KESIAPAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR ISLAM (SDI) SURYA BUANA KOTA MALANG

  • Suci Kurnia Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Kesiapan, Implementasi, Kurikulum Merdeka, Guru

Abstract

ABSTRACT

The curriculum has a very important role, namely as a guide for the learning process, so that its existence is a benchmark for the success of the education system in a country. Indonesia in history has gone through several curriculum changes and currently Indonesia is making changes again from the 2013 curriculum to an independent curriculum. The relatively close distance to the replacement of the curriculum raises a lot of debate in the community and raises problems regarding teacher readiness in implementing the curriculum. Teacher readiness can be seen based on indicators of teacher readiness, namely cognitive, physical, psychological and financial readiness. Teacher readiness affects the success of implementing the curriculum considering that the teacher not only acts as an educator but also as a curriculum developer. Therefore, researchers conducted research on teacher readiness in implementing the independent curriculum at the Surya Buana Islamic Elementary School in Malang City using qualitative methods with a case study approach. Data collection used interview, observation and documentation techniques which resulted in that teachers at the Surya Buana Islamic Elementary School were ready to implement the independent curriculum based on four indicators of readiness namely cognitive, physical, psychological and financial readiness.

 

ABSTRAK

Kurikulum memiliki peran yang sangat penting yakni sebagai pedoman berjalannya proses pembelajaran,, sehingga keberadaannya menjadi tolak ukur dari keberhasilan system pendidikan di suatu Negara. Indonesia dalam sejarah telah melewati beberapa kali perubahan kurikulum dan saat ini Indonesia kembali melakukan perubahan dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Jarak pergantian kurikulum yang cukup dekat menimbulkan banyak perdebatan dimasyarakat dan menimbulkan permasalahan terhadapan kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum. Kesiapan guru dapat dilihat berdasarkan indicator kesiapan guru yakni kesiapan kognitif, fisik, psikologis dan finansial Kesiapan guru mempengaruhi keberhasilan pengimplementasian kurikulum mengingat guru selain berperan sebagai pendidik namun juga sebagai pengembang kurikulum. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian terhadap kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SDI Surya Buana Kota Malang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang menghasilkan bahwa guru di SDI Surya Buana telas siap dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka  berdasarkan empat indicator kesiapan yakni kesiapan kognitif, fisik, psikologis dan finansial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afwadzi, B., & Miski, M. (2020). Islam Moderat dan Shī‘ah Zaydiyah: Kontribusi Pemikiran Hadis Muḥammad ibn Ismā‘īl al-Ṣan‘ānī bagi Moderasi Islam di Indonesia. UIN-Maliki Press.

Andriani, F., Samid, A., & Tellu, A. T. (2017). Kemampuan Guru Biologi Sma Negeri Se-Kota Palu dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Berdasarkan Kurikulum 2013. E-Jip Biol, 5(1), 79–85.

Arbida Nila. (2022). Survei: Guru Siap Implementasikan Kurikulum Merdeka, Sebatas Penuhi KewajibanTitle. Medcom. https://www.medcom.id/pendidikan/cerita-guru/wkBX3rgN-survei-guru-siap-implementasikan-kurikulum-merdeka-sebatas-penuhi-kewajiban

Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61

Brown, K. E., & Saeed, T. (2015). Radicalization and counter-radicalization at British universities: Muslim encounters and alternatives. Ethnic and Racial Studies, 38(11), 1952–1968. https://doi.org/10.1080/01419870.2014.911343

Devi Erlistiana, Nur Nawangsih, Farchan Abdul Aziz, Sri Yulianti, & Farid Setiawan. (2022). Penerapan Kurikulum dalam Menghadapi Perkembangan Zaman di Jawa Tengah. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i1.235

Indriyanto, B. (2012). Pengembangan Kurikulum sebagai Intervensi Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(4), 440–453. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i4.100

Kongen, M. M., & Jaya, P. R. P. (2019). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di PAUD. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(2), 63–69. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i2.6149

Lestari, N. (2020). Program studi pendidikan ekonomi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas pancasakti tegal 2020.

Mas’ud, A., Jazil, S., Subty, T., & Fahmi, M. (2019). Program Penalaran Islam Indonesia dan Gerakan Kontra-Radikalisme. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 6(2), 175–202. https://doi.org/10.15642/jpai.2018.6.2.175-202

Mulyasa, E. (2015). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 (A. S. Wardan (ed.); 2nd ed.). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Oemar Hamalik. (2006). Manajemen Pengembangan Kurikulum (I. Taufik (ed.); 1st ed.). Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Rokhmad, A. (2012). Radikalisme Islam dan Upaya Deradikalisasi Paham Radikal. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 20(1), 79–114. https://doi.org/10.21580/ws.20.1.185

Sila, I. M. (2014). Rasinalisasi pengembangan kurikulum dan penyempurnaan pola pikir pembelajaran. Widya Accarya, 2085, 1–15. http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/18

Suprayogo, I. (2011). Hubungan Antara Pergruan Tinggi dan Pesantren. UIN Malang Press.

Wahyudi, R., Santosa, S., & Sumaryanti, S. (2013). Pengaruh Kesiapan Guru Mengajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran di SMK Kristen 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2), 37–48. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/article/download/2913/1995

Wahyuni, F. (2015). Kurikulum dari Masa Ke Masa. Al-Adabiya, 10(2), 231–242. https://doi.org/10.1023/A:1013199923212

Wijiatun, L. and R. E. I. (2022). Merdeka Belajar (Tantangan dan Implementasinya dalam Sistem Pendidikan Nasional) (M. Kika (ed.); 1st ed.). ANDI. 978-623-01-2792-2

PlumX Metrics

Published
2023-06-06