PERAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DALAM PELAKSANAAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD MUHAMMADIYAH 1 MENGANTI GRESIK

  • Fita Larasati Octavia Abdillah UIN Malang
Keywords: Peran, Kompetensi Sosial, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Social competence is one of the competencies that has a very important role in learning, which can be used to build effective interaction and communication relationships with students. In the independent curriculum currently implemented in education, it emphasizes the inculcation of the Pancasila Student Profile. This goal is supported by the Pancasila Student Profile Strengthening Project program. in practice, teachers need social competence to assist in carrying out their role as educators in implementing project activities. The purpose of this research is to describe the role of social competence of teachers in the implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project at SD Muhammadiyah 1 Menganti Gresik. This study uses a qualitative approach with a case study type of research. The results showed that the role of teacher competency in the Implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project was to build effective communication interactions with parties involved in project activities, and support the planting of the Pancasila Student Profile dimensions in students.

 

ABSTRAK

Kompetensi sosial merupakan salah satu kompetensi yang memiliki peran sangat penting dalam pembelajaran, yang dapat dimanfaatkan untuk membangun hubungan interaksi dan komunikasi yang efektif dengan siswa. Dalam kurikulum merdeka yang saat ini diterapkan dalam pendidikan, menekankan pada penanaman Profil Pelajar Pancasila. Tujuan ini didukung dengan program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. pada pelaksanaannya, guru memerlukan kompetensi sosial untuk membantu dalam menjalankan peran sebagai pendidik dalam pelaksanaan kegiatan proyek. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kompetensi sosial guru dalam pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Muhammadiyah 1 Menganti Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kompetensi guru dalam Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah untuk membangun interaksi komunikasi yang efektif dengan pihak yang berkaitan dalam kegiatan proyek, dan menunjang penanaman dimensi Profil Pelajar Pancasila pada diri siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

GTK Dikdas. (2021). Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial, Dua Hal yang Perlu Dimiliki oleh Para Guru. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/Kompetensi-Kepribadian-dan-Kompetensi-Sosial,-Dua-Hal-Yang-Perlu-Dimiliki-oleh-Para-Guru

Hatta, M. (2018). Empat Kompetensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru (Amka (ed.); Cetakan Pe). Sidoarjo: Nizamika Learning Center.

Jakaria, Y. (2022). Analisis Kelayakan dan Kesesuaian Pendidikan Guru Kualifikasi Akademik Guru Perlu Terus Didorong. JENDELA: Kemdendikbud. https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/kajian/detail/analisis-kelayakan-dan-kesesuaian-pendidikan-guru-kualifikasi-akademik-guru-perlu-terus-didorong

Janawi. (2019). Kompetensi guru: Citra Guru Profesional. In Alfabeta Bandung (Cet. 4 (Ed). Bandung: Alfabeta.

Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Pub. L. No. No. 16 tahun 2007 (2007).

Riadi, M. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning/PjBL). KAJIANPUSTAKA.COM. https://www.kajianpustaka.com/2017/08/model-pembelajaran-berbasis-proyek.html

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbudristek.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan) (A. Nuryanto (ed.); Edisi Ke-3). Bandung: Alfabeta.

PlumX Metrics

Published
2023-10-11