PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 1 MENGANTI

  • Mufthatur Muftihatur Rohmah Unoversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Penanaman Karakter, Disiplin

Abstract

Discipline is an attitude of obedience and obedience to various existing rules and regulations. Discipline is an important thing that must be possessed by students. To provide character building to students, the teacher as a facilitator within the scope of the school must have several strategies or ways so that the process of instilling disciplinary character goes well. The purpose of this study was to describe (1) the way teachers instill the character of discipline in fourth grade students at SD Muhammadiyah 1 Menganti Gresik. (2) Supporting and inhibiting factors in cultivating the character of discipline in fourth grade students at SD Muhammadiyah 1 Menganti Gresik.This research was conducted at SD Muhammadiyah 1 Menganti and used a descriptive qualitative approach. Data was collected using observation, interview and documentation methods. Then data was collected in the form of words, notes, and documentation which were analyzed by means of data collection, reduction, data presentation, and drawing conclusions. And to check the validity of the data using triangulation, observation, and peer discussion. The results of the study showed that (1) the teacher's method of instilling the character of discipline in fourth grade students at Muhammadiyah 1 Menganti Gresik Elementary School consisted of 5 ways, namely, habituation, exemplary, reprimand, advice, punishment and reward. (2) supporting factors in instilling the character of discipline in students are parents, teachers, extracurricular activities, infrastructure, and enforcement of amar ma'ruf nahi munkar. While the inhibiting factors are parents, teachers, students, and the environment.

ABSTRAK
Disiplin adalah sikap patuh dan taat terhadap berbagai peraturan serta tata tertib yang ada. Sikap disiplin menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh peserta didik. Untuk memberikan penanaman karakter pada peserta didik, guru sebagai fasilitator dalam lingkup sekolah harus memiliki beberapa strategi atau cara agar proses penanaman karakter disiplin berjalan dengan baik. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Cara guru menanamkan karakter disiplin pada siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Menganti Gresik. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman karakter disiplin pada siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Menganti Gresik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Menganti dan menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif. Data dikumpulkan dengan memakai metode Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dikumpulkan berupa kata-kata, catatan, dan dokumentasi yang dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, observasi, dan diskusi sejawat. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Cara Guru Menanamkan Karakter Disiplin Pada Siswa Kelas IV di SD Muhammadiyah 1
Menganti Gresik terdiri dari 5 cara yaitu, pembiasaan, keteladanan, teguran, nasihat, hukuman dan hadiah (reward). (2) faktor pendukung dalam penanaman karakter disiplin pada siswa adalah Orang tua, guru, kegiatan ekstrakurikuler, prasarana, dan penegak amar ma’ruf nahi munkar. Sedangkan faktor penghambat nya adalah orang tua, guru, siswa, dan lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalda, N., & Prasojo, L. D. (2018). Pengaruh motivasi kerja guru, disiplin kerja guru, dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 11. https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.7515

Azizah, I. N. (2021). Penanaman Sikap Disiplin Pada Siswa Melalui Penerapan Buku Kendali Kedisiplinan di MTs Surya Buana Malang.

Chalista, A., Suhartono, & Ngatman. (2020). Analisis Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 1 Panjer Tahun 2019/2020. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8 no 3.

Dakhi, A. S. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Deepublish publisher.

Ernaningsih, D., & Anomeisa, A. B. (n.d.). Peran Guru Pkn dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Siswa terhadap Tata Tertib Sekolah. BIRUNIMATIKA, Volume 4 N.

Hajar, I. (n.d.). Urgensi Disiplin Kerja Guru SMA Swasta Nurul Arafah Baktiya Kabupaten Aceh Utara. Guru Kita, Vol 6 No 4, 585–593.

Kurikulum, K. P. N. B. P. dan P. P. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.

Marlia. (2014). Tidak Disiplin adalah Bibit Perilaku Korupsi. Unpad.Ac.Id.

Miranda, A. (2018). Motivasi berprestasi dan Disiplin Peserta Didik serta Hubungannya dengan Hasil Belajar. Yudha English Gallery.

Nasional, K. P. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.

Permatasari, N. A., Setiawan, D., & Kironoratri, L. (2021). Penanaman Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 3 N, 3758–3768.

Salam, M., & Anggraini, I. (n.d.). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V di Sdn 55/I Sridadi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, Vol.3 No.1, 127–144.

Schaefer, C. (1986). Cara Efektif Mendidik dan Mendisiplinkan Anak. Kesaint Blane.

Amalda, N., & Prasojo, L. D. (2018). Pengaruh motivasi kerja guru, disiplin kerja guru, dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 11. https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.7515

Azizah, I. N. (2021). Penanaman Sikap Disiplin Pada Siswa Melalui Penerapan Buku Kendali Kedisiplinan di MTs Surya Buana Malang.

Chalista, A., Suhartono, & Ngatman. (2020). Analisis Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 1 Panjer Tahun 2019/2020. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8 no 3.

Dakhi, A. S. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Deepublish publisher.

Ernaningsih, D., & Anomeisa, A. B. (n.d.). Peran Guru Pkn dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Siswa terhadap Tata Tertib Sekolah. BIRUNIMATIKA, Volume 4 N.

Hajar, I. (n.d.). Urgensi Disiplin Kerja Guru SMA Swasta Nurul Arafah Baktiya Kabupaten Aceh Utara. Guru Kita, Vol 6 No 4, 585–593.

Kurikulum, K. P. N. B. P. dan P. P. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.

Marlia. (2014). Tidak Disiplin adalah Bibit Perilaku Korupsi. Unpad.Ac.Id.

Miranda, A. (2018). Motivasi berprestasi dan Disiplin Peserta Didik serta Hubungannya dengan Hasil Belajar. Yudha English Gallery.

Nasional, K. P. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.

Permatasari, N. A., Setiawan, D., & Kironoratri, L. (2021). Penanaman Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 3 N, 3758–3768.

Salam, M., & Anggraini, I. (n.d.). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V di Sdn 55/I Sridadi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, Vol.3 No.1, 127–144.

Schaefer, C. (1986). Cara Efektif Mendidik dan Mendisiplinkan Anak. Kesaint Blane.

PlumX Metrics

Published
2023-10-11