PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI SAINS (MOSA Game) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI PERPINDAHAN KALOR KELAS V MIN 1 JOMBANG

  • Syifaul Fajriyah
Keywords: Media Pembelajaran, Monopoli Sains, Pemahaman Konsep

Abstract

ABSTRACT

This research is motivated by the lack of learning media at MIN 1 Jombang. This resulted in a decrease in students' understanding of concepts, especially in science subjects. This research and development purpose to (1) develop Monopoly Science learning media (MOSA Game) on heat transfer material, (2) examine the feasibility of the product to find out an increase in understanding the concept of heat transfer material, and (3) find out student responses regarding the attractiveness of the Monopoly Science learning media. This type of research is Research and Development (R&D). The model in this research and development is the model of Prof. Sugiyono. The results of the validation of learning media by three validators with an average percentage of 87%. With design validation 90.26%, content validation 85.56%, language validation 83.33%. This learning media is effective in increasing the understanding of concepts, it is based on the results of the pretest-posttest students who were tested for N-Gain with an average value of 0.65 in the "medium" category. The validation of the pretest-posttest questions showed a percentage of 86.11% with the "very valid" category. The results of the questionnaire on student responses to attractiveness showed an average percentage of 88% "Positive".

Keywords : Learning Media, Science Monopoly, Concept Understanding

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi dengan minimnya media pembelajaran di MIN 1 Jombang. Permasalahan ini berakibat pada menurunnya pemahaman konsep siswa terutama pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk (1) mengembangkan media pembelajaran Monopoli Sains (MOSA Game) pada materi perpindahan kalor, (2) mengkaji kelayakan produk untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep pada materi perpindahan kalor, dan (3) mengetahui respon siswa  mengenai kemenarikan dari media pembelajaran Monopoli Sains. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model Prof. Sugiyono. Hasil validasi media pembelajaran oleh tiga validator dengan rata-rata  persentase sebesar 87%. Dengan validasi desain 90,26%, validasi isi/materi 85,56%, validasi bahasa 83,33%. Media pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep, hal ini berdasarkan pada hasil pretest-posttest siswa yang diuji N-Gain nilai rata-rata 0,65 dengan kategori “sedang”. Validasi soal pretest-posttest menunjukkan persentase sebesar 86,11% dengan kategori “sangat valid”. Hasil angket respon siswa terhadap kemenarikan menunjukkan rata-rata persentase sebesar  88% “Positif”.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Monopoli Sains, Pemahaman Konsep

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Rosdakarya.

Akdon, R. (2006). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika (1 ed.). Alfabeta.

Al-Qur’an Terjemah dan Tafsir. (2010). Mushaf Madinah. Penerbit Jabal.

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. J. Pijar MIPA, Vol. 16 No.2, 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446

Aryani, N. D., Lestari, A., Inayah, A. D., & Kurniasih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Materi Sel (MONOSEL). Jurnal Biotek, Volume 7 Nomor 1, 27–36.

Azam, Much. (2009). Akrab dengan Dunia IPA 6. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Desyawati, K., Kristiantari, M. G. R., & Negara, I. G. A. O. (2021). Media Permainan Monopoli Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Volume 5, Number 2, 169.

Fatimah, s. (2017). Analisis Pemahaman Konsep IPA Berdasarkan Motivasi Belajar Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Multirepresentasi, Jenis Kelamin, dan Latar Belakang Sekolah Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Volume 1, Nomor 1, 59.

Fitriyawani. (2013). Penggunaan Media Permainan Monopoli Melalui Pembelajaran Kooperatif pada Mahasiswa Fisika Fakultas Tarbiyah dengan Konsep Tata Surya. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Vol. 3, No. 2, 223–239.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Dept. Of Physics Indiana University. tanggal 21-01-2022.

Haryadi, & Mahmudi, A. (2012). Buku Bahan Ajar: Perpindahan Panas. Polban.

Jalinus, N. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana.

Kasali, R. (2007). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Pustaka Grafiti.

Kholidah, I. R., & Sujadi, A. A. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal di SD Negeri Gunturan Pandak Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 4, No. 3, 428.

Miftakhurrohmah, E. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Materi Gaya Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Universitas Negeri Surabaya.

Nawawi, I. A.-. (2013). Syarah Shahih Muslim Jilid 9. Darus Sunnah.

Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan: Studi Kasus di SMP Negeri 1 Cibadak. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, Volume 3 Nomor 2, 95.

Rokhimi, I. N., & Pujayanto. (2015). Alat Peraga Pembelajaran Laju Hantaran Kalor Konduksi. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-6, Volume 6 Nomer 1, 270.

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran (1 ed.). Kencana.

Supriadi, H. (2016). Peranan Pendidikan dalam Pengembangan Diri Terhadap Tantangan Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, Vol. 3, No.2, 93.

Ulfaeni, S., Wakhyudin, H., & Saputra, H. J. (2017). Pengembangan Media Monergi (Monopoli Energi) Untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 4, No. 2, 136–144.

PlumX Metrics

Published
2023-02-20