PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD NEGERI 01 PAKISAJI KABUPATEN MALANG

  • Muhammad Rizal Fadli Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: teacher's ability, class management, learning interest

Abstract

ABSTRACT

The ability of a teacher is a combination of personal, scientific, technical, social, and spiritual skills which are generally said to be the competency standard of the teaching profession which includes mastery of material, understanding, students, educational learning, and self-mastery. development, and professional skills. This study aims to determine whether there is influence of the teacher's ability to manage classes on students' learning interest, using a quantitative approach, and this type of correlation research. Data collection techniques, namely questionnaires, and documentation, using a Likert scale instrument to obtain data on teacher abilities, class management, and interest in learning. The population in this study were students of class IV-B at SDN 1 Pakisaji, and the sample type was cluster sampling to determine the number of respondents. The results of the simultaneous analysis show that there is a jointly significant influence between the variables of teacher ability and class management on the learning interest of fourth grade students at SDN 1 Pakisaji, as evidenced by the results of the test F. count > F. table (16.486 > 3, 40.

 

ABSTRAK

Kemampuan guru merupakan perpaduan antara keterampilan pribadi, ilmiah, teknis, sosial, dan spiritual yang secara umum dikatakan sebagai standar kompetensi profesi guru yang meliputi penguasaan materi, pemahaman, peserta didik, pembelajaran yang mendidik, serta pengembangan diri, dan keterampilan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan guru dalam mengelola kelas terhadap minat belajar peserta didik, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data yakni angket, dan dokumentasi, dengan menggunakan instrument berskala likert dalam memperoleh data kemampuan guru, pengelolaan kelas, serta minat belajar. Populasi pada penelitian ini ialah peserta didik kelas IV-B SDN 1 Pakisaji, dan jenis sampel yakni cluster sampling untuk menentukan jumlah responden. Hasil analisis secara simultas menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan, secara bersama-sama antara variabel kemampuan guru dan pengelolaan kelas terhadap minat belajar peserta didik kelas IV SDN 1 Pakisaji, dibuktikan dengan hasil pengujian bahwa F. hitung > F. tabel (16,486 > 3,40).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmeda, F. (2011). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Konsep Diri Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Jakarta. Jakarta: Skripsi UIN Jakarta.

Minten Apriani. (2018). “Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Dharma Karya UT Pondok Cabe Ilir Pamulang Tanggerang Selatan”. UIN Jakarta

Mukhtar, Afiah & MD, Luqman. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Siswa di Kota Makassar. Jurnal Idaarah, Vol. 4, No.1.

Nisa, I. K., Setiyani, R. (2016). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Economic Education Analysis Journal. 5(2). 655-668.

Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi. 1(1). 21-36.

PlumX Metrics

Published
2023-06-06