PENGEMBANGAN MODUL PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING DI SD MUHAMMADIYAH 9 KOTA MALANG

  • Ahmad Fadhil Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Modul, Contextual Learning, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Abstract

ABSTRACT

The project module for strengthening Pancasila student profiles is a document that contains objectives, steps, learning media, and assessments needed to carry out projects to strengthen Pancasila student profiles and project-based co-curricular activities without having to tie them to intra-curricular lessons. This study aims to determine the validity and effectiveness of the project module to strengthen the Pancasila student profile so that it is expected to be able to help the learning process of students in class III SD Muhammadiyah 9 Malang City. This research uses Research and Development (R&D) research by applying the ADDIE development model (Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate) which was adapted from the Robert Maribe Branch. Data collection techniques in this study are using interviews, observation, questionnaires, and documentation. The results of this research are in the form of project module products to strengthen the profile of Pancasila students.

 

ABSTRAK

Modul proyek penguatan profil pelajar pancasila adalah dokumen yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran, dan asesmen yang dibutuhkan untuk melaksanakan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dan kegiatan kokurikuler yang berbasis proyek tanpa harus dikatikan dengan pelajaran intrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan dari modul proyek penguatan profil pelajar Pancasila sehingga diharapkan dapat membantu proses belajar peserta didik di kelas III SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate) yang diadaptasi dari Robert Maribe Branch. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah berupa produk modul proyek penguatan profil pelajar Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad. (2010). Memaknai dan Mengembangkan Keberagaman Peserta Didik Melalui Pendidikan Inklusif. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan , 10(02), 72.

Ahmad, Z., Haekal, T., Suana, W., Riyanda, A.R., Prof, J., Brojonegoro, S., Gedong, N., & Bandar, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality Pada Materi Instalasi Jaringan Komputer. IKRA-ITH INFORMATIKA: Jurnal Komputer Dan Informatika, 6(1), 90-99.

Al-Uqshari. (2005). Melejit dengan Kreatif. Jakarta: Gema Insani.

Anita, Yesi. Airi Waldi. Atika Ulya Akmal. Ary Kiswanto Kenedi. Hamimah. Arwin, Masniladevi. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Social and Emotional Learning untuk Meningkatkan Nilai Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 1–9.

Anwar, R. (2020). Sejarah Perjalanan Kurikulum Pendidikan Indonesia. Jakarta: Binus University.

Aprudin. (2011). Penerapan Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Arikunto, S. (2002). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Semarang: Bina Aksara.

Bungin, B. (2017). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Indah Christiana, D., Anjarina, T., & Yudi Purwoko, R. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual Materi Suhu dan Kalor di Sekolah Dasar . SITTAH: Journal of Primary Education, 2(2), 1–16.

Ismail, dkk. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 79–80.

Jayanti, R., Tri Ratna Rinayuhani., Cahyo Hasanudin. (2022). Pendampingan Siswa SMK Palapa Mojokerto dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara sebagai Bentuk Dimensi Kreatif dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 1-10

J. Moloeng, L. (2000). Metofologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan).

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2020. (2022). Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Maghfirah Rasyid, Andi Asmawati Azis. Andi Rahmat Saleh. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam Konsep Sistem Indera Pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi , 7(2), 72.

Mariana. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Sekolah Penggerak dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 10233.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 1–9.

Makbul, M. (2018). (Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Hasil Belajar PAI Peserta Didik SMA Pondok Pesantren Modern Darul Falah Enrekang Islam Negeri Alauddin Makassar. Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Mery, Martono, Siti Hadijah, Agung Hartoyo. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Research & Learning in Elementary Education, 6(5), 7840-7849.

Munandar, A. (2020). Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia dengan Tema “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif". Madiun: Universitas PGRI Madiun.

Nupus, H., Triyogo, A., & Valen, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Buku Pendamping Tematik Terpadu Berbasis Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 5(5), 1–11.

Oktifa, N. (2022). Penilaian/Asesmen Formatif dan Sumatif dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Aku Pintar Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56 tahun 2020. (2022). Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Belajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 tahun 2021. (2021). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Prilya Andhini, Gina. Iis Nurasiah, Irna Khaleda Nurmeta. (2022). Nilai Kearifan Lokal dalam E-LKS Berbasis Wayang Sukuraga sebagai Perwujudan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 1–8.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Rachmawati, Nurgraheni. Arita Marini. Maratun Nafiah. Iis Nurasiah. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625.

Rahdiyanta, D. (2016). Teknik Penyusunan Modul.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Redy, Komang Winatha, Naswan Suharsono, Ketut Agustini. (2018). Pengembagan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 188.

Rolitia, dkk. (2016). Nilai Gotong Royong untuk Mempererat Solidaritas dalam Kehidupan Masyarakat Kampung Naga. Jurnal Pendidikan Sosiologi , 06(01), 4.

Roosyanti. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Guided Discovery Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir dan Kreatif. Jurnal Pena Sains, 04(01), 61.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Rusnaini, dkk. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(02), 233–239.

Sa’diyah. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. KORDINAT, 16(01), 37.

Safaria. (2018). Perilaku Keimanan, Kesabaran dan Syukur dalam Memprediksi Subjective Wellbeing Remaja. Jurnal HUMANITAS, 12(02).

Salim, M. (2017). Bhinneka Tunggal Ika sebagai Perwujudan Ikatan Adat-Adat Masyarakat Adat Nusantara. Al-Daulah, 06(01), 67.

Septi, Indra Sakti, Desy Hanisa Putri. (2019). Pengembangan Modul Fisika dengan Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Alat-Alat Optik. Jurnal Kumparan Fisika, 2(03), 129-136.

Sofnidar & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adobe Flash dan Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik. 3(2), 257-275.

Quraish Shihab, Muhammad. (2016). Yang Hilang dari Kita: Akhlak. Tangerang: Lentera Hati.

Sufyadi, dkk. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sufyadi, Susanti. Tracey Yani Harjatanaya. Pia Adiprima. M. Rizky Satria. Ardanti Andiarti. Indriyati Herutami. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila . Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendri. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Sebuah refleksi). Bangka Belitung: SMAN 1 Damar.

Sulistiawati, Anjar. Ahmad Khwani, Junari Yulianti, Agus Kamaludin, Abdul Munip. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila melalui Proyek Bermuatan Kearifan Lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 195-208.

Supratman, D. (2011). Pemahaman Konseptual dan Pengetahuan Prosedural Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VII SMP (Studi Kasus di MTS Ushuluddin Singkawang). Singkawang: Universitas Tanjungpura.

Suryosubroto, B. (2020). Mengenal Pengajaran disekolah dan Pendekatan Baru dalam Proses Belajar mengajar. Jakarta: Balai Pustaka.

Sutiyono. (2022). Analisis Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila SD Negeri Deresan Sleman. Journal of Nusantara Education, 2(1), 1–10.

Syah Aji, Rizqon Halal. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran . SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar’i, 7(2), 1–10.

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Utaminingsih, S. (2019). Model dan Panduan (Model Contextual Teaching and Learning). Kudus: Universitas Muria Kudus.

Vembrianto, S. (1981). Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta: Yayasan Paramita.

Yusuf, A. M. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.Zubaidah, S. (2010). Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan Melalui Pembelajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Zulkarnain, Andi, Nina Kadaritna, Lisa Tania. (2015). Pengembangan E-Modul Teori Atom Mekanika Kuantum Berbasis Web dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(01), 222-235.

PlumX Metrics

Published
2023-10-11