IMPLEMENTATION OF EDUCATIONAL VALUES IN GARUDAYA COMICS BY IS YUNIARTO

  • Ainur Rochmah
Keywords: educational values, comic, Garudayana

Abstract

Comics are one of the educational media that is favored by children. Previously, comics were made with the aim of being a medium of entertainment, but now this goal is increasingly developing into the realm of education. Garudayana is a comic that aims to introduce Indonesian culture through the theme of wayang purwa. As a discourse and entertainment media, there are educational values ​​contained in Garudayana comics that can be applied in real life. This study uses a qualitative method that is descriptive. The main data source used is the Garudayana comic by Is Yuniarto volumes 1-6. The data collection techniques used were reading, observing, taking notes and purposive sampling. The results of this study found that there are four educational values, namely religious values, moral values, social values ​​and cultural values.

ABSTRAK

Komik menjadi salah satu media pendidikan yang digemari oleh kalangan anak-anak. Sebelumnya komik dibuat dengan tujuan sebagai media hiburan, namun tujuan tersebut kini semakin berkembang ke ranah pendidikan. Garudayana merupakan salah satu komik yang bertujuan untuk mengenalkan kebudayaan bangsa Indonesia melalui pengambilan tema wayang purwa. Sebagai wacana dan media hiburan, terdapat nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam komik Garudayana yang dapat diterapkan dalam kehidupan nyata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data utama yang digunakan adalah komik Garudayana karya Is Yuniarto jilid 1-6.  Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik baca, simak, catat dan purposive sampling. Hasil penelitian ini ditemukan adanya empat nilai pendidikan yaitu nilai religious, nilai moral, nilai sosial dan nilai budaya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditia, Restu; Ramadhanil Qudsi, Zidan; Purwo Yudi Utomo; Asep. 2022. “Tabasa: Jurnal Bahasa Sastra Indonesia Dan Pengajarannya.” Sasando: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya 5. https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/tabasa.

Bayu, Dimas. 2022. “Remaja Paling Banyak Gunakan Internet Di Indonesia Pada 2022 Artikel Ini Telah Tayang Di Dataindonesia.id Dengan judul ‘Remaja Paling Banyak Gunakan Internet Di Indonesia Pada 2022’., Author: Dimas Bayu. Editor: Dimas Bayu. Klik Selengkapnya Di Sini: Http.” Dataindonesia.id.

Eisner, Will. 1985. Comics & Sequential Art. Tamarac, Florida: Poorhouse Press.

http://thepiratebay.se/torrent/4617697/Will_Eisner_Theory_of_Comics_Sequential_Art.pdfnhttps://books.google.com/books?id=b3rxmP4Lzj0C&pgis=1.

Ikhsan, F A, and T Wahab. 2019. “Perancangan Media Edukasi Berupa Web Comic Tentang Sejarah Wali Songo Studi Kasus: Sunan Gunung Djati.” E-Proceeding of Art & Design 6 (1): 149–163. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/8949.

IRM, Dhevi Enlivena. 2016. “Gaya Manga Dalam Komik Garudayana Karya Is Yuniarto.” Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni 8 (3): 412–426. doi:10.33153/dewaruci.v8i3.1133. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://dikti.kemdikbud.go.id/.

Latifah, I Ulil, and Nova Kristiana. 2021. “Analisis Visuak Karakter Gatotkaca Dalam Game Mobile Legends Bang Bang.” Desain Komunikasi Visual 9.

Mahendra, E R. dkk. 2021. “Pengembangan Komik Pendidikan Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Education and Development 9 (1): 279–284. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2375.

McVicker, C J. 2018. “Visual Literacy and Learning to Read: Using Comic Strips for Reading Instruction.” Journal of Visual Languages & Computing (August). https://www.researchgate.net/profile/ClaudiaMcvicker/publication/327043053_Visual_Literacy_And_Learning_To_Read_Using_Comic_Strips_for_Reading_Instruction/links/5b746bc692851ca65063bbaa/Visual-Literacy-And Learning-To-Read-Using-Comic-Strips-for-Reading-.

Munir Yusuf. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Salam, Babus, Iwan Joko Prasetyo, and Daniel Susilo. 2018. “Interpretasi Dan Makna Kritik Sosial Dalam ‘Komik Strip Untuk Umum (Kostum)’ Periode 1 Desember – 31 Desember 2017.” LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi 6 (2): 96. doi:10.30656/lontar.v6i2.949.

Zakiyah, Qiqi Yuliati, and A Rusdiana. 2014. Pendidikan Nilai (Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah). Bandung: Pustaka Setia.

PlumX Metrics

Published
2022-11-23