EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR

  • Aula Rizqi Vinarahmah
Keywords: Keaktifan Siswa, Hasil Belajar, Metode Pembelajaran

Abstract

ABSTRACT
Student activity is a form of the learning process that marks students that they are participating in learning. Learning is an activity to gain knowledge through the interaction of teachers and students. In learning activities certainly experience mistakes, deficiencies, failures. All activities from start to finish in learning are included in the process. These deficiencies need to be evaluated so that learning is getting better and achieving learning goals. The learning model is one of the important things in learning. The objectives of this research include: 1). To find out the effectiveness of the Drill and Practice learning method to increase student activity in participating in learning, 2). To find out the effectiveness of the Drill and Practice learning method to improve English learning outcomes. In this study using the method of classroom action research. The results of the
study at the pre-cycle stage of the students were less active and not enthusiastic in participating in learning English. In cycle 1 using the lecture method and media images, student activity and learning outcomes increase. After evaluating in cycle 1, the researcher wants to continue in cycle 2 using the Drill and Practice method. In cycle 2 student activity increased and student learning outcomes increased significantly.

Keywords: Student Activeness; Learning Outcomes, Drill and Practice Learning Methods.


ABSTRAK
Keaktifan siswa merupakan salah satu bentuk dari proses pembelajaran yang menandai siswa bahwa ia mengikuti pembelajaran. Pembelajaran merupakan aktivitas untuk memperoleh pengetahuan melalui interaksi guru dan siswa. Dalam kegiatan pembelajaran tentu mengalami kesalahan, kekurangan, kegagalan. Seluruh kegiatan dari awal hingga akhir dalam pembelajaran termasuk dalam proses. Kekurangan tersebut perlu dievaluasi agar pembelajaran semakin baik dan mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran salah satu hal penting dalam pembelajaran. Tujuan pada penelitian ini, diantaranya: 1). Untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Drill and Practice guna meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran, 2). Untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Drill and Pactice guna meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian pada tahap pra siklus, siswa kurang aktif dan tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran bahasa Inggris. Pada siklus 1 menggunakan metode ceramah dan media gambar, keaktifan siswa dan hasil belajar meningkat. Setelah dilakukan evaluasi pada siklus 1, pada peneliti ingin melanjutkan pada siklus 2 dengan menggunakan metode Drill and Practice. Pada siklus 2 keaktifan siswa lebih meningkat dan hasil belajar siswa meningkat secara signifikan.

Kata-Kata Kunci: Keaktifan Siswa; Hasil Belajar; Metode Pembelajaran Drill and Practice

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aidah, Siti Nur dan TIM Penerbit KBM Indonesia. 2021. Cara Efektif Penerapan Metode dan

Model pembelajaran. Jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia

Aidid, Erawan . 2020. Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Metode Restasi. Madiun: Bayfa

Cendekia Indonesia.

Astui, Mujiati. 2020. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Siswa

Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV A SDIT Al-Qur’aniyyah. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pandansari, purwosiwi. 2019. Lagi mood, media pembelajaran game fashion. Klaten: Lakeisha.

Azizah, dkk. 2022. Buku Panduan Model Pembelajaran Nobangan. Bogor: Guepedia.

Haerazi. 2011. Pedekatan Pembelajaran Bahasa (Approach of Language Learning). Yogyakarta:

Samudra Biru.

Hidayatillah, Yetti, dkk. 2021. Metode Pembelajaran Guru dan Dosen Kreatif. Surabaya:

Global Aksara Press.

Kurniati, Sri. 2022. Metode Pembelajaran LBS untuk menngkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Pekalongan: Penerbit NEM.

Mirdanda, Arsyi. 2018. Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya dengan Hasil Belajar. Pontianak: Yudha English Gallery.

Prastiyo, Fendika. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Kooperatif Jigsaw Pada Materi Pecahan di Kelas V SDN Sepanjang 2. Surakarta: Kekata Publisher.

Prihantini, Ainia. 2015. Master Bahasa Indonesia. Bandung: PT Bentang Pustaka.

Purba, Ramen A. dkk. 2020. Teknlogi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Rusno. 2011. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Kanjuruhan Malang Tahun 2011. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan.

Sinar. 2018. Metode Active Learning. Yogyakarta: Deepublish.

Sulastri, Eti. 2019. 9 Aplikasi Metode Pembelajaran. Bogor: Guepedia.

Tanduklangi, Amri dan Amri, Carlina. 2019. Pembelajaran Bahasa Berbantuan Komputer. Sleman: Deepublish.

Tursinawati, dkk. 2015. Cara Praktis Berbahasainggris Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

http://file.upi.edu?Direktori?FIP?JUR._PEND._LUAR_SEKOLAH/195404021980112001 HAT_HATIMAH/FAKTOR_PEMILIHAN_METODE_PEMBELAJARAN.pdf

PlumX Metrics

Published
2022-11-23