MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KREATIF SISWA DI MINU TRATEE PUTERA GRESIK
Abstract
ABSTRACT
Literacy Reading and writing is one of the most important requirements that must be possessed by students which can be grown at the elementary school level. This study aims to describe the implementation of fostering literacy culture at Minu Tratee Putera Gresik, and describe the efforts made by students in carrying out literacy culture development in the formation of students' creative character at MINU Tratee Putera Gresik. This type of research uses descriptive qualitative. Collecting data using observation techniques, interviews, and documentation. The results of this study are that the implementation of building a literacy culture has been scheduled and conducive, and all school members collaborate to build a literacy culture in the formation of students' creative character.
Keywords: School Literacy Program, Reading and Writing Literacy, Madrasah Literacy Movement
ABSTRAK
Literasi Baca tulis merupakan salah satu syarat terpenting yang wajib dimiliki oleh siswa yang dapat ditumbuhkan di jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan pelaksanaan membangun budaya literasi di Minu Tratee Putera Gresik, dan Mendeskripsikan usaha yang dilakukan pada siswa dalam pelaksanaan membangun budaya literasi dalam pembentukan karakter kreatif siswa di MINU Tratee Putera Gresik. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskiptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, hasil penelitian ini adalah pelaksanaan membangun budaya literasi telah berjalan secara terjadwal dan kondusif, dan seluruh warga sekolah berkolaborasi untuk membangun budaya literasi dalam pembentukan karakter kreatif siswa.
Keywords: Program Literasi Sekolah, Literasi Baca Tulis, Gerakan Literasi Madrasah
Downloads
References
Afifah, N. (2021). Budaya Literasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa di Taman Baca Madani Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi (Tesis).
Mufrihat. (2019). Analisis Efektivitas Implementasi Budaya Literasi di MIN 1 Kota Makassar (Tesis). Diperoleh dari file:///C:/Users/User/Documents /semester%207/ejurnal/skripsi/Mufrihat.pdf
Hidayah, L.(2017). Implementasi Budaya Literasi Di Sekolah Dasar Melalui Optimilisasi Perpustakaan: Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri Di Surabaya. Ju-ke, 2(1), 48-58.
Saleh, S, HD, RJ., Salim & Syahrum, Ahyar, H. dkk, & Helaluddin, D. (2019). Metodologi Peneleitian Kualitatif.pdf (Nomor March, hlm. 11).
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan) (Edisi ke-1). Jakarta:Kencana Prenada MediaGroup