010244060040&as_sdt=

Triwiyanto, T. (2017). Pengantar Pendidikan Lingkungan Pendidikan dan Implementasi

Karakter. In Bumi Aksara (p. 171).

Umanailo, M. C. B. (2020). Teori-Teori Max Weber. Max Weber, 1–4.

Valentino, A. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa mata pelajaran

akuntansi jurusan akuntansi di SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9),

–10. jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3241

Winata, R., & Friantini, R. N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar

Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuala Behe. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan

Matematika), 7(2), 85. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i2.3663

PlumX Metrics

Published
2022-10-25