MAKNA MENYONTEK BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA DALEM REJO DITINJAU DARI TEORI BLUME

  • Apriliyah Purnama Noer
Keywords: Perilaku menyontek;, Blumer, Interaksi siombolik

Abstract

ABSTRACT
In the world of education is no stranger to the term cheating. The number of cheating phenomena among students is commonplace. This study aims to describe the meaning of cheating behavior for elementary school students in terms of the interactionism theory proposed by Blumer. The subjects used in this study were elementary level students with an age range of 9 - 12 years. The research location used is in the village of Dalem Rejo. The method used in this research is a qualitative research method with a phenomenological research design, which is based on the phenomena that are around. The results showed that elementary school students interpreted cheating behavior in 2 of them, namely, as a hereditary culture, and as a form of cooperation with friends and as a favor.

Keywords: Keywords: Cheating behavior; Blumer; Symbolic interaction.


ABSTRAK
Dalam dunia pendidikan sudah tidak asing lagi dengan istilah menyontek. Banyaknya fenomena menyontek pada kalangan pelajar menjadi hal yang lumrah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna dari perilaku menyontek bagi siswa sekolah tingkat dasar ditinjau dari teori interaksionisme yang dikemukakan oleh Blumer. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa tingkat dasar dengan rentang usia 9 - 12 tahun. Lokasi penelitian yang digunakan adalah di Desa Dalem Rejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi, yaitu berdasarkan fenomena yang ada di sekitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sekolah tingkat dasar memaknai perilaku menyontek ada 2 diantaranya yaitu, sebagai budaya yang turun temurun, dan sebagai bentuk kerjasama dengan teman, serta sebagai bantuan.

Kata-Kata Kunci: Perilaku menyontek; Blumer; Interaksi siombolik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-23